STRATEGI BRANDING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK BAGI ANGGOTA UMKM BINAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Purnadi Purnadi, Selamet Eko Budi Santoso, Astika Nurul Hidayah, Jovinda Percillia Marifatul U

Abstract

Forum Komunikasi Wisata Kuliner UMP (FOKUSKU) merupakan forum silahturahmi paguyuban pedagang di lingkungan UMP, serta disebut wisata kuliner mengikui selogan UMP Kampus Wisata sebagai wadah untuk mengembangkan usaha dan kualitas diri pedagang. Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat para pelaku UMKM melakukan perubahan strategi bisnisnya untuk menciptakan sebuah produk yang bernilai tinggi. Pasca pandemic covid-19 FOKUSKU mengalami kesulitan dalam mempertahankan usahanya supaya tidak gulung tikar. Salah satunya kurangnnya strategi pemasaran produk dari pasar domestik ke pasar yang lebih besar dan masih minimnya pemahaman tentang branding produk serta adanya penurunan income oleh sebagian masyarakat melalui personal branding. Hal itu menimbulkan masalah tingkat pendapatan pada bisnis ini. Luaran atau hasil yang ingin di capai dalam program ini adalah para pelaku UMKM yang tergabung dalam Forum Komunikasi Wisata Kuliner Universitas Muhammadiyah Purwokerto memiliki kemampuan dan keahlian dalam menerapkan strategi Branding. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan.
Kata kunci: Branding, Pemasaran Produk, FOKUSKU

Full Text:

PDF

References

Kertajaya (2004). Hermawan Kertajaya on Merketing Mix. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5, 14-26.

Nugraha, H. S., & Ariyanti, F. (2017). Penerapan Branding Pada UKM Makanan Ringan di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 16-23.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32 –36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188.

Kotler, P. (2005). The role played by the broadening of marketing movement in the history of marketing thought. Journal of Public Policy & Marketing, 24(1), 114-116.

Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM. Prosiding, 56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
echo 'slot gacor