Wallet Digital Cross-Generation in the Acceleration of Digital Economic Transformation
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11672Keywords:
Dompet Digital, E-Wallet, Ekonomi Digital, Kalimantan Barat, FinancialAbstract
References
Admin. (2022, 01 27). Diambil kembali dari https://bakai.uma.ac.id/2022/01/27/pengertian-macam-dan-langkah-langkah-dari-teknik-analisis-data/: https://bakai.uma.ac.id/2022/01/27/pengertian-macam-dan-langkah-langkah-dari-teknik-analisis-data/
Anggraeni, R. (2022, 03 21). Ekonomi. Diambil kembali dari www.ekonomi.bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20220321/9/1513175/indonesia-punya-potensi-ekonomi-digital-yang-besar-ini-buktinya
Annur, C. M. (2022, 03 23). Home/Teknologi & Telekomunikasi. (A. Ahdiat, Editor) Diambil kembali dari databoks.katadata.co.ic: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Arieza, U. (2023, 02 08). Kompas.com/Travel/Travel Update. (U. Arieza, Editor) Dipetik 04 2023, 26, dari kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2023/02/08/213300427/10-negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia-2023-apa-ada-indonesia-?page=all#:~:text=Berikut%20daftar%20sepuluh%20negara%20dengan,penduduk%20mencapai%20276.639.440%20jiwa.
Bagla dan Sancheti. (2018). Gaps in customer satisfaction with digital wallets: challenge for sustainability. Journal of Management Development, 442-451.
BI. (2016, 11 9). Publikasi. Dipetik 04 26, 2023, dari www.bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/publikasi/peraturan/Pages/pbi_184016.aspx
BI. (2020, 04 27). Dompet Elektronik. Diambil kembali dari www.bi.go.id: https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx#:~:text=Definisi,menampung%20dana%20untuk%20melakukan%20pembayaran.
BI. (2020). Kanal dan Layanan. Diambil kembali dari www.bi.go.id: https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx#Dompet-Elektronik
BI. (2023, 03 31). https://www.bi.go.id/id/bi-institute/. Diambil kembali dari https://www.bi.go.id/id/: https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Dompet-Digital--Naik-Daun,-Membetot-Minat-Kala-Pandemi.aspx
BPS. (2023). https://kalbar.bps.go.id/indicator/. Dipetik 05 05, 2023, dari Jumlah Penduduk (Jiwa), 2020-2022: https://kalbar.bps.go.id/indicator/12/42/1/jumlah-penduduk.html
Budiono, K. N. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Kenangan di Kota Makassar/ Kezia Nathania Budiono / 25180414 / Pembimbing : Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.
Cahyadi dkk. (2022). Bisnis Digital. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.
Desky dkk. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus pada Konsumen Shopee di Kota Lhokseumawe). Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 1812-1828. doi:https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.772
Dyah, E. (2023, 05 11). https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/. Diambil kembali dari https://finance.detik.com/berita-: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6714685/ini-lho-4-alasan-penggunaan-dompet-digital-disukai-milenial-gen-z
Eka dkk. (2022). MENINGKATKAN NIAT MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL PADA. Jurnal Ilmu Manajemen, 1057-1072. Diambil kembali dari file:///C:/Users/ASUS/Downloads/19562-Article%20Text-71623-1-10-20221225.pdf.
Fathina, H. (2022, 11 22). Ekonomi. (N. S. Simamora, Editor) Diambil kembali dari www.ekonomi.bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20221122/9/1600731/ekonomi-digital-manfaat-karakteristik-perkembangan-dan-tantangannya
Hasan dkk. (2020). KEWIRAUSAHAAN. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Herlina, M. (2021, 10 29). Telekomunikasi. (F. F. Fitriani, Editor) Diambil kembali dari www.teknologi.bisnis.com: https://teknologi.bisnis.com/read/20210929/101/1448153/opini-menyoroti-keamanan-data-dalam-transaksi-online
Hidayati, K. F. (2023, 04 23). Tips Karier. Diambil kembali dari www.glints.com: https://glints.com/id/lowongan/dompet-digital-indonesia/#.ZEodO3ZByUl
Iisnawati, W. N. (2021). Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen dalam Menggunakan E-Wallet Non Bank. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 18-30.
Irna dan Intan. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI DOMPET DIGITAL TERHADAP TRANSAKSI RETAIL MAHASISWA. Seminar Nasional Riset dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 64-69.
Jasri dkk. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL PADA TRANSAKSI JUAL BELI . JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN , 110-115.
Kalbarprov. (2020, 08 20). https://kalbarprov.go.id. Dipetik 08 20, 2020, dari https://kalbarprov.go.id/page/geografis: https://kalbarprov.go.id/page/geografis
KBBI. (2023, 04 28). populasi. Diambil kembali dari https://kbbi.web.id/populasi: https://kbbi.web.id/populasi
Komputer, W. (2017). Mudah Menguasai SPSS. Semarang: ANDI.
Kristiani, N. (2013). ANALISIS PERBEDAAN FREKUENSI PENGGUNAAN INTERNET. EKSEKUTIF , 86-93.
Kurniawan, d. (2022). Teknologi Keuangan Anak Muda. Semarang: SCU Knowledge Media.
Kusumawardhani dan Evita. (2021). Penyebaran pengguna digital wallet di indonesia berdasarkan google trends analytics ;. I N O V A S I, 377-385.
Laily, I. N. (2022, 01 25). https://katadata.co.id/safrezi/berita/. Diambil kembali dari https://katadata.co.id/: https://katadata.co.id/safrezi/berita/61ef7e4f41753/memahami-arti-konsumtif-indikator-faktor-dan-dampaknya
Laucereno, S. F. (2022, 07 28). https://finance.detik.com/fintech/d-6204379/. Diambil kembali dari https://finance.detik.com/fintech/: https://finance.detik.com/fintech/d-6204379/pengguna-dompet-digital-makin-menjamur-tapi-masih-didominasi-warga-jakarta
Mariana, D. (2022, 07 22). https://kumparan.com/hipontianak/. Diambil kembali dari www.kumparan.com: https://kumparan.com/hipontianak/140-desa-di-kalbar-belum-terjamah-sinyal-internet-1yVlaBfY3SM/2
Muhyiddin. (2020). https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/mod/. Diambil kembali dari https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/: https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/mod/resource/view.php?id=165800
Nasution dkk. (2019). Ekonomi Digital. Mataram: Fakutas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram.
Nazrul, A. (2020). Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen. Etheses IAIN Kediri.
Pahlevi. (2022, 03 21). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/. (A. Ahdiat, Editor) Diambil kembali dari https://databoks.katadata.co.id/: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/21/pasar-e-wallet-indonesia-diproyeksikan-capai-us70-miliar-pada-2025
Pahlevi, R. (2022, 06 03). (A. Mutia, Editor) Diambil kembali dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/kic-e-wallet-paling-sering-digunakan-untuk-transaksi-e-commerce
Pangestu, S. (2020, 01 08). https://theconversation.com/riset. Dipetik 07 05, 2023, dari https://theconversation.com/riset-dompet-digital-mendorong-generasi-z-lebih-konsumtif-129243: https://theconversation.com/riset-dompet-digital-mendorong-generasi-z-lebih-konsumtif-129243
Ppid.kalbarprov. (2020, 08 20). https://ppid.kalbarprov.go.id/. Diambil kembali dari https://ppid.kalbarprov.go.id/?public=profil-daerah: https://ppid.kalbarprov.go.id/?public=profil-daerah
Putrajaya. (2023, 04 15). Pasar. Diambil kembali dari www.pekanbaruexpress.com: https://www.pekanbaruexpress.com/berita/7071-dompet-digital-jadi-solusi-keuangan-masa-kini.html
Rachmawati, E. W. (2022). ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PEMBAYARAN NON TUNAI (E-WALLET), GAYA HIDUP SERTA PURCHASE INTENTION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID – 19 (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). UNSPECIFIED. Diambil kembali dari https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11579
Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramadhani dan Bina. (2021). STATISTIK PENELITIAN PENDIDIKAN. Jakarta: KENCANA.
Rembulan dan Firmansyah. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. Valid Jurnal Ilmiah, 17, 111-128. Dipetik 04 28, 2023, dari http://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/144
Rifka dkk, A. (2022). Skala Pengukuran. Makassar: Tohar Media.
Roflin dkk. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Mangement.
Sa'adah, L. (2021). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jombang: Universitas KH. A, Wahab Hasbullah.
Safera, Y. (2021). Gambaran Perilaku Konsumtif Terhadap Pengguna Digital. Diambil kembali dari https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16068/2/168600020%20-%20Yosi%20Safera%20-%20Fulltext.pdf
Salmaa. (2023, 04 06). Diambil kembali dari www.penerbitdeepublish.com: https://penerbitdeepublish.com/jenis-jenis-penelitian/
Sati dan M.Ramadity, R. A. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan. Repositori STEI, 1-20.
Staff, S. (2023, 04 28). Statistik. Diambil kembali dari www.statmat.net: https://www.statmat.net/uji-kruskal-wallis/#Hipotesis_Uji_Kruskal_Wallis
Sulaeman. (2022, 11 27). https://www.merdeka.com/uang. Diambil kembali dari www.merdeka.com: https://www.merdeka.com/uang/tips-bijak-gunakan-dompet-digital-agar-tak-boros.html
Sulistyowati dkk. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4, 17-34.
Sulistyowati dkk. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 17-34.
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian. Yokyakarta: ANDI.
Tiffany. (2023). www.dosenpsikologi.com. Dipetik 07 31, 2023, dari 10 Pengertian Minat Menurut Para Ahli: https://dosenpsikologi.com/pengertian-minat-menurut-para-ahli
Wicaksono, A. (2023, 06 26). www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/. Diambil kembali dari www.medcom.id: https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/GKdEzYpN-transaksi-e-wallet-kian-naik-pemain-baru-semakin-agresif
Widiyati dkk. (2021). Identification of Obstacles in Using E-Wallet in Semarang. Admisi dan Bisnis, 22, 247-258.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.