Sertifikasi Halal Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Jawa Tengah (Studi Tentang Keputusan Pembelian Produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia)

Fathan Budiman

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 96 responden merupakan konsumen produk HPAI di Kabupaten Boyolali dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sertifikasi halal yang memuat dimensi syariah, idiologi, ilmu, pengalaman, dan pengamalan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai nilai thitung sertifikasi halal 1.715 < ttabel 2.2791 dan signifikansi 0.90 > 0.05.

Keywords

sertifikasi halal, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References

Aisyah, M. (2016). Consumer Demand on Halal Cosmetics and Personal Care Products in Indonesia. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 9(95), 125–142. DOI: http://dx.doi.org/10.20473/jebis.v4i2.10501. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Ali, A., Xiaoling, G., & Sherwani, M. (2018). Antecedents of Consumers’ Halal Brand Purchase Intention: an Integrated Approach. Management Decision, Vol. 56 Issue: 4, 715-735. DOI: https://doi.org/10.1108/MD-11-2016-0785. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

Al-Maraghi, Ahmad Mustofa, (t.t). Tafsir al-Maraghi, Dar al-Hayak al-Turats al-‘Arabi. Beirut.

Al-Shabuni, Muhamaad Ali. (1996). Rawai’u al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam, Dar al-Fikri. Beirut.

Assadi, Djamchid. (2003). Do Religions Influence Customer Behavior? Confronting Religious Rules And Marketing Concepts. Cahiers Du Ceren Vol. 5. Hal. 2-13. https://www.researchgate.net/profile/Djamchid_Assadi/publication/242109368_Do_Religions_Influence_Customer_Behavior_Confronting_religious_rules_and_marketing_concepts/links/549db7ab0cf2fedbc311989d.pdf. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Awan, H. M., Siddiquei, A. N., & Haider, Z. (2015). Factors Affecting Halal Purchase Intention – Evidence From Pakistan’S Halal Food Sector . International Journal of Commerce and Management, 38(1), 8–20 DOI: https://doi.org/10.1108/MRR-01-2014-0022. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Babakus, Emin, T. Bettina Cornwell, Vince Mitchell, Bodo Schlegelmilch. (2004). Reactions To Unethical Consumer Behavior Across Six Countries. Journal of Consumer Marketing Vol. 21 Issue: 4. Hal. 254-263. DOI: https://doi.org/10.1108/07363760410542165. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Bonne, Karijn et Wim Verbeke (2007). Muslim Consumer’s Motivations Towards Meat Consumption In Belgium: Qualitative Exploratory Insights From Means-End Chain Analysis. Anthropology of food (Online). DOI: https://doi.org/10.4000/aof.90. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Bonne, Karijn et Wim Verbeke (2007). Muslim Consumer’s Motivations Towards Meat Consumption In Belgium: Qualitative Exploratory Insights From Means-End Chain Analysis. Anthropology of food (Online) DOI: https://doi.org/10.4000/aof.90. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2011). Research Methods in Education. Routlege: New York. https://www.researchgate.net/profile/Keith_Morrison3/publication/44824604_Research_Methods_in_Education/links/5406e3900cf2bba34c1e6fe8/Research-Methods-in-Education.pdf. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Cornwell, Bettina, Charles Chi Cui, Vince Mitchell, Bodo Schlegelmilch, Anis Dzulkiflee, Joseph Chan (2005). A Cross-Cultural Study Of The Role Of Religion In Consumers' Ethical Positions. International Marketing Review. Vol. 22 Issue: 5 Hal. 531-546. DOI: https://doi.org/10.1108/02651330510624372. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Delener, Nejdet (1994). Religious Contrasts in Consumer Decision Behaviour Patterns: Their Dimensions and Marketing Implications. European Journal of Marketing.Vol. 28 Issue: 5 Hal. 36-53. DOI: https://doi.org/10.1108/03090569410062023. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Delener, Nejdet (1994). Religious Contrasts in Consumer Decision Behaviour Patterns:Their Dimensions and Marketing Implications. European Journal of Marketing. Vol. 28 Issue: 5. Hal. 36-53. DOI: https://doi.org/10.1108/03090569410062023. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Delener, Nejdet. (1994). Religious Contrasts in Consumer Decision Behaviour Patterns: Their Dimensions and Marketing Implications. European Journal of Marketing. Vol. 28 Issue: 5 Hal. 36-53. DOI: https://doi.org/10.1108/03090569410062023. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020.

DOI: http://dx.doi.org/10.20473/jebis.v4i2.10501. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

Essoo, Nittin and Dibb, Sally. (2004). Religious Influences On Shopping Behaviour: An Exploratory Study. Journal of Marketing Management, 20 (7-8). Hal. 683-712. DOI: https://doi.org/10.1362/0267257041838728. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Farhan, Ahmad. (2018). Pelaksanaan Sertifikasi Halal Lppom Mui Terhadap Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi LPPOM MUI Provinsi Bengkulu), Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vo. 3(1). DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v3i1.2340.g1949. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. (2010). Basic Econometrics, New York: Mc Graw Hill Inc. http://repository.fue.edu.eg/xmlui/bitstream/handle/123456789/2665/4979.pdf?sequence=1&isAllowed=y. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, cet. ke-2, Jakarta: Bumi Aksara

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191017124156-20-440322/sertifikasi-halal-di-tangan-kemenag-mui-masih-berperan-besar. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

https://www.halalmui.org/mui14/. Diakses pada tanggal 1 Mei 2020

https://www.researchgate.net/profile/Siti_Rahayu_Hussin/publication/276160302_Relationship_between_Product_Factors_Advertising_and_Purchase_Intention_of_Halal_Cosmetic/links/55ecee7608ae3e121847f72e.pdf. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

https://www.tribunnews.com/kesehatan/2018/11/23/daftar-115-obat-herbal-dan-suplemen-yang-ditarik-bpom-karena-mengandung-bahan-kimia. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

Hussin, S. R., Hashim, H., Yusof, R. N., & Alias, N. N. (2013). Relationship between Product Factors, Advertising, and Purchase Intention of Halal Cosmetic. Pertanika Journals Social Scientis and Humanities , 85-100. https://www.researchgate.net/profile/Siti_Rahayu_Hussin/publication/276160302_Relationship_between_Product_Factors_Advertising_and_Purchase_Intention_of_Halal_Cosmetic/links/55ecee7608ae3e121847f72e.pdf. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Indah, Meilia Nur. (2010). Statistik Deskriptif Dan Induktif, cet. ke-1, Yogyakarta: Graha Ilmu

Jusmaliani & Hanny Nasution. (2008). Religiosity Aspect in Consumer Behaviour: Determinants of Halal Meat Consumption Centre for Economic and Development Studies, Indonesian Institute of Sciences Department of Marketing, Monash University Jurnal NCMR DOI: https://doi.org/10.21002/amj.v1i1.1977. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

_______, (2009). Religiosity Aspect in Consumer Behaviour: Determinants of Halal Meat Consumption, Asean Marketing Journal. June 2009, Vol I-No.1. DOI: https://doi.org/10.21002/amj.v1i1.1977. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lada, S., Tanakinjal, H. G., dan Amin, H. (2009) . Predicting Intention To Choose Halal Products Using Theory Of Reasoned Action. International Journal Islamic and Middle Eastern Finance and Management 2 (1). DOI: https://doi.org/10.1108/17538390910946276. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Mandasari, Yasmirah. (2019). Sanksi Pidana Terhadap Kandungan Non Halal Terhadap Produk Makanan Bersertifikat Halal Yang Dilakukan Korporasi. Soumatera Law Review (http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/soumlaw) Vol. 2 (2). DOI: http://doi.org/10.22216/soumlaw.v2i2.4339. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Pettinger, C., Holdsworth, M., Gerber, M., (2004). Psycho-Social Influences On Food Choice In Southern France And Central England. Appetite, Vol. 42 (3), 307-316. DOI: https://doi.org/10.1016/j.appet.2004.01.004. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. (2008). Ekonomi Islam. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Qardhawi, Yusuf. Al-halal wa al-haram fi al-Islami. (1994). Al-Maktab al-Islami.

Rahman, A. A., Asrarhaghighi, E., & Rahman, S. A. (2015). Consumers and Halal Cosmetic Products: Knowledge, Religiosity, Attitude and Intention. Journal of Islamic Marketing, Vol. 6, 148-163 DOI: https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2013-0068. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Rambe, Y. M., & Afifuddin, S. (2012). Pengaruh Pencantuman Label Halal pada Kemasan Mie Instan terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Al-Washliyah, Medan).. Jurnal ekonomi dan Keuangan, 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi.v3i2.175. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

Reitsma, Jan, dkk. (2006). Dimension of Individual Religiosity and Charity: Cross National Effect Differences in European Countries. On Review of Religious Research. Vo. 47 (4). PP: 347-362. https://www.jstor.org/stable/20058103. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020

Shafie S, Othman N Md, (2006). Halal Certification: An International Marketing Issues And Challenges. http://www.ctw-congress.de/ifsam/download/track_13/pap00226. pdf. Diakses pada 2 Mei 2020.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suki, N. M. (2014). Does Celebrity Credibility Influence Muslim and Non-Muslim Consumers’ Attitudes Toward Brands and Purchase Intention? Journal of Islamic Marketing, Vol. 5 Issue: 2, 227-240. DOI: https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2017-0014. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

Taylor, Eric dan Ann McMillan. (2013). Air Quality Management: Canadian Perspectives on a Global Issue. Springer Dordrecht Heidelberg New York London. DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-007-7557-2. Diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

Wahyu Widyaningrum, Premi. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. Vol. 6 (2). Hal. 83-98. DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(2).%25p. Diakses pada tanggal 3 Mei 2020

Yuswohadi, Madyani, D., Herdiansyah, I. A., & Alim, I. (2014). Marketing to the Middle Class Muslim. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.