Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Sertifikasi Halal dalam Upaya Pemenuhan Kepuasan Konsumen
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahmad, K. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Depok : Rajawali pers.
Ahmad, M., & Yodo, S. (2015). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Rajagrofindo Persada.
Abuzar. A., & Sutomo, S. (2014). Pengantar Statistik 2. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Adiwarman A.K. (2012). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Adiwarman A.K. (2017). Ekonomi Mikro Islam Edisi 3. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Andri, S. (2019). Hukum Ekonomi Syariah dan Fiqh Muamalah. Jakarta Timur: Prenada Media Group.
A. Khumedi J. (2018). Hukum Perdata Islam di Indonesia Aspek Hukum Keluarga dan Bisnis. Surabaya: Gemilang.
Aulia, M. (2018). Hukum Perlindungan Konsumen Dimensi Hukum Positif dan Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Anton, S., Endang, S., & Umie L. (2018). Higienitas Sanitasi Pengolahan Air Minum Isi Ulang Rumahan di Kabupaten Lampung Timur dan Kota Metro. Jurnal Perekonomian Penelitian dan Pengembangan, Vol.3, No.7.
Abdul Azis Dahlan, Ensiklopedia Hukum Islam Cet.1. Jakarta : Ikhtiar Baru Van hoeve, 1996
Ahda Segati, “Pengaruh Persepsi Sertifikasi Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (2018).Vol.3, No.2, Tahun 2018
Anwar M.K, Fahrullah, A Ridwan, A.A, “The Problem Of Halal Cerification For Food Industry in Indonesia”, International Jurnal of Civil Engineering and Technology (IJCIET). (2018)
Arum Wahyuni Purbohastuti, Asmi Ayuning Hidayah “Meningkatkan Minat Beli Celebrity Endorses”, Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 04, No.01, Juni 2020 P-ISSN 2580-4928
Buchari Alma, I Managemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : : Alfabeta, 2016
Baziety Aditya Darmawan, “Evaluasi Pengendalian Kualitas Air Minum Pada Depot Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Yogyakarta” Journal Hasanah (2011). Vol.IV, No.1
Bayu Rochmanto, Ibnu Widiyanto “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Normareligus Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal, Studi Kasus di Kota Semarang,” Diponegoro Jurnal Of Manajemen (2015).Vol.4, No.1, Tahun 2015
Celina Tri Siwi Kristiyanti, Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika, 2018
Dedi Mulyana, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2018
Dano Apriansya, “Pengaruh sertifikasi Halal, harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu” Jurnal Skripsi Manajemen (2012) http://repo.umb.ac.idtahun2012
Debbi Nukeriana, ”Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan di Kota Bengkulu” Jurnal Qiyas (2018). Vol.3, No.1, Tahun 2018
Endang Tjiroresmi, Diah Setiari Suhodo, Peluang Usaha Dipasar Global. Jakarta:Lipipress, 2014
Etta Mamang Sangadji, Sopiah, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Andi Offset, 2013
Eka Diyah Setyaningsih, Sofyan Marwansyah, “The Effect Of Halal Certification and Halal Awareness Through Interest in Decisions on Buying Halal Food Product”, Journal of Islamic Economics, Finance and Banking (2019) E-ISSN-2598-0955 Vol.3, No.1, Tahun 2019
Fandy Tjitono, Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset, 2015
Fandy Tjiptono, Pemasaran Esensi & aplikasi. Yogyakarta : Andi Offset, 2016
Faradiba, Sri Rahayu Tri Astuti, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen, Studi Pada Warung Makan Bebek Gendut semarang”, Diponegoro Journal of Manajement (2013) Vol.2, No.3, ISSN 2337-3992. Tahun 2013
Fandy Tjiptono, Gregorius Candra, Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset, 2012
Faradella Harum Prsetyo, Moch. Khoirul Anwar, “Pengaruh Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan AMDK Pada Masyarakat Muslim Kabupaten Tulung Agung,”Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (2021). E-ISSN-2686-62ox, Vol.4, No.01, Tahun 2021
Fandy Tjiptono, Brand Manajement & Strategy. Yogyakarta : Andi Offset, 2005
Fandy Tjiptono, Manajement & Strategy Merek. Yogyakarta : Andi Offset, 2011
Farid Wadji, Jaminan Produk Halal di Indonesia, Urgensi Sertifikasi dan Legalitas Halal. Depok : Rajawali pers, 2019
Fadhlan Mudhafier, A.F Wibisono, Makanan Halal Kebutuhan Umat dan Kepentingan Pengusaha. Jakarta : Zakia Press, 2005
Hendi Suhendi, Fiqh Muamalah. Jakarta :Rajawali pers, 2013
Hendy Mustiko Aji, Manajemen Pemasaran Syariah, Teori dan Praktek. Yogyakarta : UPP STIM YKPM, 2019
Hasan Aedy, Etika Bisnis Islam Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta, 2011
Hayyunn Durrotul Faridah, “Sertifikasi Halal di Indonesia, Sejarah, Perkembangan, dan Implementasinya”,Journal of Halal and Research (2019). Vol.2, No.2, Tahun 2019
Haslinda Hasan, “Studi on Awareness and Perception Toward Halal Foods Among Muslim Students in Kota Kinabalu , Sabah”, Proceedings of the Australia-Midle East Conference on Business and Social Sciences (Dubai, 2016)
Heri Afandi, Muhammad Zaki, Azmeri, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtomonfase Kabupaten Aceh Utara”, Journal (Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala (2017). Vol. 6, No. 3, Tahun 2017
Iwan Triwuyono, Akuntansi Syariah Perspektif, Metodologi dan Teori, Edisi 2. Jakarta : Rajagrafindo, 2012
Imam Gunawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Imam Masykoer Alie, Buku Pedoman Strategi Kampanye Sosial Produk Halal. Jakarta : Ditjen Bimas dan Penyelenggaraan Haji Depag RI, 2003
Imam Mundziri, Ringkasan Hadis Shoheh Muslim. Jakarta : Pustaka Amani, 2003
Ismail Nawawi, Fikih Muamalah Klasik dan Kontenporer. Bogor : Ghalia, 2012
Ismail Solihin, Pengantar Bisnis. Jakarta : Erlangga, 2014
John L. Esposito, Ensiklopedia Oxford Dunia Modern Islam. Bandung ; Mizan, 2002
Joko Purwanto, Komunikasi Bisnis Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga, 2019
Juniwati, “Kesadaran Halal dan Religius Individu Dalam Keputusan Pembelian Makanan”, Jurnal Of Halal Product and Research (2019). Vol.2, No.1, Tahun 2019
Juhaya S.Pradja, Ekonomi Syariah. Bandung: Pustaka Setia, 2012
Julianti Lu Ni, “Pengaruh Suasana Toko Store Atmosphere Terhadap Minat Beli konsumen Pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Paadina”, Jurnal Pendidikan Ekonomi (2014).Vol.4, No.01, Tahun 2021
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 3 Juz 7-9.I Jakarta: Sinergi Pustaka
K. Bertens, Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius, 2013
Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 1 Juz 1-3. Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia.
Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 2 Juz 4-6. Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. (2011). Badan Pembinaan Hukum Nasional Jakarta, Tim Pengkajian Tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Pemberian Informasi Produk Halal. Jakarta.
Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 5 Juz 13-15. Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia.
Kholis Amalia Novianti, Siti Nurindah Rofiqoh, “Kesadaran dan Logo Halal Apkah Menentukan Minat Beli, Studi Pada Praktisi Bisnis UMKM di Gresik”. Journal of Halal Research, Vol.2, No.1, Tahun 2019 H.17.E-ISSN-2654-9778;P-ISSN: 2654-9409
Lexy J. M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Moh. N. (2017). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia.
M.B. Miles & Huberman. (1984). Quality Data Analisis. Beverly Hills California: Sage Publication Inc.
Maris W. A. (2021). Pemahaman Konsep Halal dan Halal Awareness Dalam Perilaku Konsumen Muslim Breadtalk di Surabaya.
Manuel G. Velasques, Etika Bisnis Konsep dan Kasus Edisi 5. Yogyakarta : Andi Offset, 2005
Mahmud Machfoedz, Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Andi Offset, 2007
Maryani et al., “Sertifikasi Halal Produk Air Minum Dalam Kemasan Menurut Undang-undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal”, Disertai Ilmu Syariah (2020), http://repository.uinjambi.ac.id Tahun 2020
Nailul Huda, Hamim HR, Habibi, Tausyeh Syarah Fath Al-Qorib Jilid 2. Kediri, Santro Salaf Press, 2021
Nur Chamid, Jejak Langkah sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta : Pustaka pelajar, 2017
Najmudin, Manajemen Keuangan dan Aktualisasi Syar’iyyah Modern. Yogyakarta : Andi Offset, 2011
Nurahmi Hayati, “Pengaruh Sertifikasi Halal dan Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan oleh Ibu Rumah Tangga Muslim di Pekan Baru”, Jurnal Al-Amwal (2019), Vol.8, No.01, Tahun 2019
Nailul Huda, Hamim HR, Habibi, Tausyeh Syarah Fath Al-Qorib Jilid 1. Kediri : Santri Salaf Press, 2021
Nur Hendra Fatma, Mukhamad Najib, Muhammad Yazid, “Pengaruh Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syari’ah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen, Studi Kasus Produk Sampo Sari Ayu Hizab PT. Martina Berto Tbk. Martha Tilaar”, Journal Ilmiah Ekonomi Islam (2019), ISSN:2447-6157:E-ISSN 2576-6534, Tahun 2019
Nor Laila, Irvan Tarmizi, “Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan di Food Courd UMJ”. Journal Prosiding Konference Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 10-11 Desember 2020 Journal homepage : https://jurnal.umj.ac.id/index.php/knema ISSN : 2776-1117 (Media Online)
Nurul Lisani, “Analisis Pengaruh Labelisai Halal Produk – produk Konsumsi Terhadap Preferensi Konsumsi Pada Mahasiswa Muslim FEB USU”, Skripsi Universitas Sumatera Utara (2018). Tahun 2018
Paulus Kurniawan, Made Kembar Sri Budi, “Pengantar Ekonomi Mikro&Makro. Yogyakarta: Andi Offset, 2015
Pasca Sarjana UIN Raden Intan Lampung, Buku Pedoman Penulisan tesis dan Disertasi. Lampung : 2019
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerjasama dengan Bank Indonesia, Ekonomi Islam. Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2015, Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil. https://sehati.halal.go.id 14 September 2021
Philip kolter, Kevin Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I. Jakarta : Erlangga, 2019
Premi Wahyu Widyaningrum. “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan dan Selebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pembelian Kosmetik Melalui Variabel Persepsi, Sebagai Mediasi, Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo,”, Capital Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vil.2, No.2, Maret 2019
Philip Kolter, Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2.Jakarta : Erlangga, 2009
Robert J. Kodoatie, Roestam Sjarif, Tata Ruang Air. Yogyakarta : Andi Offset, 2010
Rozalinda, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta : Rajawali Grafindo Persada, 2016
Rosmawati, Pokok-pokok Perlindungan Konsumen. Depok : Prenada Media Group, 2018
Rully Indrawan, R.Poppy Yaniawati, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung : Refika Aditama, 2017
Rio Agung Satria, Anak Fajar Sidik, Mohammad Didit Saleh, “Pengantar Data” Tahun 2019 https://wageindikator-dataakademi.org
Rifa Yendi Fauzir, “Pelaksanaan Peraturan Pengisian Ulang Air Minum Dalam Kemasan di Kota”, Journal jom Fakultas Hukum (2015). Vol.11, No.1, Tahun 2015
Ralang Hartati, “Peran Negara Dalam Pelaksanaan Jaminan Produk Halal”, Journal Hukum.Vol.10, No.1, Tanpa tahun
Ryan Muhammad, “Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Islam”, Ekonomi Syariah (2019) Universitas Darussalam Gontor, Tahun 2019 http://hes.unida.gontor.ac.id
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi, Mixed Methods. Bandung : Alfabeta, 2017
Suhrawardi K.Lubis, Farid Wajdi, Hukum Ekonomi Islam. Jakarta : Sinar Grafika, 2014
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2011
Siti Khayisatu Zahro, Nur Istikomah , “ Program Sehati Kemudahan Pelaksanaan Sertifikasi Halal Bagi UMK”, Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah, Vol.3, No.2, Oktober 2021 P-ISSN : 2685-2802 E-ISSN : 2715 -369X
Suharsimi, A. K. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Syafrida. (tt). Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungan dan Kepastian Hukum Hak-hak Konsumen Muslim. Journal hukum. Vol.7, No.2.
Anwar, S. (2018). Pengantar Falsafah Ekonomi dan Keuangan Syariah. Depok : Raja Grafindo Persada.
Tim Dosen Kewarganegaraan. (2016). Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Jakarta: Dikti.
Ruslim, T. S., & Raharjo, M. (2016). Identifikasi Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Segi Harga Kualitas Pada Restoran Abuba Steak di Greenvile”.Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (2016), Vo. 2, No.01, Tahun 2016
Undang-undang Jaminan Produk Halal. (2015). UU RI No. 33 Tahun 2014. Jakarta: Sinar Grafika.
Sujarweni, V. W. (2019). Akuntansi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Yogyakarta : Pustaka Baru.
Sujarweni, V. W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.8508
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN 2477-6157 l E-ISSN 2579-6534
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.