PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (STUDI EMPIRIK PADA SMK PANCASILA SUMBA BARAT DAYA)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.10441Abstract
This study aims to determine the effect of motivation, discipline, and work environment on teacher performance at SMK Pancasila, Southwest Sumba. The research method used is quantitative research. The results of the study showed that the teacher's performance at Pancasila Vocational School Sumba Barat Daya was "very good", this indicated that the teacher's awareness of their professionalism was increasing.References
Cahya, W. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Regional Pt. Bima Palma Nugraha.
Kasmir, J. &. (2017). Studi Kelayakan BISNIS. Depok: Kencana
Maria, Y. (2017). Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kaaryawan pada Yayasan Katolik Ratu Damai Kalimantan.
Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, H. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisinis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gaja Mada University Prss Anggota IKPAI.
Ndrahmania. (2020). Pengaruh Pengawasan, Motivasi, dan Disiplin terhadap Kinerja Guru pada Yayasan Islam Terpadu Kuntum Bumi Rantauprapat.
Rahmah, P. (2020). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMAN 18 Medan.
Sahlan, L. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.
Sedarmayanti. (2017). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.
Sugiyono. (2013). Metodologi Pnelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.