PENGARUH KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP INFORMASI ASIMETRI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BEI TAHUN 2010-2015

Fajar Pratiwiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan pengukuran kualitas pelaporan keuangan perusahaan. (2) Mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan kualitas pelaporan keuangan perusahaan dengan fokus pada kajian faktor-faktor penentu dan informasi asimetrinya secara langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang telah terdaftar (listed) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kriteria yang dijadikan dasar untuk pemilihan sampel adalah sebagai berikut: (1) Perusahaan menerbitkan laporan keuangan dengan periode pelaporan keuangan tahunan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2010-2015. (2) Perusahaan yang memiliki data harga penutupan saham, harga permintaan, harga penawaran, bid volume dan volume perdagangan secara lengkap. Dalam penelitian ini instrument penelitiannya adalah dokumentasi, data yang dikumpulkan diperoleh dari data-data mengenai laporan keuangan auditan perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dipublikasikan kepada publik melalui massa dalam hal ini dalam Indonesia Stock exchange web www.idx.ci.id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelaporan keuangan (relevansi nilai, ketepatwaktuan, dan konservatisme) terhadap informasi asimetri pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: atribut-atribut kualitas pelaporan keuangan (relevansi nilai, ketepatwaktuan, dan konservatisme) merupakan representasi kualitas pelaporan keuangan, dan berbeda satu dengan lainnya. Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai regresi auxiliary R² yang tertinggi ketepatwaktuan sebesar 0,343; relevansi nilai sebesar 0,278 dan koservatif sebesar 0,187. Dari hasil yang menunjukkan tidak ada kesamaan. Ketiga atribut kualitas pelaporan keuangan dapat membentuk 1 faktor dimana variabel baru yang terbentuk didukung oleh keseluruhan atribut kualitas pelaporan keuangan. Hasil tersebut ditunjukkan perhitungan menggunakan uji F = 7,525 > Ftabel = 3,20 dengan signifikansi -0,027 < 0,05. Hipotesis tersebut terbukti dengan hasil sig. sebesar -0.027 yang artinya, kualitas pelaporan keuangan berpengaruh negatif secara signifikan terhadap informasi asimetri. Maksudnya, semakin tinggi kualitas pelaporan keuangan suatu perusahaan, maka akan semakin rendah informasi asimetri.

Kata kunci :  Kualitas Pelaporan Keuangan, Informasi Asimetri


Full Text:

PDF

References


Astriyani, Gita, Amrizal, Sari Mita Nurmala, Hasanah Nurlaili, 2015, Pengaruh Kualitas Audit, Penghindaran Pajak dan Konservatisme Akuntansi Terhadap Timeliness Reporting (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Seminar Nasional dan The 3rd Call for Syariah Paper.

Copeland, T. and D. Galai, 1983, Information Effects On The Bid-Ask Spread. The Journal o f Finance. 36. 1457-1469.

Cheng, M; Dhaliwal, D; and Zhang Y., 2010, Does Investment Efficiency Improve After the Disclosure of Material Weakness in Internal Control over Financial Reporting?, Journal Of Accounting and Economics. 56: 1-18.

Cohen, D. A., 2003, Quality of Financial Reporting Choice : Determinants and Economic Consequences. London Business School Accounting Symposium.

Fanani, Zaenal, 2009, Kualitas Pelaporan Keuangan: Berbagai Faktor Penentu Dan Konsekuensi Ekonomis, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. 6: 20-45.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Revisi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gujarati, Darmodar, 2003, Ekonometrika Dasar. Terjemahan Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga.

Haniati, Sri dan Fitriany, 2010, Pengaruh Konservatisme Terhadap Asimetri Informasi dengan Menggunakan Beberapa Model Pengukuran Konservatisme. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto,1-28.

Indriani, Rini dan Wahiddatul Khoiriyah, 2010, Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan Terhadap Informasi Asimetri, Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto

Indriantoro, N., dan B. Supomo, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Munawir, 2004, Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty.

Penman, S.H. and X.J. Zhang, 2002, Accounting Conservatism, the Quality of Earning and Stock Returns. Working Paper, Sosial Science Research Network, 1-44.

Setiany, Erna dan Wulandari, Ayu, 2015, Kualitas Pelaporan Keuangan dan Asimetri Informasi di Industri Manufaktur Indonesia. Efektif Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol 6 No. 2, 17-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v18i01.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics