Pelatihan Inovasi Produk Tape serta Sosialisasi Branding dan Pemasaran Produk untuk Keberlangsungan Usaha pada Home Industry di Desa Kedunglo Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo

Murry Harmawan Saputra, Katrin Werdi Utami, Hafifah Nawang Anggraeni

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupaya meningkatkan kemampuan para pelaku usaha rumah tangga (home industry) untuk menginovasikan produk yang dihasilkan menjadi produk yang dapat menjadi unggulan dan menjadi ciri khas Desa Kedunglo, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Kurangnya inovasi produk pada produksi tape di Desa Kedunglo membuat pendapatan para pelaku usaha kurang meningkat karena hanya dapat dipasarkan di sekitaran desa saja. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T Universitas Muhammadiyah Purworejo, diperoleh masukan bahwa perlunya sosialisasi dan pelatihan pembuatan inovasi produk, branding serta pemasaran. Pada kegiatan ini, tim melakukan observasi awal, sosialisasi pembuatan inovasi produk, pelatihan pembuatan inovasi produk, sosialisasi pengemasan produk, sosialisasi branding dan pemasaran produk, dan melakukan pendampingan. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini menghasilkan dampak positif yaitu para pelaku usaha menjadi lebih kreatif dan inovatif serta menjadi sadar bahwa inovasi dan branding produk sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas hasil produksi mereka.

Kata Kunci: home industry, inovasi produk, sosialisasi, pelatihan, branding, pemasaran

Full Text:

PDF

References

Ardiansyah, M. A., and Rudianto, R. 2018. Pengembangan Dan Penerapan Teknologi Tepat Guna Pada Industri Rumahan Pembuat Produk Lokal Berbahan Dasar Sagu Di Kota Palopo. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29-34.

Bustomi, A., Mufaizin, and Hasan, M. 2020. Pelatihan Pembuatan The Rosella dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Sorpa Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, No. 1, 2020, hal. 28-37.

Diana, L., Pramudyawardhani, M., and Janah, Y. K. 2022. Pelatihan dan Pendampingan Strategi Branding Produk Bagi UMKM di Kelurahan Gununganyar Kota Surabaya. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, No. 2, Desember 2022.

Didiharyono, D. 2016. Penerapan Metode Statistical Processing Control Untuk Menganalisis Pengendalian Kualitas Produk pada PT. Asera Tirta Posidonia. Jurnal Equilibrium 2 (4), 325-332.

Hamzah, H., Idhan, A., and Syamsia, S. 2019. Diseminasi Teknologi Pengelolaan Limbah Pertanian Menjadi Produk Bernilai Ekonomi Tinggi Dalam Upaya Mendukung Kesejahteraan Petani. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 2(2), 83-91.

Hidayat, D., Hafiar, H., and Anisti. 2019. Tofu Product Branding for Culinary Tourism of Sumedang, Indonesia. Jurnal Komunikator, vol. 11, No. 2 November 2019.

Kotler, P., and Keller, K. L. 2006. Marketing Management (12th ed). New Jersey: Pearson Education, inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Marketing Management: 13th Edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Setiawati, S. D. 2019. Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, No. 1, 2019.

Widiati, A. 2019. Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, pp. 67-76.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.