STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN FORUM DISKUSI DARING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI DAN KOLABORASI ANTAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.10221Abstract
References
DAFTAR PUSTAKA
Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. [Times New Roman, 12, normal].
A’ini, Z. F., Soenarno, S. M., & Alfy, Z. R. (2022). TOT Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Kepada Guru PAUD di Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi Dan Sains, 1(2), 25–35. https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1385
Admizal, A., & Sari, D. N. (2016). Dampak Menonton Televisi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN No 80/1 Rengas Condong. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 330–347. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i2.7123
Andini, A., Hanifah Salsabila, U., Triyana, F., Fitri Arum Sari, K., & Rauv, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.356
Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. FORUM EKONOMI, 23(4), 804–812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155
Baidowi, A., & Salehudin, M. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 58–74. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.04
Booth, W. C. (1968). “The Rhetoric of Fiction†and the Poetics of Fictions. NOVEL: A Forum on Fiction, 1(2), 105. https://doi.org/10.2307/1345261
Dayana, & Fatahillah, M. R. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI DAN TINDAKAN MENJADI PESERTA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK R). KomunikA, 15(2). https://doi.org/10.32734/komunika.v15i2.5756
Faniashi, N. R. C., Astra, I. M., & Susanti, D. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA PESERTA DIDIK SMA. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF42
Giantika, G. G. (2020). Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, 11(30), 143–150.
Iskandar, D., & Isnaeni, M. (2019). PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN REMAJA DI JAKARTA. Communicare : Journal of Communication Studies, 6(1), 57. https://doi.org/10.37535/101006120194
Jaka Warsihna, J. W. (2014). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PENDIDIKAN DAERAH TERPENCIL , TERTINGGAL DAN TERDEPAN (3T). Jurnal Teknodik, 235–245. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.82
Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XII(2), 084–094. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473
Muslim, A. (2013). INTERAKSI SOSIAL DALAM MASYARAKAT MULTIETNIS. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 483-494. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6642
Nurrahmi, F., & Farabuana, P. (2020). Efektivitas Dakwah melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326
Nuzuli, A. K. (2020). Komunikasi Orang Tua dan Tingkat Stres Mahasiswa Perantauan Pada Larangan Mudik Covid 19. Jurnal Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(2), 242–260. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/komunida.v10i02.1525
Nuzuli, A. K. (2021). Komunikasi Orang Tua dan Tingkat Kecanduan Gawai Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(2), 99-119. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/komunida.v11i02.1994
Nuzuli, A. K. (2022). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jejak Pustaka.
Nuzuli, A. K., Khirani, S. A., Putri, S. Y., Rahmadani, S. U., Wahyuni, W., & Sandra P., Z. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI KONSELING DALAM MENGINTERNALISASIKAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 104. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9227
Rahmadani, D., & Nurdin, A. (2021). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Daring terhadap Pemahaman Materi Kuliah Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 34–47. https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.34-47
Rizqi Eko Putra, M. D., & Apsari, N. C. (2021). HUBUNGAN PROSES PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS REMAJA DENGAN TAWURAN ANTAR REMAJA. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 14. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.31969
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 62–72.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26. PT Alfabet.
Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Repositori UIN Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/1985/
Wati, R. D. (2018). INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER. BASIC EDUCATION, 7(3). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/10658