PELATIHAN PENGISIAN SPT TAHUNAN DAN MENINGKATKAN KOMPETENSI PERPAJAKAN DENGAN UU HARMONISASI PERATURAN PERPAJAKAN BAGI GURU SMK (PKM PADA SMK NEGERI 1 KARANGANYAR)

Antin Okfitasari, Tri Djoko Santoso

Abstract

Perpajakan merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai bagi lulusan akuntansi baik ditingkat sekolah menengah atas maupun perguruan tinggi. Lulusan akuntansi diharapkan memiliki kompetensi utama di bidang akuntansi, dan kompetensi tambahan. Perpajakan merupakan tambahan kompetensi yang sebaiknya dimiliki lulusan SMK akuntansi, mengingat kompetensi ini masih banyak dibutuhkan di dunia usaha dan industri. Untuk mewujudkan hal ini, kompetensi guru SMK Akuntansi di mata pelajaran perpajakan memiliki peranan yang penting. Kenyataannya, banyak guru SMK Akuntansi yang masih alergi untuk mengampu mata pelajaran ini.
Tujuan PKM ini adalah mitra agar memahami mengenai peraturana perpajakan terbaru yaitu UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan dan meningkatkan kemampuan dalam mangisi SPT Tahunan baik badan maupun orang pribadi. Kegiatan PKM dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, simulasi, pelatihan dan juga pendampingan yang diikuti oleh para guru dan perwakilan siswa kelas XI SMKN 1 Karanganyar. Peserta sangat antusias dengan penjelasan dan pendampingan yang diberikan oleh tim pengabdian. Luaran IPTEK yang dicapai adalah peningkatan pengetahuan perpajakan terbaru dan kompetensi pengisian SPT Tahunan baik secara manual maupun secara online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.