Pengaruh Daya Tarik Perusahaan, Reputasi Perusahaan, dan Rekrutmen Online Terhadap Minat Melamar Kerja Generasi Y dan Z Muslim Pengguna Platform Tik-Tok Pada PT Kelas Digital

Authors

  • Muhammad Ali Ridwan Junaedi Fakultas Ekonomi, Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto, Indonesia
  • Dwi Dewianawati Fakultas Ekonomi, Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto, Indonesia
  • Ratna Agustina Fakultas Ekonomi, Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12781

Abstract

This research aims to determine the influence of company attractiveness, reputation and online recruitment on interest in applying for work using the Tik-Tok application. The population used is GENERATION Y AND Z Muslims aged between 15 and 41 years who use the Tik-Tok application. From the results of these calculations, a sample of 96 people were obtained as respondents. The research was carried out using multiple linear regression analysis tests. Based on the test results, it can be concluded: Company attractiveness has a positive influence on interest in applying for work, company reputation has a positive influence on interest in applying for work, online recruitment has a positive influence on interest in applying for work.

References

Citta, A. B., Brasit, N., Hamid, N., & Yusuf, R. M. (2020). Penerapan Employer Branding Dalam Suatu Perusahaan: Studi Beberapa Literature. Jurnal Mirai Management, 5(1), 115–125.

Ekhsan, M., & Fitri, N. (2021). Pengaruh employer branding terhadap Minat Melamar Kerja dengan reputasi perusahaan sebagai variabel mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 1(2), 97–107.

Erlinda, F., & Safitri, R. (2020). The relationship between employer branding, corporate reputation, and recruitment web on intention to apply1. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(8), 1572–1583.

Fridantara, A. S. (2018). Pengaruh Daya Tarik Perusahaan dan E-recruitment terhadap Keinginan Melamar Pekerjaan pada Calon Karyawan Generasi Y: Peran Reputasi Perusahaan sebagai Variabel Mediasi. Universitas Islam Indonesia.

Handi, H., & Safitri, W. (2023). Pengaruh Reputasi Perusahaan, E-Recruitment, Dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Kerja Di Kabupaten Bekasi. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 210–218.

Purborini, P. S., & Basid, R. A. (2022). Pengaruh Employer Branding terhadap Intensi Melamar Pekerjaan di Perusahaan BUMN dengan Reputasi Perusahaan sebagai Pemediasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 103–114.

Rahmawati, R., MM, S. E., Ratnasari, S. D., & MM, S. E. (2021). Pengaruh online recruitment dan persepsi pencari kerja terhadap niat melamar pekerjaan (studi pada mahasiswa semester akhir di kota malang. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(2), 266–277.

Shalahuddin, S., Sari, M. F., & Hidayat, N. (2022). Peran Kompensasi dan E-Recruitment: Analisis Minat Melamar Kerja Pada Calon Karyawan/Pegawai Generasi Millenial. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 66–80.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wirohikmawan, R., & Kustini, K. (2023). Pengaruh Daya Tarik dan Reputasi Perusahaan terhadap Minat Melamar Kerja Mahasiswa Manajemen FEB UPN “Veteran†Jawa Timur. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 457–462.

Downloads

Published

22-03-2024

How to Cite

Junaedi, M. A. R., Dewianawati, D., & Agustina, R. (2024). Pengaruh Daya Tarik Perusahaan, Reputasi Perusahaan, dan Rekrutmen Online Terhadap Minat Melamar Kerja Generasi Y dan Z Muslim Pengguna Platform Tik-Tok Pada PT Kelas Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 978–981. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12781

Citation Check