Economic Diversification Through the Halal Industry

Diversifikasi Ekonomi Melalui Industri Halal

Authors

  • Afid Syafiri UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Keywords:

Kata kunci: Industri halal, diversifikasi produk, pembiayaan syariah, Indonesia, strategi bisnis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan industri halal di Indonesia serta peran diversifikasi dalam memperkuat sektor ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi peluang yang dimiliki Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, dalam mengembangkan industri halal, khususnya di sektor makanan, minuman, pariwisata, dan fesyen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan industri halal, tetapi menghadapi tantangan seperti ketergantungan pada impor dan rendahnya produksi dalam negeri. Diversifikasi produk terbukti efektif dalam meningkatkan daya saing dan profitabilitas industri halal dengan mengurangi risiko dan berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, instrumen pembiayaan syariah seperti sukuk dan equity crowdfunding berperan penting dalam mendukung pengembangan industri ini. Sinergi antara kebijakan pemerintah, strategi diversifikasi produk, dan pembiayaan syariah diperlukan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dalam industri halal Indonesia.

 

Kata kunci: Industri halal, diversifikasi produk, pembiayaan syariah, Indonesia, strategi bisnis.

References

Astuti, M. (2020). Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle). Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, Vol. 1 No. 1, Hal. 14-20.

Aggarwal, Priyanka. 2018. Sustainability Reporting and Its Impact on Corporate Financial Performance: A Literature Review. Indian Journal of Commerce & Management Studies, Volume 4 No. 3. Hal. 51-57.

Akbar, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Industri Perhotelan di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, Vol. 5 No.1, Hal. 1–7.

Aziz, M., Rofiq, A., & Ghofur, A. (2019). Regulasi Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal di Indonesia Perspektif Statute Approach. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 4 No. 1, Hal. 151- 170.

Atmadi, G., & Widati, S. R. W. (2015). Strategi pemilihan media komunikasi LPPOM MUI dalam sosialisasi & promosi produk halal di Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, Vol. 2 No. 2, Hal. 87-97.

Charity, M. L. (2017). Jaminan produk halal di Indonesia (Halal products guarantee in Indonesia). Jurnal Legislasi Indonesia, Vol. 14 No. 01, Hal. 99-108.

Djamba. Y. & W. Neuman. (2014). Reviewed Work: Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Jurnal Teaching Sociology. Vol. 30. No. 3. Hal. 380-381.

Fathoni, M. A. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6 No. 3, Hal. 428-435.

Faried, A. I. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, Vol. 4 No. 2, Hal. 9–19.

Ismail, R. M., Othman, S. N., Yaacob, N. A., Nifa, F. A. A., & Romle, A. R. (2016). The development of halalan toyibban product innovation framework for diabetic bar. Research Journal of Applied Sciences, Vol. 11 No. 11. Hal 1350–1353.

Jaelani, Aan. 2017. Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. Econjournals Vol. 7 No. 3.

Hong, M., Sun, S., Beg, A. B. M. R., & Zhou, Z. (2019). Determinants of halal purchasing behaviour: evidences from China. Journal of Islamic Marketing, Vol. 10. No. 2, Hal 410–425.

Neuman, W. L., & Djamba, Y.K. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. 7th ed. USA: Pearson.

Nusran, Muhammad, Gunawan, Mashur Razak, Sudirman Numba & Ismail Suardi Wekke. 2018. Halal Awareness on the Socialization of Halal Certification. Jurnal Earth and Environmental Science. Vol. 1 No. 1.

Permana, A.Yudi, Puji Romadlon. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode SDLC Pada Pt. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile.” SIGMA – Jurnal Teknologi Pelita Bangsa. Vol. 10 No. 2.

Subarkah, Alwafi Ridho Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Vol. 4 No. 2 (2018) jurnal sospol

Published

02-11-2025

How to Cite

Afid Syafiri. (2025). Economic Diversification Through the Halal Industry: Diversifikasi Ekonomi Melalui Industri Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(05). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/18237

Citation Check

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.