Pengaruh Sistem Pembayaran E-Money Dalam Era Digital Di Tengah Wabah Covid-19 : Studi Kasus Pada Masyarakat Semarang
Keywords:
Benefits, Convenience, Trust, Interest in using e-money, and Covid-19Abstract
References
-Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money)
-Aksami, N. M. D., & Jember, I. M. (2019). Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money pada Masyarakat Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 8(9), 2439–2470.
-Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., & Simintiras, A. C. (2016). -Jordanian consumers’ adoption of telebanking: Influence of perceived usefulness, trust and self-efficacy. International Journal of Bank Marketing, 34(5), 690–709. https://doi.org/10.1108/IJBM-06-2015-0093
-Cunningham, F. E. (1976). Properties of Egg White Foam Drainage. Poultry Science, 55(2), 738–743. https://doi.org/10.3382/ps.0550738
-Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982
-Gu, J. C., Lee, S. C., & Suh, Y. H. (2009). Determinants of behavioral intention to mobile banking. Expert Systems with Applications, 36(9), 11605–11616. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2009.03.024
-Katon, F., & Yuniati, U. (2020). Fenomena Cashless Society Dalam Pandemi Covid-19 ( Kajian Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial ) Cashless Society Phenomenons in the Covid-19 Pandemy ( Study of Symbolic Interactions in Millennial Generation ). Signal, 8(2), 134–145. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Signal/article/view/3490
-Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2008). A trust-based consumer decision-making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents. Decision Support Systems, 44(2), 544–564. https://doi.org/10.1016/j.dss.2007.07.001
-Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612
-Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2015). [Paul_D._Leedy,_Jeanne_Ellis_Ormrod]_Practical_Res(b-ok.org).
-Lestari, P., & Nofriantika, N. (2018). Literasi Uang Elektronik Di Kalangan Mahasiswa. Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 7(1), 94–109. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i1.138
-Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.7934
-Mentari, A. C., & Bendesa, I. K. G. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam menggunakan uang elektronik di Kota Denpasar, Provinsi Bali. E-Jurnal EP Unud, 7(4), 646–676.
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054
-Prasetya, A. W. (2020). Transaksi Nontunai Jadi Salah Satu Cara Mencegah Penyebaran Covid-19. 2020.
-Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04
-Pratiwi, D. F., & Dewi, C. K. (2018). Factors (Benefits, Trust, Self-Efficacy, Ease of Use, Security) Affecting Consumer’s Perception on E-Money in Indonesia. Journal of Secretary and Business Administration, 2(2), 24. https://doi.org/10.31104/jsab.v2i2.60
-Putra, I. P. A. P. A., Sukaatmadja, I. P. G., & Giantari, I. G. A. . (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Terhadap Kepercayaan dan Niat Beli E-Ticket pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.9, 9, 3007–3030.
-Rustanto, A. E., & Kartini, I. (2019). Efektivitas Pembayaran Non Tunai Pada Umkm Daerah Aliran Sungai Citarum. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 1. https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i2.302
-USMAN, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 32(1), 134. https://doi.org/10.20473/ydk.v32i1.4431
-Venkatesh, V. (2000). R Esearch a Rticle W Hy D on ’ T M En E Ver S Top To a Sk for D Irections ? G Ender , S Ocial I Nfluence , and T Heir R Ole in T Echnology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 24(1), 115–139.
-Widi Yanto, & Ery Baskoro. (2020). Pengaruh Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Minat Pemakaian Financial Technology Pada Aplikasi Ovo Sebagai Digital Payment. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 1(1), 96–109.
Wilsen, W., Gunawan, E. Y., Jessica, J., & Andry, J. F. (2018). Analisa Tingkat Persepsi Konsumen Terhadap Faktor Penentu Penggunaan Sistem Pembayaran Elektronik Pada Tokopedia. Journal of Applied Informatics and Computing, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.30871/jaic.v2i2.1023
-Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1–7.
-Zhou, T. (2011). An empirical examination of initial trust in mobile banking. Internet Research, 21(5), 527–540. https://doi.org/10.1108/10662241111176353
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Akuntansi dan Pajak and publishing rights belong entirely to LLPM STIE AAS SurakartaÂ
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.