Pengaruh Pelayanan, Produk Pembiayaan, dan Persepsi Nasabah Terhadap Minat Produk Pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Samara

Authors

  • Umi Hani’in Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia
  • Harun Santosa Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6654

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan, produk pembiayaan, dan persepsi nasabah terhadap minat produk pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Samara. Penelitian yang akan dilakukan ini dengan menggunakan jenis penelitian explanatory, peneliti melakukan survey dan terjun ke tempat penelitian dengan memberikan kuesioner kepada nasabah pembiayaan KSPPS BMT Samara secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana metode ini digunakan untuk menguji hipotesis. Populasi penelitian ini adalah nasabah pembiayaan KSPPS BMT Samara yang berjumlah 1.214 per 31 Desember 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang nasabah pembiayaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis regresi berganda, Uji t, Uji F, dan Uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara pelayanan secara parsial terhadap minat nasabah dalam produk pembiayaan. Tidak adanya pengaruh antara produk pembiayaan secara parsial terhadap minat nasabah dalam produk pembiayaan. Adanya pengaruh antara persepsi nasabah secara parsial terhadap minat nasabah dalam produk pembiayaan. Adanya pengaruh secara simultan dan bersama-sama dari pelayanan, produk pembiayaan dan persepsi nasabah terhadap minat nasabah dalam produk pembiayaan serta besar pengaruh secara simultan dan bersama-sama dari pelayanan dan persepsi terhadap minat produk pembiayaan sebesar 42,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang belum ditentukan.

References

Al-Hawari, M. A. (2015). How the personality of retail bank customers interferes with the relationship between service quality and loyalty. International Journal of Bank Marketing.

Arli, D., Tjiptono, F., & Porto, R. (2015). The impact of moral equity, relativism and attitude on individuals’ digital piracy behaviour in a developing country. Marketing Intelligence & Planning.

Astuti, T., & Mustikawati, R. I. (2013). Pengaruh persepsi nasabah tentang tingkat suku bunga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(1), 182-198.

Damayanti, N. F., & Herianingrum, S. (2014). Pengaruh Pembiayaan Dana Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Teladan Terhadap Kinerja Usaha Mikro di Pasar Semolowaru Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(3), 194-204.

Dauda, S. Y., & Lee, J. (2016). Quality of service and customer satisfaction: a conjoint analysis for the Nigerian bank customers. International Journal of Bank Marketing.

Hati, S. R. H., Gayatri, G., & Indraswari, K. D. (2020). Migration (Hijra) to Islamic bank based on push–pull–mooring theory: a services marketing mix perspective. Journal of Islamic Marketing.

Sumadi, Feri Efendi T, Agustini T, Aslama S. Pengaruh Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan (Studi Kasus di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam [Internet]. 2021;7(03):1774–84. Available from: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Sumadi S, Tho’in M, Efendi TF, Permatasari D. Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 2021 Jul 5;7(2).

Hosen, M. N., & Sa'roni, L. S. (2012). Determinant factors of the successful of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 1(4), 36.

Husen Sobana, H. D. (2018). Manajemen Keuangan Syariah.

Iffah, L. (2018). Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79-96.

Kerr, W. R., & Nanda, R. (2015). Financing innovation. Annual Review of Financial Economics, 7, 445-462.

Kinicki, A., & Kreitner, R. (2012). Organizational behavior: Key concepts, skills & best practices (Vol. 1221). New York, NY: McGraw-Hill Irwin.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management (p. 352). Boston, MA: Pearson.

Lu, V. N., Wirtz, J., Kunz, W. H., Paluch, S., Gruber, T., Martins, A., & Patterson, P. G. (2020). Service robots, customers and service employees: what can we learn from the academic literature and where are the gaps?. Journal of Service Theory and Practice.

Melina, F. (2020). Pembiayaan Murabahah di Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 3(2), 269-280.

Mukerjee, K. (2018). The impact of brand experience, service quality and perceived value on word of mouth of retail bank customers: Investigating the mediating effect of loyalty. Journal of Financial Services Marketing, 23(1), 12-24.

Prastiawati, F., & Darma, E. S. (2016). Peran Pembiayaan Baitul Maal Wat Tamwil Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Anggotanya dari Sektor Mikro Pedagang Pasar Tradisional. Journal of Accounting and Investment, 17(2), 197-208.

Prsetyo, B., & Jannah, L. M. (2019). Metode penelitian kuantitatif.

Ridwan, A. H., & Saebani, B. A. (2013). Manajemen Baitul Mal Watamwil.

Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). Sikap, motivasi, dan minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 21-30.

Siregar, P. A., Supitriyani, S., Parinduri, L., Astuti, A., Azwar, K., Simarmata, H. M. P., ... & Arfandi, S. N. (2021). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.dst.

Downloads

Published

05-11-2022

How to Cite

Hani’in, U., & Santosa, H. (2022). Pengaruh Pelayanan, Produk Pembiayaan, dan Persepsi Nasabah Terhadap Minat Produk Pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Samara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3676–3680. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6654

Citation Check