Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan,dan Brand Image Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7756Abstract
Bank syariah berupaya memberikan kemudahan bagi nasabahnya melalui layanan berbasis teknologi digital, namun pangsa pasar bank syariah lebih rendah dibandingkan bank konvensional. Hal ini mungkin diakibatkan oleh rendahnya tingkat pemahaman keuangan syariah, inklusi keuangan syariah dan brand image bank syariah.
Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis apakah literasi keuangan, inklusi keuangan dan brand image berpengaruh terhadap penggunaan layanan digital oleh bank syariah atau tidak. Sampel penelitian kali ini yaitu 96 partisipan dengan menggunakan purposive sampling, disebarkan secara online melalui kuesioner. Metode analisisnya yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Statistics 15.
Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa variabel literasi keuangan, inklusi keuangan, dan brand image terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap penggunaan layanan digital perbankan syariah. Secara parsial, literasi keuangan dan inklusi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan, akan tetapi brand image terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap penggunaan layanan digital perbankan syariah. Ketiga variabel memiliki tingkat efek yg relatif kuat ditunjukan menggunakan nilai koefisien determinasi sebesar 60%.
Downloads
Published
16-03-2023
How to Cite
Fatmawati, E. F. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan,dan Brand Image Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1023–1033. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7756
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.