Fenomena Strategi Pemasaran Pada Kawasan Kota Semarang Lama Khususnya Pada Situs Oudestad

Penulis

  • Indra Naufal Yuristriza Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Abstrak

Kota Semarang tentunya Kawasan Kota Lama Semarang atau bisa disebut juga “The Little Netherland†adalah suatu situs bersejarah bukti penjajahan Negara Belanda di Kota Semarang dengan ikonnya yaitu adalah gereja blenduk yang wajib dikunjungi mengingat Kawasan ini memiliki daya Tarik potensi sebagai Daerah Tujuan Wisata dengan tata kota, bangunan serta latar belakang yang sangat bersejarah bagi terbentuknya Kota Semarang Lama. Melihat hal tersebut maka perlu adanya upaya untuk memulihkan, melestarikan, menata dan menghidupkan kembali nilai-nilai yang ada pada kawasan Kota Semarang. Penelitian pada situs tersebut khusunya penelitian ini akan berfokus pada Situs Oudestad yang telah melalui tahap revitalisasi sehingga untuk mengkaji fenomena pengembangan Kawasan wisata yang terjadi.Penelitian ini akan menerapkan prosedur penelitian kualitatif berupa pengumpulan data penelitian, seperti wawancara, observasi, tes dan dokumentasi sebagai solusi dari permasalahan pengembangan Kawasan Kota Lama Semarang. Sampel atau subjek dalam penelitian berdasarkan Sanafiah Faisal tahun 2001 dalam halaman 67 mengatakan bahwa menentukkan sampel atau subjek dilakukan secara sengaja dengan beberapa pertimbangan serta kriteria agar dapat memperolah data yang diharapkan sampel atau yang disebut Teknik purposive.Temuan penelitian situs Kota Lama Semarang telah baik di beberapa aspek namun masih ada beberapa aspek yang perlu dievaluasi dan dikembangkan kembali. Dalam membangun citra atau identitas destinasi masih perlunya perkuatan tema yang jelas di Situs Kota Lama Semarang mengacu pada Kota Pusaka untuk memberikan kesan pada wisatawan bahwa Situs Kota Lama berbeda dengan destinasi wisata lain dan dapat berdampak terhadap ilmu pengetahuan. Tentunya dengan membangun citra yang sesuai dengan strategi kota pusaka sehingga dapat sesuai dengan persepsi dari wisatawan yang membayangkan dan berpersepsi bahwa Situs Kota Lama Semarang adalah destinasi wisata yang memiliki nilai otentikasi tinggi, sejarah, budaya dan pendidikan. Keywords: Strategi Pemasaran, Kawasan Kota Semarang Lama, itus Oudestad

Referensi

Badan Pengelola Kawasan Kota Lawa. 2018. Mengenal Bangunan Cagar Budaya Di Kota Lama Semarang

Elia, A. & Utomo, W. (2019). Between Self Congruity, Destination Relationship and Memorable Tourist Experience: an Empirical Study on Destination Loyalty. Jurnal Dinamika Manajemen 10 (1) 2019 111-123

Plan Malaysia. 2016. George Town Bandar Bersejarah Di Selat Melaka Rancangan Kawasan Khas.

Tan Yeow Wooi. 2015. Penang Shophouses A Handbook of Features and Materials. Penang, Malayasia : Phoenix Press Sdn Bhd

Tim Departement Sejarah Universitas Diponogoro. 2020. Riwayat Kota Lama Semarang. Semarang : Penerbit Sinar Hidoep

Sugiyono.2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-64-0

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 978-602-289-533-6

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Yuristriza, I. N. (2022). Fenomena Strategi Pemasaran Pada Kawasan Kota Semarang Lama Khususnya Pada Situs Oudestad. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(1). Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/6142

Citation Check