PENGEMBANGAN PENGEMASAN PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN CATERING MBAK YUL KELURAHAN WONOKUSUMO

Citra Anggraini Tresyanto, Vincentia Ratna Inggawati

Abstract

UKM merupakan roda penggerak ekonomi pada masyarakat dengan ekonomi terbatas. Bidang usaha UKM yang paling banyak ditemui adalah bidang kuliner atau catering makanan. Dari beragam kalangan dapat menjalankan bidang bisnis tersebut. Produk yang dapat ditawarkan pun sangat beragam, dapat pula disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Salah satu UKM dalam skala industry rumahan yang bergerak pada bidang catering makanan adalah Catering Mbak Yul. Terletak di Jalan Bulak Rukem 5/14 Surabaya, Kelurahan Wonokusomo. Keberadaannya menarik perhatian warga sekitar, karena menu makanan yang ditawarkan merupakan masakan sederhana rumahan namun tetap banyak peminat. Namun yang menjadi persoalan adalah tidak adanya pemahaman tentang pengemasan produk yang baik, tidak dimilikinya brand name atau merek dan kegiatan pemasaran yang tersistematis. Hal ini menjadi permasalahan umum bagi Catering Mbak Yul untuk dapat berkembang. Akibat dari permasalahn tersebut adalah sulitnya meraih pelanggan baru. Rencana kegiatan dirancang agar dapat menjawab dan menemukan solusi untuk permasalahan tersebut. Pendampingan pelaksanaan hingga evaluasi dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan analisis situasi untuk benar-benar memahami kondisi dan potensi yang dimiliki Catering Mbak Yul. Target luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pengetahuan mitra akan pengemasan yang baik dan menarik, rencana strategis pemasaran serta rencana bisnis berkelanjutan

Full Text:

PDF

References

Dewi Yunita Sari, D. I. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM (USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH) DI KABUPATEN INDRAMAYU. Gema Wiralodra, 11(2), 221-232.

Dini Safitri, N. A. (2022). PELATIHAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA KOMUNITAS WIRAUSAHA PEREMPUAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ethos, 77-84.

Ety Nurhayaty, E. Y. (2022). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI , 69-77.

Ira Nuriya Santi, R. M. (2020). PELATIHAN MEMBUAT LOGO USAHA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI MAHASISWA WIRAUSAHA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tadulako , 41-45.

Maulidasari cet Devi, D. (2021). DAMPAK PROMOSI PRODUK PADA PEMASARAN ONLINE. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 5 Nomor 1, 137-142.

Rakib, A. d. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM PENGUATAN EKONOMI KERAKYATAN (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora, 114-120.

Slamet Riyanto, M. N. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI , 137-142.

Teti Sumarni, L. D. (2020). Media Sosial dan E-Commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus : UKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2),, 163-171.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.