Optimalisasi Digital Bagi Pedagang Pasar Tradisional

Arum Arupi Kusnindar, Dian Pratiwi, Tri Yuniarsih

Abstract

Pemasaran melalui digital merupakan sesuatu yang saat ini tidak bisa dihindari. Toko dan pedagang di pasar tradisional saat ini tidak hanya bersaing dengan pedagang tradisional tetapi juga toko online Di sisi lain, kemampuan pedagang dalam menggunakan teknologi internet masih sangat lemah oleh karena itu, pelatihan ini dibuat agar mereka mampu bertahan dan bersaing dengan toko online. Pelatihan di adakan secara luring dan praktek secara langsung dilaboratorium multi media. Dari pelatihan ini disimpulkan bahwa peningkatan kompetensi digital pedagang tradisional sangat di perlukan. Mereka sangat optimis dan ingin bisa bertahan dan tetap dapat bersaing. Mereka sangat antusias dan meminta di adakan pelatihan lanjutan karena mereka merasa manfaat yang sangat besar dari pelatihan yang sudah di lakukan.

Kata kunci: pemasaran, digital, media sosial

Full Text:

PDF

References

Sufi, R. A., & Suharti, L. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan TIK terhadap Kesiapan Digitalisasi UMKM dengan Faktor Demografi sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada UMKM Kuliner di Salatiga). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2). https://doi.org/10.14710/jab.v10i2.39311

Kusnindar, A. A., Juliono, & Yudis, A. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Pada Umkm Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Kelitbangan Pengembangan Dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu Volume, 3(2).

Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2021). Tiga Tantangan Utama Digital Trnaformasi Indonesia. Buletin APJII edisi 79, Januari 2021. diakses tanggal 9 Desember 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.