Fenomena dan Perilaku Belanja Online Melalui Tiktok Shop pada Generasi Z Perspektif Konsumsi Islam
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13383Keywords:
Phenomenon, Online Shopping through, Tiktok Shop, Generation Z, Islamic ConsumptionAbstract
References
Dewi, Intan Rakhamayanti. (2022, June 9). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022?. 2022. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306- 37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022.
Mahdi, Ivan. (2022, February 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.
Prabowo, Gama. (2022, May 2). 5 Aplikasi Mobile Paling Laris di Q1 2022, Didominasi Sosial Media!. 2022. https://nextren.grid.id/penulis/9074/gama-prabowo.
Annur, Cindy Mutia. (2023, April 12). Indonesia Sabet Posisi Kedua Sebagai Negara Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia pada Awal 2023.
Turner, A. “Generation Z: Technology and social interestâ€. THE JOURNAL OF INDIVIDUAL PSYCHOLOGY, Vol. 71 No. 2 (2015), 103–113.
Noordiono, A. (2016). Karakter Generasi Z Dan Proses Pembelajaran Pada Program Studi Akuntansi [Doctoral Dissertation]. Universitas Airlangga.
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. “Generasi Z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya Jawaâ€. JURNAL KOMUNIKASI DAN KAJIAN MEDIA, Vol. 4 No. 2(2020), 84–105.
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. JURNAL KOMUNIKASI, Vol. 14 No.2 (2020), 135–148.
Coleman, James S. (2011). Dasar-Dasar Teori Social Cet IV. Bandung: Nusa Media.
Featherstone, Mike. (2005). Posmodernisme dan Budaya Belajar. Terjemahan. Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Aprilia, Dewi dan Hartoyo Hartoyo. “Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampungâ€. Jurnal Sosiologi. Vol. 15 No. 1 (2014), 72-86.
Lina dkk. (2008). Perilaku Konsumtif Berdasar Locus of Control Pada Remaja Putri. Jakarta: Grafindo.
Astuti, Endang Dwi. “Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarindaâ€, E-JURNAL PSIKOLOGI. Vol. 1. No.2(2013), 148-156.
Rahmawati, Lilik dan Ratih Ningcahya, lin. “Pengaruh Keputusan Pembelian Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)â€, AL-IQTISHADIYAH, Vol. 6. No. 1. (2020), 53-63.
Al-Haritsi, J. bin A. (2006). Fikih Ekonomi Umar bin Al-Khathab. Pustaka Al-Kautsar.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif Oleh Tjutju Soendari. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka 17.
Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol. 2. No. 1, Hal. 456–469.
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. In Antropologi Indonesia (Vol. 0, Issue 52).
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 2No. 1, Hal. 15.
Simamora, A. A. N., & Fatira AK., M. “Kemudahan Aplikasi dan Keragaman Produk dalam Membentuk Keputusan Pembelian Generasi Milenial Berbelanja secara Onlineâ€. JURNAL MANEKSI & AKUNTANSI DAN POLITEKNIK NEGERI MEDAN, Vol. 8 No. 2(2019), Hal. 213–222.
Saputra, G. G. Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z The influence of content marketing and e-wom on tiktok social media toward generation z purchasing decisions. Vol. 17. No. 3. (2021), Hal. 505–512.
Samuri, V. I. F., Soegoto, A. S., Woran, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. “Studi Deskriptif Motivasi Belanja Hedonis Pada Konsumen Toko Online Shopeeâ€. JURNAL EMBA: JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, Vol. 6. No. 4(2018), Hal. 2238–2247.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Babin, B. J., Darden, W. R., & Griffin, M. “Work and/or fun: measuring hedonic and utilitarian shopping valueâ€. JOURNAL OF CONSUMER RESEARCH, Vol. 20. No. 4(1994), Hal. 644–656.
Pujiyono, A. “Teori Konsumsi Islamiâ€. JURNAL DINAMIKA PEMBANGUNAN, Vol. 3. No. 2(2006), Hal. 196–207.
Sukma, M. N., & Canggih, C. “Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islamâ€. JURNAL ILMIAH EKONOMI ISLAM, Vol. 7. No. 1(2021), Hal. 209.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.