Manajemen Pemasaran Perspektif Maqashid Syariah
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51Abstract
Untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan dan berkembangnya perusahaan maka suatu perusahaan membutuhkan manajemen pemasaran yang baik dan propesional. Dengan manajemen perusahaan yang baik ini diharapkan perusahaan mempunyai daya saing yang tinggi dan laba perusahaan akan selalu meningkat dan devidenpun meningkat.
Pengertian manajemen sendiri adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan, sedangkan pengertian pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
Dalam ekonomi islam ada beberapa hal yang menjadi tujuan utama (maqasid syariah), tujuan utama ini harus dapat dipenuhi oleh semua perusahaan. hal ini menjadi penting karena di jadikan sebagai parameter atau ukuran bagaimana sebuah perusahaan itu bisa dikatakan syariah atau tidak.
Keywords : Manajemen Pemasaran dan Maqasid Syariah
References
Asafri Jaya, (1996). Konsep Maqashid al-Syari'ah Menurut al-Syathibi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Habib Nazir dan Muhammad Hasanuddin, (2008). Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syariah, Kafa Publishing, Bandung.
Heri Sudarsono, (2007). Bank dan Lembaga Keunagan Syariah, Deskripsi Dan Ilustrasi, edisi 2, Ekonisia, Yogyakarta.
Muhammad, (2004). Etika Bisnis Islam, Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.
Philip Kotler, (1995). Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian, Alih Bahasa: ancella anitawati hermawan salemba empat, jakarta.
Philip Kotler, (2005). Manajemen Pemasaran, edisi 11, alih bahasa Benyamin Molan, PT Intan Sejati Klaten, Jakarta.
Rambat Lupiyoadi, (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Rahman Ritonga dkk, (2001). Ensiklopedi Hukum Islam, PT Intermasa, Jakarta.
Wahbah al-Zuhaili, (1986). Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Beirut.
William J. Stanton, (1991). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun, Erlangga, Jakarta.
http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html.
http://salmanitb.com/2010/02/prinsip-prinsip-dasar-ekonomi-syariah/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.