ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN ADMNITRASI PAJAK BERUPA REABILTY; RESPONSIVENESS; ASSURANCE; EMPATY DAN TANGIBLES IMLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK BADAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK CIMAHI

Penulis

  • Tatang Suhidayat

Abstrak

Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Administrasi Pajak Tehadap Kepuasan Wajib Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Cimahi, didasarkan pada informasi yang penulis peroleh bahwa kondisi saat ini masih sangat disayangkan bahwa hubungan antara fikus (Petugas Kantor Pelayanan Pajak) dengan wajib pajak belumlah harmonis sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga kepatuhan dan kesadaran warga negara untuk memenuhi kewajiban membayar pajak masih jauh dari rencana yang diharapkan. Keaadaan ini ditandai dengan meningkatnya surat keluhan yang masuk ke KPP Cimahi atas kepuasan wajib pajak setelah melakukan penyelesaian kewajibannya. Dengan menggunakan metode deskriptif yang didukung melalui pendekatan survey ternyata pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepuasan wajib pajak badan di KPP Cimahi bahwa dengan tingkat signifikasi 5 % tentang hubungan kedua variabel ini adalah kuat dan positif. Artinya bahwa apabila kualitas pelayanan fiskus terus ditingkatkan, maka akan memberikan kepuasan bagi wajib pajak, begitupun sebaliknya bila adanya penurunan kualitas pelayanan fiskus maka wajib pajak akan merasa kecewa. Kemudian kualitas pelayanan fiskus memberikan pengaruh terhadap kepuasan wajib pajak sebesar 58,60 % sedangkan sisanya sebesar 40,40 % dipengaruhi faktor lain. Kemudian berdasarkan hasil uji t terhadap uji hipotesis yang penulis kemukakan bahwa nilai t hitung sebesar 8,249 sementara nilai t tabel pada tingkat signifkasi 0,05 atau 5 % atau tingkat keyakinan 95 % dengan derajat kebebasan 50 – 2 = 48 didapat nilai t tabel seharga 2,021. Nilai ini bila dibandingkan dengan hasil perhitungan t tabel adalah lebih kecil yaitu t hitung 8,249 sedangkan t tabel 2,021 atau (t hitung 8,249 > t tabel 2,021). Keadaan ini memberikan jawaban bahwa H0 adalah ditolak, dan sebagai alternatif H1 adalah diterima.

Referensi

Dabholkar, P.A., Thorpe, D.I. and Rentz, J.O., 1996, “A measure of servicequality for retail stores: scale development and validationâ€, Journal of theAcademy of Marketing Science, vol. 24 No. 1, pp. 3-16.

Parasuraman, A., Berry, L.L., and Zeithaml, A.V., (1988), “SERVQUAL: A MultipleItem Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Qualityâ€, Journalof Retailing, Vol. 64, No. 1, Spring, 12-40

Edvardson. B. "Service breakdowns: AStudy of Critical Incidents in anAirline". "loternalional ,loarnalof,Serrice IndustryManagement".No.4, 1992

Griffin, Jill (1995). Customer Loyalty: How to Earn it, How to Keep it. LexingtonBooks; Singapore

Mardiasmo, Drs., MBA., Akt., 1995, Perpajakan, Yogyakarta, Andi.

Naumann, E. and K. Giel (1995), Customer Satisfaction Measurement and Management. Cincinnati, OH: Thomson Executive Press.

Parasuraman, A., et al. (2000), " A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research", Journal of Marketing, Vol. 49 (Fall), pp. 41-50.

Pambudy, A. P., & Syairozi, M. I. (2019). Analisis Peran Belanja Modal dan Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Pada Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 26-39.

Pawitra, T. (2001), Pemasaran: Dimensi Falsafah, Disiplin dan Keahlian. Jakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya.

Rambat Lupiyoadi,. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan praktik.Jakarta: PT.Salemba Emban Patria

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 16 tahun 2000 tentang Ketentuan Umum Pajak (KUP).

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 17 tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan.

Sugiyono, DR., (2003), Statistika Untuk Penelitian, Bandung, CV. Alfabeta.

Syairozi, M. I. (2017, September). ANALISIS PAJAK DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERNGHASILAN. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 1, No. 1, pp. 338-350).

Diterbitkan

2021-11-30

Cara Mengutip

Suhidayat, T. (2021). ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN ADMNITRASI PAJAK BERUPA REABILTY; RESPONSIVENESS; ASSURANCE; EMPATY DAN TANGIBLES IMLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK BADAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK CIMAHI. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(2), 587–594. Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/3784

Citation Check