Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Kelurahan Gawan Tanon Kabupaten Sragen Berbasis Web

Muqorobin Muqorobin, Isnawati Muslihah, Siti Rokhmah, Nendy Akbar Rozaq Rais, Sri Laksmi Pardanawati, Hadi Samanto

Abstract

Perkembangan layanan teknologi informasi di era globalisasi saat ini telah berkembang cukup pesat. Mulai dari layanan pedesaan sampai perkotaan saat ini telah menerapkan banyak fasilitas dari teknolog informasi. Kelurahan Dawung memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan kewenangan pemerintahan, keamanan dan ketertiban yang bertugas untuk membuat surat pernyataan penguasaan tanah, surat keterangan tanah, ahli waris, surat keterangan kematian, keterangan pindah dan pada pelayanan pengaduan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut, kantor kelurahan panarung belum mempunyai sistem informasi yang dapat menunjang kegiatan pelayanan terhadap masyarakat. karena semua sistem masih dilakukan secara manual Untuk itu perlukan adanya suatu Aplikasi Sistem Informasi Kelurahaan yang dapat mengarsib dan menjaga data agar tidak mudah hilang. Tujuan dari Pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu pihak kepala desa dalam perancangan suatu sistem informasi layanan informasi kelurahan dawung berbasis web. Hasil akhir dari pengabdian ini adalah suatu aplikasi sistem informasi layanan kelurahan berbasis web.

Full Text:

PDF

References

D.Supardi Bunyamin, “Aplikasi pengelolaan data penduduk dikantor kelurahan margawati,” Informatika, vol. 12, pp. 1–7, 2015.

S. A. Jai, D. Setyawan, I. Adiwidjaja,P.Studi, I. Administrasi and U. T. Tunggadewi, “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan,” vol. 5, no. 1, pp. 34–38, 2016.

F. Noviyanto, T. Setiyadi, and I. Wahyuningsih, “JURNAL INFORMATIKA Vol. 8, No. 1, Januari 2014,” Implementasi Sikades (Sistem Inf. Kependud. Desa) Untuk Kemudahan Layanan Adm. Desa Berbas. Web Mob., vol. 8, no. 1, pp. 858–869, 2014.

D. Juniarta, Q. Shinta, and F. Nurhakim, “Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Monografi Berbasis Web,” Speed, vol. 5, no. 2, pp. 21–30, 2013.

Gani, A., & Baye, W. (2018). Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), 52-56.

Y. Arianti dan M. Ashari,“Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Al-Idan Variasi Motor Kelurahan Karang Baru Kecamatan Mataram,” Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (MISI), vol. 1, no. 1, pp. 46-51, Januari 2018.

H.A. Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2017.

A. Nugroho, Analisis dan PerancanganSistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Object, Bandung: Informatika, 2015.

M. T. A. Zaen dan B. S. Mardiani, “Sistem Informasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasionl Sekolah (BOS) SMK AL-Hasanain Beraim Berbasi PHP dan MySQL,” Jurnal Manajemen Informasi dan Sistem Informasi (MISI), vol. 1, no. 2, pp. 62-68, Juni 2018.

Supriyanto, “Sistem Informasi Administrasi Data Kependudukan Pada Kantor Kelurahan Desa Demangan Kabupatenn Boyolali”, Program Studi: Sistem Informasi S1 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2018.

S. Hidayatulloh, C. Mulyadi, “Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Candigatak Berbasis Web”. Junal IT Cida No.1 1 Desember 2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.