“NEW SAKPOLE” SEBUAH ALTERNATIF KEBIJAKAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Faris Budiman
  • Kismartini Kismartini
  • A Rina Herawati

Keywords:

new sakpole, pelayanan publik, pajak kendaraan bermotor, Jawa Tengah

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana inovasi “New Sakpole†sebagai strategi pelayanan publik berbasis e-government untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi “New Sakpole†sebagai strategi pelayanan publik berbasis e-government untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh Pemerintah Jawa Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebijakan publik dan inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif (reduksi data, sajian dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa “New Sakpole†sebagai inovasi kebijakan publik pemerintah Jawa Tengah dalam hal mendorong masyarakat untuk taat dan disiplin dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Kebijakan tersebut sangat efektif karena dapat memangkas waktu dan tenaga masyarakat, serta tidak menimbulkan kerumunan orang. Kebijakan publik “New Sakpole†sebagai salah satu inovasi pemerintah Jawa Tengah merupakan terobosan yang belum pernah dilakukan oleh pemerintah lainnya. Kebijakan tersebut dapat ditiru oleh pemerintah lainnya dalam rangka untuk mendongkrak pemasukan sektor perpajakan, khususnya sektor pajak kendaraan bermotor.

References

Ancok, D. (2012). Psikologi kepemimpinan dan kebijakan. Jakarta: Erlangga.

Anderson, James. (2006). Publik Policy Making: An Introduction. Belmont: Wadsworth.

Bardach, E, 2012, A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path To More Effective Problem Solving (4th Edition). Sage, Washington DC

Dr. Abdul Rahman, SKM, M.Si, (2018) Kebijakan Dalam Pelayanan Publik: Meningkatkan Kepatuhan Pajak Dengan Mekanisme Reward Dan Punishment, dalam http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_692024921571.pdf

T. F. E. Nendy Akbar Rozaq Rais, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BATIK DI TOKO ANDINI PLUPUH,†Pros. Semin. Nas. Call Pap. STIE AAS, vol. 2, no. November 2020, pp. 1–6, 2020.

Nugroho, Riant Dwijodijoto. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, Evaluasi, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Said, M. Mas’ud, (2006) Birokrasi di Negara Birokratus. Malang: UMM Press

Widi Setya Anjani, Pipin Hanapiah, Rudiana, (2019), Kebijakan Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa, Vol..5, No.2, 2019 Doi: https://doi.org/10.24198/cosmogov.v5i2.21739 http://jurnal.unpad.ac.id/cosmogov/index.

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Budiman, F., Kismartini, K., & Herawati, A. R. (2021). “NEW SAKPOLE” SEBUAH ALTERNATIF KEBIJAKAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(1), 20–25. Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/2564

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.