Manajemen Pemasaran Perspektif Maqashid Syariah

Authors

  • Yayan Fauzi STEBI Al Muhsin Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51

Abstract

Untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan dan berkembangnya perusahaan maka suatu perusahaan membutuhkan manajemen pemasaran yang baik dan propesional. Dengan manajemen perusahaan yang baik ini diharapkan perusahaan mempunyai daya saing yang tinggi dan laba perusahaan akan selalu meningkat dan devidenpun meningkat.

Pengertian manajemen sendiri adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan, sedangkan pengertian pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dalam ekonomi islam ada beberapa hal yang menjadi tujuan utama (maqasid syariah), tujuan utama ini harus dapat dipenuhi oleh semua perusahaan. hal ini menjadi penting karena di jadikan sebagai parameter atau ukuran bagaimana sebuah perusahaan itu bisa dikatakan syariah atau tidak.

Keywords : Manajemen Pemasaran dan Maqasid Syariah

References

Asafri Jaya, (1996). Konsep Maqashid al-Syari'ah Menurut al-Syathibi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Habib Nazir dan Muhammad Hasanuddin, (2008). Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syariah, Kafa Publishing, Bandung.

Heri Sudarsono, (2007). Bank dan Lembaga Keunagan Syariah, Deskripsi Dan Ilustrasi, edisi 2, Ekonisia, Yogyakarta.

Muhammad, (2004). Etika Bisnis Islam, Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Philip Kotler, (1995). Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian, Alih Bahasa: ancella anitawati hermawan salemba empat, jakarta.

Philip Kotler, (2005). Manajemen Pemasaran, edisi 11, alih bahasa Benyamin Molan, PT Intan Sejati Klaten, Jakarta.

Rambat Lupiyoadi, (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Rahman Ritonga dkk, (2001). Ensiklopedi Hukum Islam, PT Intermasa, Jakarta.

Wahbah al-Zuhaili, (1986). Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Beirut.

William J. Stanton, (1991). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun, Erlangga, Jakarta.

http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html.

http://salmanitb.com/2010/02/prinsip-prinsip-dasar-ekonomi-syariah/

Downloads

Published

30-11-2015

How to Cite

Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(03). https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51

Citation Check