PENGUATAN NATURE BRANDING PADA PRODUK MADU UMKM YBS

Putu Yudy Wijaya, I Gede Putu Kawiana, Kadek Oki Sanjaya, Ni Nyoman Reni Suasih

Abstract

Madu adalah cairan manis yang dihasilkan oleh lebah madu dan memiliki banyak manfaat, serta mudah ditemukan di Indonesia. UMKM YBS adalah salah satu UMKM yang menjual produk madu, namun belum memiliki brand produk sehingga tidak memiliki diferensiasi dengan produk sejenis lainnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memfasilitasi kegiatan branding bagi produk madu UMKM YBS. Pengabdian ini dilaksanakan melalui dua tahapan utama, yaitu pembuatan branding dan tahap kedua adalah penggunaan branding pada packaging dengan mengusung konsep “nature”. Kegiatan ini telah memberikan nilai tambah bagi produk mitra. Dimana produk madu tersebut awalnya belum memiliki brand, dan saat ini telah memiliki brand yang bernuansa “nature”. Selain itu, brand tersebut juga telah digunakan pada packaging produk madu, dimana packing juga dilakukan dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Full Text:

PDF

References

Kotler, P., Keller, K. L., 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi ke-13, Erlangga, Jakarta.

Kusno, F., Radityarini, A., Kristianti, M., 2007, Analisa Hubungan Brand Strategy yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill dan Brand Equity yang Sudah Diterima Konsumen, Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 3, No. 1, 43-56.

Muslim, T., 2014, Potensi Madu Hutan Sebagai Obat dan Pengelolaannya di Indonesia, Prosiding Seminar Balitek KSDA, 67-87.

Oktaviana, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Gusfiani N. F., A., Ramdani N., D., 2018, Penguatan Produk UMKM “Calief” Melalui Strategi Branding Komunikasi, Jurnal Abdimas BSI, Vol. 1, No. 2, 348-354.

Parwata, I M. O. A., Ratnayani, K., Listya, A., 2010, Aktivitas Antiradikal Bebas Serta Kadar Beta Karoten pada Madu Randu (Ceiba pentandra) dan Madu Kelengkeng (Nephelium longata), Jurnal Kimia, Vol.4, No.1, 54-62.

Permata, R. R., Ramli, T. S., Utama, B., 2019, Pentingnya Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Jawa Barat, Dialogia Iuridica, Vol. 10, No. 2, 34-39.

Raisa, S., Nurhartadi, E., Ishartani, D., 2014, Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Velva Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) dengan Pemanis Madu, Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, Vol. VIII, No. 1, 59-69.

Santoso, A., Istizar, M., 2020, Penguatan Pemahaman Strategi Branding melalui Pendampingan Daring bagi Anggota Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita, Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2020 Universitas Muhammadiyah Jakarta, 7 Oktober 2020, 1-10.

Wijaya, P. Y., Wibawa, I P. S., Suasih, N. N. R., Kawiana, I.G.P., 2021, Perluasan Market Share UMKM DNK Selumbung Melalui Media Website Dan Fasilitasi Legalitas Produk, Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, Vol.7, No.2, 88-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.