Pengaruh Litersi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Keberlanjutan Bisnis Pelaku Umkm Berbasis Syariah

M. Indra Maulana, Eko Suyono

Abstract

UMKM merupakan salah satu pondasi untuk pertumbuhan perekonomian suatu negara. Sehingga perlu dilakukan untuk mempertahankan bisnis yang dijalankan oleh UMKM. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan literasi digital terhadap keberlanjutan bisnis UMKM. Keberlanjutan Bisnis yang sangat penting untuk UMKM agar bisnis yang dijalankan terus berjalan dan berkembang, konsep berkenlanjutan dimana sebuah usaha tetap ada atau berjalan pada masa yang akan mendatang dapat diukur melalui pertumbuhan keuangan, pertumbuhan dari strategi dan pertumbuhan struktural UMKM. Untuk Literasi Keuangan di ukur melalui indikator perencanaanm analisis, dan kontrol keuangan, pembukuan, pemahaman akan sumber pendanaan serta terminologi bisnis. Sedangkan untuk literasi digital diukur melalui beberap indikator seperti informasi dan literasi data, komunikasi dan kolaborasi, keamanan, dan kemampuan menggunakan teknologi yang ada saat ini. Pengumpulan data didalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan menggunakan google form. Sampel yang mengisi kuesioner dalam penelitian ini berjumlah 100 Pemilik dan Pengelola UMKM. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Sektor yang mendominasi adalah sektor Perdagangan, manufaktur, dan jasa. Analisis data menggunakan Model persamaan struktural berbasis partial least square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan terhadap keberlanjutan UMKM dan literasi digital memiliki pengaruh terhadap keberlanjutan bisnis UMKM berbasis Syariah. Temuan dari penelitian ini ialah bahwa dengan pemahaman literasi keuangan dan literasi digital yang baik diharapkan pemilik ataupun pengelola UMKM akan mampu membuat keputusan keuangan, manajemen yang tepat dan mampu bersaing dengan bisnis-bisnis lain untuk keberlanjutan bisnis yang dijalankan.

Keywords

MSME, Business Sustanability, Financial Literacy, Digital Literacy, Management

Full Text:

PDF

References

Absah, Y., Chairunisa Muchtar, Y., & Qamariah, I. (2018). The Effect of Intellectual Capital on Business Performance in Micro-, Small-, and Medium Enterprise (MSME) in Medan City. KnE Social Sciences, 3(10). https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3371

Agustina, T., Butarbutar, M., Alexandro, R., & Junianto Karsudjono, A. (2021). The Key to MSMEs Ability to Survive the Covid-19 Pandemic (Case studies in Indonesia). In Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI) (Vol. 12, Issue 6). http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071

Anjani, Rivalah., dan Hasmarani, Maulidiyah Indira. 2015. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah dan Murabahah Terhadap Profitabilitas BPRS Di Indonesia Periode 2012-2015. Syariah Paper Accounting FEB UMS. ISSN 2460-0784

Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1

Arifqi, Moh. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. 3, 1–14. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i1.311

Ayu, I., Idawati, A., Gede, I., & Pratama, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(1), 1–9. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj

Del Rosa, Y., Abdilla, M., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas, F. (2022). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas Literasi Keuangan dan Literasi Digital UMKM Kuliner Kota Padang Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi Global Covid 19. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas (Vol. 24, Issue 1).

Edward, E., Chairunnisa, F., & Perdana Siregar, A. (2023). Digitalpreneur Competency Model and Digital Literacy on MSME Business Performance in Jambi Province. Dinasti International Journal Of Management Science , 4. https://doi.org/10.31933/dijms.v4i3

Eniola, A. A., & Entebang, H. (2015). Financial literacy and SME firm performance. International Journal of Research Studies in Management, 5(1). https://doi.org/10.5861/ijrsm.2015.1304

Farhan, M. T., Eryanto, H., & Saptono, A. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA UMKM (STUDI PADA UMKM SEKTOR FOOD AND BEVERAGE DI JAKARTA SELATAN). Transekonomik : AKuntansi, Bisnis Dan Keuangan. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika

Fatoki, O. (2014). The Financial Literacy of Micro Entrepreneurs in South Africa. Journal of Social Sciences, 40(2), 151–158. https://doi.org/10.1080/09718923.2014.11893311

Fitriasari, P., Himawan, B., Yanida, M., & Widyatama, A. (2021). Apakah Literasi Keuangan Dan Inovasi Digital Mampu Meningkatkan Kinerja UMKM Saat Menghadapi Covid – 19? Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 11(2), 195–202. https://doi.org/10.37859/jae.v11i2.2833

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling : Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hastuti, W. K., & et al. (2021). THE IMPACT OF DIGITAL LITERACY AND ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TO SURAKARTA BATIK SMEs PERFORMANCE. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. https://doi.org/10.22202/economica.2021.v9.i2.4648

Hussain, J., Salia, S., & Karim, A. (2018a). Is knowledge that powerful? Financial literacy and access to finance: An analysis of enterprises in the UK. Journal of Small Business and Enterprise Development, 25(6), 985–1003. https://doi.org/10.1108/JSBED-01-2018-0021

Hussain, J., Salia, S., & Karim, A. (2018b). Is knowledge that powerful? Financial literacy and access to finance: An analysis of enterprises in the UK. Journal of Small Business and Enterprise Development, 25(6), 985–1003. https://doi.org/10.1108/JSBED-01-2018-0021

Ismah, I., & et al. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Literasi Digital pada Era 4.0 Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha. Altruis Journal of Community Sevices , 1(4).

Natan, E., & Mahastanti, L. (2022). Analisis pengaruh Financial Literacy dan Locus of Control sebagai variabel moderating terhadap Management Behaviour. Owner, 6(3), 2354–2363. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.985

Naufal, M. I., & Purwanto, E. (2022). DAMPAK LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN KEBERLANJUTAN UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis , 16.

Quartey, P. (2010). AERC Financial Sector Project View project SME financing in Africa View project. https://www.researchgate.net/publication/285704505

Rahayu, A. Y., & Musdholifah. (2017). 20256-Article Text-24292-1-10-20170714. Vol 5 No 3 (2017): Volume 5, Nomor 3, Tahun 2017.

Ruli, M., Hilmawati, N., & Kusumaningtias, R. (2021). Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen INKLUSI KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN KEBERLANGSUNGAN SEKTOR USAHA MIKRO KECIL MENENGAH. 10(1).

Rumini, D. A., & Martadiani, A. A. M. (2020). Peran Literasi Keuangan Sebagai Prediktor Kinerja Dan Keberlanjutan Umkm Di Kabupaten Badung. Inventory Jurnal Akuntansi , 4.

Sardo, F., Serrasqueiro, Z., & Alves, H. (2018). On the relationship between intellectual capital and financial performance: A panel data analysis on SME hotels. International Journal of Hospitality Management, 75, 67–74. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.03.001

Setiawan, T., Susetyo, D. P., & Pranajaya, E. (2021). Social media, space and leisure in small cities. In Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 26, Issue 2, pp. 73–80). Routledge. https://doi.org/10.1080/10941665.2020.1859057

Suryani, U., Arief, M., Bramantoro, S., & Hamsal, M. (2022). The Impact of Digital Literacy and E-Commerce Adoption with O2O Business Adoption on The Performance of Small and Medium Enterprises. INTERNATIONAL JOURNAL OF EBUSINESS AND EGOVERNMENT STUDIES, 14(2), 199–223. https://doi.org/10.34109/ijebeg

Tarumanagara Yogyakarta, U., & Puspitaningtyas, Z. (2017). Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis VII MANFAAT LITERASI KEUANGAN BAGI BUSINESS SUSTAINABILITY ABSTRAK.

UNESCO. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator. http://www.uis.unesco.org

Wernerfelt, B. (1984). A Resource-Based View of the Firm. In Strategic Management Journal (Vol. 5, Issue 2).

Wickham, P. A. (2001). Strategic Entrepreneurship A Decision-Making Approach to New Venture Creation and Management (Philip A. Wickham).

Widiastuti, E., Kurniasih, R., & Martini, S. (2021). International Sustainable Competitiveness Advantage 2021. www.cnnindonesia.com,

Yanti, N., Dosen, M., Tinggi, S., Dan, E., & Syariah, B. (2015). ECONOMICA SHARIA Volume 1 Nomor 1 Edisi Perdana Agustus. http://abiaqsa.blogspot.no/2011/03/peran-perbankan-

Yanti, W. I. P. (2019). PENGARUH INKLUSI KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM DI KECAMATAN MOYO UTARA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis .

Ye, J., & Kulathunga, K. M. M. C. B. (2019). How does financial literacy promote sustainability in SMEs? A developing country perspective. Sustainability (Switzerland), 11(10). https://doi.org/10.3390/su11102990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.