PEMBERDAYAAN UKM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA KEPUH KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK

Enny Istanti, Indi Nuroini

Abstract

Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu langkah strategis dan tepat dalam rangkat peningkatan dan perkuatan dasar hidup ekonomi kerakyatan bagi sebagaian besar masyarakat Indonesia, terutama dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru dalam rangka mengurangi pengangguran dan kesenjangan sosial dalam kehidupan. tujuan memberi pengetahuan kepada UKM tentang apa itu branding, cara menentukan target dan segmen pasar, memberikan pelatihan tentang cara mengaplikasikan sosial media dan juga marketplace, juga melatih UKM untuk bisa melakukan packaging untuk menunjang proses dari pengaplikasian marketplace. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan cara memberikan sosialisasi dan bimbingan kepada pelaku UKM Desa Kepuh. Hasil yang diperoleh setelah diadakan sosialisai dan bimbingan terhadap peserta dan pelaku UKM yang ada di desa Kepuh. Terlihat bahwa terdapat 72% peserta sangat paham terhadap materi sosialisasi, 18% sebanyak itu peserta yang paham dan sisanya sebanyak 10% tidak paham. Hal ini sangat membanggakan karena peningkatan prosentase peserta yang paham akan materi. Kesimpulan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bahwa dari beberapa pelaku UKM yang ada di Desa Kepuh [1] Tidak memahami dan mengerti cara mengemas produk dengan baik sehingga mampu menarik minat beli konsumen, [2] rebranding produk sehingga mampu memberikan daya Tarik terhadap produk tersebut, [3] Merubah kebiasaan menjual barang secara konfensial menjadi digital marketing dengan memanfaatkan kemajuan tekhnologi dan memanfaatkan markerplace yang ada di media sosial

Full Text:

PDF

References

A.Krasovec, M. K. & S. (2007). Desain Kemasan. Erlangga.

Aufar, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung). Jurnal SNA V Bandung.

Bau.S.L. (2017). International Financial Reporting Standards (Ifrs), Baik Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah? (Studi Kasus: UMKM JM KERIPIK. Jurnal FKIP UNS.

Dani, S. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/fokbis/article/view/575/323

Enny Istanti, D. Z. (2020). Mewujudkan Desa Mandiri Untuk Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 05(02), 137–141. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17

Ginandjar Kartasasmitha. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. PT Pusaka Cisendo,.

Hans Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, S. V. S. (2012). Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Salemba Empat.

Istanti, E., Kn, R. M. B., & Gs, A. D. (2021). Efforts to Empower MSMEs in Panci Village in Increasing Family Income ( Study on MSMEs in Panci Village in Porong District , Sidoarja Regency ). 2021(2), 497–504.

Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2), 176–187. https://doi.org/10.25139/jkp.v4i2.2987

Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on Brand. PT Mizan Pustaka.

Karun, L. D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(1).

Muzellec, L. D. (2003). Coorporate Rebranding: An exploratory review Irish Marketing Review.

Nasrudin R., H. I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15569/pdf

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan merancang strategi merek. PT. Remaja Rosdakarya.

Syukrianti Mukhtar, M. N. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181–191.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand. Red & White Publishing.

A.Krasovec, M. K. & S. (2007). Desain Kemasan. Erlangga.

Aufar, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung). Jurnal SNA V Bandung.

Bau.S.L. (2017). International Financial Reporting Standards (Ifrs), Baik Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah? (Studi Kasus: UMKM JM KERIPIK. Jurnal FKIP UNS.

Dani, S. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/fokbis/article/view/575/323

Enny Istanti, D. Z. (2020). Mewujudkan Desa Mandiri Untuk Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 05(02), 137–141. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17

Ginandjar Kartasasmitha. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. PT Pusaka Cisendo,.

Hans Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, S. V. S. (2012). Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Salemba Empat.

Istanti, E., Kn, R. M. B., & Gs, A. D. (2021). Efforts to Empower MSMEs in Panci Village in Increasing Family Income ( Study on MSMEs in Panci Village in Porong District , Sidoarja Regency ). 2021(2), 497–504.

Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2), 176–187. https://doi.org/10.25139/jkp.v4i2.2987

Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on Brand. PT Mizan Pustaka.

Karun, L. D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(1).

Muzellec, L. D. (2003). Coorporate Rebranding: An exploratory review Irish Marketing Review.

Nasrudin R., H. I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15569/pdf

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan merancang strategi merek. PT. Remaja Rosdakarya.

Syukrianti Mukhtar, M. N. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181–191.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand. Red & White Publishing.

A.Krasovec, M. K. & S. (2007). Desain Kemasan. Erlangga.

Aufar, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung). Jurnal SNA V Bandung.

Bau.S.L. (2017). International Financial Reporting Standards (Ifrs), Baik Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah? (Studi Kasus: UMKM JM KERIPIK. Jurnal FKIP UNS.

Dani, S. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/fokbis/article/view/575/323

Enny Istanti, D. Z. (2020). Mewujudkan Desa Mandiri Untuk Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 05(02), 137–141. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17

Ginandjar Kartasasmitha. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. PT Pusaka Cisendo,.

Hans Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, S. V. S. (2012). Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Salemba Empat.

Istanti, E., Kn, R. M. B., & Gs, A. D. (2021). Efforts to Empower MSMEs in Panci Village in Increasing Family Income ( Study on MSMEs in Panci Village in Porong District , Sidoarja Regency ). 2021(2), 497–504.

Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2), 176–187. https://doi.org/10.25139/jkp.v4i2.2987

Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on Brand. PT Mizan Pustaka.

Karun, L. D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(1).

Muzellec, L. D. (2003). Coorporate Rebranding: An exploratory review Irish Marketing Review.

Nasrudin R., H. I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15569/pdf

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan merancang strategi merek. PT. Remaja Rosdakarya.

Syukrianti Mukhtar, M. N. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181–191.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand. Red & White Publishing

Refbacks

  • There are currently no refbacks.