ANALISIS PAJAK REKLAME DI KABUPATEN PURWOREJO PERIODE 2012-2016

Authors

  • Arum Kusumaningdyah Adiati, Diessela Paravitasari, Trisninik Ratih Wulandari UNS Surakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penerimaan pajak reklame di Kabupaten Purworejo selama tahun 2012 sampai dengan 2016. Perkembangan penerimaan pajak reklame ini selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi berbagai kendala dalam pemungutan pajak reklame dan mengidentifikasi berbagai upaya untuk mengoptimalkan pajak reklame.

Penelitian ini merupakan studi kasus di Kabupaten Purworejo dan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan pengamatan langsung di BPPKAD Kabupaten Purworejo, sedangkan wawancara dilakukan melalui tanya jawab dengan pegawai BPPKAD di Kabupaten Purworejo.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kontribusi pajak reklame selama kurun waktu lima tahun mengalami peningkatan, meskipun untuk jenis reklame papan/ billboard/ videotron/ megatron dan jenis reklame kain selalu berada dalam kriteria sangat kurang rata-rata 0,609% terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan 0,620% terhadap Pendapatan Pajak Daerah (PPD). Salah satu upaya untuk mengoptimalkan pajak reklame adalah dengan melakukan sosialisasi rutin dan merata kepada wajib pajak.

Kata kunci: Pajak Reklame, Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Kontribusi Pajak. 

References

Republik Indonesia, (2010), Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor 9 Tahun 2010 tentang Pajak Reklame, Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo, Purworejo.

Republik Indonesia. (2009).Peraturan Bupati Kabupaten Purworejo Nomor 54 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pelayanan dan Penerbitan Izin Penyelenggaraan Reklame. Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo. Purworejo.

Republik Indonesia. (2004).Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. (2007).Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. (2009).Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sekretariat Negara. Jakarta.

Brotodiharjo, R Santoso. 2013. Pengantar Ilmu Hukum Pajak. Refika Aditama.

Firmansyah, Alfian. 2014. Analisis Kontribusi dan Efektifitas Pemungutan Pajak Reklame untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya. Jurnal Mahasiswa UNESA.

Mardiasmo. 2013. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Prakosa. 2005. Pajak dan Retribusi Daerah Edisi Revisi. Yogyakarta: UII Press.

Siahaan.2013. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, Sadono. 1985. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijaksanaan. Jakarta: LPEF-UI Bima Grafika.

Downloads

Published

2017-07-30

How to Cite

Trisninik Ratih Wulandari, A. K. A. D. P. (2017). ANALISIS PAJAK REKLAME DI KABUPATEN PURWOREJO PERIODE 2012-2016. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(01). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/94

Citation Check