Upaya Menulis Kreatif Bagi Guru dalam Gerakan Literasi Guru Menulis (GLGM)

Aliva Rosdiana, Aan Widiyono, Milkhaturrohman Milkhaturrohman, Nia Nur Lailiyah

Abstract

Menulis kreatif merupakan upaya pengungkapan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Guru sebagai fasilitator dan motivator dalam mendukung dan meningkatkan program literasi di dunia pendidikan niscaya harus menghasilkan karya tulis kreatif. Namun, kendala yang dihadapi di lapangan adalah masih banyak plagiarisme dalam tulisan guru-guru di Jepara. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menulis bagi para guru di Kabupaten Jepara melalui Gerakan Literasi Guru Menulis (GLGM) yang terintegrasi dengan kemampuan membaca dan menyimak sehingga menghasilkan karya tulis kreatif serta orisinil. Metode kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan mitra dengan tahapan sosialisasi, pelatihan menulis, dan klinik review hasil penulisan. Melalui metode kerja sama kemitraan bersama Forum Literasi Jepara, solusi dan target kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif bagi para guru di Kabupaten Jepara dalam buku bunga rampai berISBN. Hasil kegiatan pengabdian ini diperoleh bahwa para guru dilibatkan untuk berkontribusi dalam penulisan kreatif yang akan dikompilasi dalam buku bunga rampai; hasil tulisan kompilasi para guru telah dicek plagiasi turnitin dengan persentase keunikan 74% sehingga layak untuk dipublikasikan; dan setelah diberikan tes evaluasi diperoleh kemampuan menulis guru meningkat dari hasil awal 64.75% menjadi 79% setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan.

Kata Kunci: menulis kreatif, Gerakan Literasi Guru Menulis (GLGM), Forum Literasi Jepara.

Full Text:

PDF

References

Adhitya, G. N., Wulandari, N., Sari, N. A., Aurel, Z. G., & Pitri, P. R. (2021). Penulisan Konten Kreatif dalam Strategi Promosi dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Rekognisi dan Penjualan Produk Kald.id. Seminar Nasional Unriyo (pp. 92-103). Yogyakarta: Universitas Respati Yogyakarta.

Agustin, Y. (2015). Penguasaan Tata Bahasa dan Berpikir Logis Serta Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah. Faktor: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 123-132.

Amilia, F. (2019, Desember 30). Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar dan dan Workshop Nasional Metodologi Penelitian Pendidikan (pp. 15-22). Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi dengan Media Big Book terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 1-10.

Boundless. (2016, May 26 ). “Politics.”. Retrieved Juny 2016, 01, from Boundless Sociology: https://www.boundless.com/sociology/textbooks/boundless-sociology-textbook/stratification-inequality-and-social-class-in-the-u-s-9/the-impacts-of-social-class-77/politics-460-4972/

Gunawan, I., Triwiyanto, R., & dan Kusumaningrum, D. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 128-135.

Herowati, H., Widodo, P., Supriyadi, S., & Keswara, Y. P. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SMA untuk Meningkatkan Kualitas Guru. J-ABDIPAMAS, 85-90.

Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1-21.

Miles, M. B., & Huberman, A. Michael. (1992). Qualitative Data Analysis, ter: Tjetjep Rohendi Rohendi dengan Judul: Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nirmala, D., & Hendro, E. P. (2020). Strategi Memilih Judul Penelitian Kebahasaan Bagi Pemula. Harmoni, 37-41.

Oebaidillah, S. (2016). Kemendikbud Dukung Gerakan Guru Menulis. Jakarta: MediaIndonesia.com.

Permatasari, A. P., Fauzia, S. N., Rosdiana, A., Ramadhan, G., Hakin, A. T., Pratama, D. N., . . . Faricha, A. (2022). Pelatihan dan Klinik Review Artikel bagi Guru Sekolah Dasar se Desa Ngasem Batealit Jepara Jawa Tengah . The 1st Seminar Nasional Kepada Masyarakat (Seno Dimas) (pp. 196-201). Jepara: Unisnu Jepara.

Pratama, A. (2021). Best Practice Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Kelas Menulis Media Daring. Eduprof: Islamic Education Journal , 47-56.

Priyanto, H. (2021). Literasi adalah Jalan Cahaya, Tulisan Penanda Sejarah Paling Dicari. Jepara: Suarabaru.id.

Rosdiana, A. (2017). Membangun Literasi dalam Program Sustained Silent Reading di Kelas Semantik. Edulingua, 121-130.

Rosdiana, A. (2020). Ingin Menjadi Inspirasi Bersama, Penulis Jepara Bentuk Forum Literasi. Jepara: Suarabaru.id.

Rosdiana, A. (2022). Darurat Literasi, Mahasiswa dan Pelajar Diajak Biasakan Menulis . Jepara: Suarabaru.id.

Rosdiana, A., Widiyono, A., Milkhaturrohman, & Nur, L. N. (2022). Gerakan Literasi Menulis (GLM) bERBASIS Digital bagi Guru-guru se-Kabupaten Jepara. Madaniyah, 508-516.

RS, T. (2021). Penulis Jepara Diminta Tingkatkan Kompetensi untuk Menginspirasi Masyarakat. Jepara: SuaraSemarang.id.

Samovar, L., Porter, R., R.Mc Daniel, E., & Roy, C. (2013). Communication Between Cultures.Eighth Edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Sastroasmoro, S. (2007). Beberapa Catatan tentang Plagiarisme. Majk Kedokt Indon, 239-244.

Setyorini, A., & Masulah, M. (2020). Penerapan Project Based Learnig untuk Meningkatkan Kemmapuan Guru-guru Sekolah Dasar Sidoarjo dalam Menulis Kreatif Cerita Anak. Aaksiologiya, 131-137.

Shadiqi, M. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah Understanding and Avoiding Plagiarism Behavior in Scientific Writing. Buletin Psikologi, 30-42.

Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T. A. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah dalam Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Semarang. Rekayasa, 42-47.

Suriyah, P., Sujiran, S., & Muna, Z. (2021). Kendala Implementasi Program Guru Menulis untuk Literasi Negeri. Prosiding Nasional Pendidikan (pp. 219-223). Bojonegoro: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro.

Sutrisna, I. (2020). Gerakan Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 269-283.

Trianton, T. (2018). Guru Menulis itu Seksi. 1-6.

Utami, A. (2015). Menulis dan Berpikir Kreatif. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Utami, L. (2021, Maret 23). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Rangking 62 dari 70 Negara. Retrieved September 24, 2022, from Perpustakaan Amir Machmud Kemendagri: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Kesmas : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 195-200.

Würtz, E. (2005). Intercultural Communication on Web sites: A Cross-Cultural Analysis of Web sites from High-Context Cultures and Low-Context Cultures. Journal of Computer-Mediated Communication, 11: 274–299.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.