PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM ISI ULANG PADA MASYARAKAT PLESUNGAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Rini Ayuk Safitri Program Studi Manajemen, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Abdulah Zailani Program Studi Manajemen, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Suharyoko Suharyoko Program Studi Manajemen, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.10066

Abstract

Refill drinking water as it is known is one of the drinking water filling service businesses which is increasingly being recognized. The purposes of this research are: 1) To identify and analyze both partially and simultaneously the influence factors of motivational, perceptions, knowledge, beliefs and attitudes on purchasing decisions 2) To identify and analyze consumer psychological factors that dominantly influence purchasing decisions. This research was conducted in the people of Plesungan Village, Gondangrejo District, Karanganyar Regency. In this study the authors took a sample of 48 respondents with cluster sampling method. The results of the study found that both partially and simultaneously had positive and significant influences by factors motivational, perceptions, knowledge, beliefs and attitudes towards purchasing decisions. It is known that the belief factor has the most dominant influence on purchasing decisions. Consumer purchasing decisions can be explained by factors of motivation, perception, knowledge, beliefs and attitudes of 91.40%, while the remaining 8.60% is influenced by other factors outside this research model. Keywords: Motivation, perception, knowledge, belief, attitude, decision purchases multiple linear regression.

References

Adhim, C (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace.Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4 Nomor 1, Halaman 239-247.

Anonim (2016) Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KBBI-daring)). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Astria, R., Erni J. , dan Tengku P. L. B.,(2021). Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina di Kota Langsa. JIM Manajemen: Manajerial Terapan, Volume 1, Nomor 1, November.

Hakim, A., (2011) Statistik Induktif, untuk Ekonomi dan Bisnis, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Yogyakarta : Ekonisia.

Handoko, H. (2011). Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Hanina, & Karimaliana (2020). Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Bunut Garden Kisaran. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4.

Hibban, M.G.I & Elvina S., (2021). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Gorengkemasan Merek Bimoli Di Desa Sungai Ulak Kecamatan Nalo Tantan. Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (Ekopendia), vol. 6, No. 1.

Irwan, A. M., (2019). Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial Dan Budaya terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secaraonline (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen,Volume 1, No. 2.

Kotler, P. Keller, Kevin Lane dan Chernev, Alexander (2022). Marketing Management. Sixteen Edition, Global Edition. Pearson.

Kotler, P dan Keller, K. L., (2012) Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, terj. Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. and Armstrong. G., (2014). Principle Of Marketing, 15 edition.New Jersey: Pearson prentice hall.

Machfoedz, Muhammad. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN.

Marlius, D., (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi 1 (1). DOI:10.31575/jp.v1i1.9

Meilinda, E dan Ety D. S., (2018). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Psikologis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Sate Tepi Sawah (Jalan Petiken Driyorejo Gresik).Jurnal Bisnis Indonesia, Volume 9 Nomor 2.

Nurgianto, B., Fredrik. G. W., & Bode L., (2021). Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol. 7. No. 2.

Priansa, D.J., (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer Bandung: Alfabeta.

Raharjanti, R., Mardinawati . M. Noor Ardiansah. Ulfah Hidayati. Susena (2020). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Transaksi E-Commerce. Manajerial, Vol. 19 No. 1 Januari 2020, Hal – 6.

Reza, M. H., dan Fatana S., (2021) Analisis Faktor-Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Air Minum Isi Ulang Pada Depot Air Minum Bale Syiar Kecamatan Kuripan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah Vol 4 No 2.

Robert M.Z. Lawang (2014) Berkualitas Dengan Harga Murah dari Berbagai Pelapak di Indonesia. Jakarta: Penerbit: Karunika

Schiffman dan Kanuk, (2015). Consumer Behavior. 11th , Global Edition. Mc GrawHill.

Sudaryono, (2014). Perilaku Konsumen Salam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera limu Cendekia.

Sutisna, (2011). Perilak Konsumen dan Komunikasi Pemasaran Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tatik Suryani, T., (2012) Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taan, H., (2017) Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja, Yogyakarta: Zahir Publisher.

Tjiptono, F., (2014). Pemasaran Jasa.Jawa Timur: Bayumedia Publishing

Usman, S., & Wila D., (2021). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rokok (Studi Pada Konsumen Rokok PS Djeram di Kabupaten Sumbawa). Samalewa ( Jurnal Riset dan Kajian Manajemen).Vol.1. No. 2.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Safitri, R. A., Zailani, A., & Suharyoko, S. (2023). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM ISI ULANG PADA MASYARAKAT PLESUNGAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.10066

Issue

Section

Articles

Citation Check