Upaya Menulis Kreatif Bagi Guru dalam Gerakan Literasi Guru Menulis (GLGM)
Abstract
Kata Kunci: menulis kreatif, Gerakan Literasi Guru Menulis (GLGM), Forum Literasi Jepara.
Full Text:
PDFReferences
Adhitya, G. N., Wulandari, N., Sari, N. A., Aurel, Z. G., & Pitri, P. R. (2021). Penulisan Konten Kreatif dalam Strategi Promosi dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Rekognisi dan Penjualan Produk Kald.id. Seminar Nasional Unriyo (pp. 92-103). Yogyakarta: Universitas Respati Yogyakarta.
Agustin, Y. (2015). Penguasaan Tata Bahasa dan Berpikir Logis Serta Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah. Faktor: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 123-132.
Amilia, F. (2019, Desember 30). Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar dan dan Workshop Nasional Metodologi Penelitian Pendidikan (pp. 15-22). Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi dengan Media Big Book terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 1-10.
Boundless. (2016, May 26 ). “Politics.”. Retrieved Juny 2016, 01, from Boundless Sociology: https://www.boundless.com/sociology/textbooks/boundless-sociology-textbook/stratification-inequality-and-social-class-in-the-u-s-9/the-impacts-of-social-class-77/politics-460-4972/
Gunawan, I., Triwiyanto, R., & dan Kusumaningrum, D. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 128-135.
Herowati, H., Widodo, P., Supriyadi, S., & Keswara, Y. P. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SMA untuk Meningkatkan Kualitas Guru. J-ABDIPAMAS, 85-90.
Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1-21.
Miles, M. B., & Huberman, A. Michael. (1992). Qualitative Data Analysis, ter: Tjetjep Rohendi Rohendi dengan Judul: Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Nirmala, D., & Hendro, E. P. (2020). Strategi Memilih Judul Penelitian Kebahasaan Bagi Pemula. Harmoni, 37-41.
Oebaidillah, S. (2016). Kemendikbud Dukung Gerakan Guru Menulis. Jakarta: MediaIndonesia.com.
Permatasari, A. P., Fauzia, S. N., Rosdiana, A., Ramadhan, G., Hakin, A. T., Pratama, D. N., . . . Faricha, A. (2022). Pelatihan dan Klinik Review Artikel bagi Guru Sekolah Dasar se Desa Ngasem Batealit Jepara Jawa Tengah . The 1st Seminar Nasional Kepada Masyarakat (Seno Dimas) (pp. 196-201). Jepara: Unisnu Jepara.
Pratama, A. (2021). Best Practice Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Kelas Menulis Media Daring. Eduprof: Islamic Education Journal , 47-56.
Priyanto, H. (2021). Literasi adalah Jalan Cahaya, Tulisan Penanda Sejarah Paling Dicari. Jepara: Suarabaru.id.
Rosdiana, A. (2017). Membangun Literasi dalam Program Sustained Silent Reading di Kelas Semantik. Edulingua, 121-130.
Rosdiana, A. (2020). Ingin Menjadi Inspirasi Bersama, Penulis Jepara Bentuk Forum Literasi. Jepara: Suarabaru.id.
Rosdiana, A. (2022). Darurat Literasi, Mahasiswa dan Pelajar Diajak Biasakan Menulis . Jepara: Suarabaru.id.
Rosdiana, A., Widiyono, A., Milkhaturrohman, & Nur, L. N. (2022). Gerakan Literasi Menulis (GLM) bERBASIS Digital bagi Guru-guru se-Kabupaten Jepara. Madaniyah, 508-516.
RS, T. (2021). Penulis Jepara Diminta Tingkatkan Kompetensi untuk Menginspirasi Masyarakat. Jepara: SuaraSemarang.id.
Samovar, L., Porter, R., R.Mc Daniel, E., & Roy, C. (2013). Communication Between Cultures.Eighth Edition. Wadsworth: Cengage Learning.
Sastroasmoro, S. (2007). Beberapa Catatan tentang Plagiarisme. Majk Kedokt Indon, 239-244.
Setyorini, A., & Masulah, M. (2020). Penerapan Project Based Learnig untuk Meningkatkan Kemmapuan Guru-guru Sekolah Dasar Sidoarjo dalam Menulis Kreatif Cerita Anak. Aaksiologiya, 131-137.
Shadiqi, M. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah Understanding and Avoiding Plagiarism Behavior in Scientific Writing. Buletin Psikologi, 30-42.
Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T. A. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah dalam Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Semarang. Rekayasa, 42-47.
Suriyah, P., Sujiran, S., & Muna, Z. (2021). Kendala Implementasi Program Guru Menulis untuk Literasi Negeri. Prosiding Nasional Pendidikan (pp. 219-223). Bojonegoro: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro.
Sutrisna, I. (2020). Gerakan Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 269-283.
Trianton, T. (2018). Guru Menulis itu Seksi. 1-6.
Utami, A. (2015). Menulis dan Berpikir Kreatif. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).
Utami, L. (2021, Maret 23). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Rangking 62 dari 70 Negara. Retrieved September 24, 2022, from Perpustakaan Amir Machmud Kemendagri: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Kesmas : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 195-200.
Würtz, E. (2005). Intercultural Communication on Web sites: A Cross-Cultural Analysis of Web sites from High-Context Cultures and Low-Context Cultures. Journal of Computer-Mediated Communication, 11: 274–299.
Refbacks
- There are currently no refbacks.