PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PARA PELAKU UMKM DI KECAMATAN SEDAYU BANTUL SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK

Muhammad Sholeh, Aji Pranoto

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi Covid 19 adalah semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi informasi dalam beraktivitas. Dampak tersebut juga dirasakan pelaku UMKM yang mulai mempergunakan media internet sebagai sarana untuk beraktivitas dalam berjualan. Banyak perubahan signifikan yang harus dihadapi UMKM tentang cara berkomunikasi dan pemasaran produk. Tren pemasaran produk sudah mulai bergerak ke arah digital marketing. Pemasaran Digital (Digital Marketing) merupakan salah satu strategi dalam melakukan pemasaran dengan menggunakan media internet seperti website, media sosial, email atau lainnya. Pemanfaatan media sosial sebagai salah satu sarana promosi menjadi salah satu sarana yang harus digunakan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk. Salah satu upaya yang ditempuh Paguyuban UMKM di Sedayu adalah menjalin kerja sama dengan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta , khususnya pelatihan dan pendampingan dalam meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang teknologi informasi. Metode kegiatan diawali dengan melakukan wawancara dan diskusi terkait kebutuhan materi digital marketing yang akan disampaikan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai digital marketing. Hasil kegiatan para pelaku UMKM mendapatkan gambaran penggunaan media internet khususnya media sosial sebagai sarana promosi. Pelaku UMKM sudah mulai menggunakan media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook dan lainnya sebagai sarana untuk memperkenalkan produk dan juga sebagai sarana untuk melakukan transaksi penjualan.

Full Text:

PDF

References

Andaningsih, I. R., Trinandari, T., Novita, N., & Kurnia, K. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Digitalisasi Keuangan Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan di Pasar Kranggan Wilayah Kecamatan Jati Sampurna Kota Bekasi Jawa Barat. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 143–155. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.12038

Anonim. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022.

Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. (2021). Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503–510. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.329

Damayanti, T., Fasa, M. I., & Fachri, A. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN E-BUSSINES DALAM INTERNET BISNIS ( STUDI KASUS PADA TOKOPEDIA ). Jurnal Ekonomak, 8(1), 1–12.

Farida, I., Aryanto, A., Hanum, N., Ardi, N., & Mutoati, S. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Konsumen UMKM di Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB, 5(3), 472–477. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3752/pdf_105

Fauziah, A., Nugroho, D. W. pratito sri, & Wardana, E. S. (2021). KEPUASAN PELANGGAN BELANJA ONLINE (Pada Marketplace Tokopedia Situs www.tokopedia.com/klikbarcode). Solusi, 19(2), 80–91. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3156

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Penelitian Manajemen Terapan, 6, 114–133.

Pamungkas, F., Meiliana, R., & Siregar, N. Y. (2022). Pengembangan Digitalisasi UMKM Minangrua Pasca Pandemi Covid-19. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4625

Pinem, D., Pusporini, & Masnuna. (2021). Digitalisasi Manajemen Pada Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Depok Jawa Barat. Jurnal IKRAITH-Abdimas, 5(1), 172–183.

Raharja, S. J., Chan, A., Kostini, N., & Muhyi, H. A. (2020). PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK INDUSTRI KREATIF DI DESA LAKSANA MEKAR, KECAMATAN PADALARANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT. Dharmakarya:, 9(2), 93–96.

Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397–3404. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1403

Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, R. Y. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 158–164. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.965

Susanto, A., Sari, C. A., Moses, D. R. I., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.64

Wahyuni, N., Irman, A. S. M., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.