PERAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS LULUSAN

Muhammad Irsyad Nur Firdaus, Dartim Ibnu Rush

Abstract


Orientasi kewirausahaan penting diajarkan dalam pendidikan dan proses pembelajaran. Aspek kewirausahaan dalam kurikulum, menjadika lulusan berpikir kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk menciptakan solusi baru, mengidentifikasi peluang, dan menghadapi tantangan dengan cara yang unik. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang menghambat kreativitas lulusan, dan peran orientasi kewirausahaan pada pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas lulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Sumber data di kumpulkan melalui analisa kepustakaan dari dokumen, jurnal, artikel, dan yang lainya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang menghambat kreativitas lulusan dapat berupa kurikulum yang terlalu terstruktur, metode pengajaran yang terlalu monoton, kemudian keterbatasan sumber daya dan fasilitas berupa sarana prasarana merupakan salah satu faktor yang utama dalam dalam menghambat peserta didik untuk mengembangkan ide-ide kreatif. Terakhir, ketidakpercayaan diri atau mental yang selalu merasa rendah diantara yang lain. Sedangkan peran orientasi kewirausahaan pada pembelajaran dalam menumbuhkan inovasi dan kreativitas sudah jelas bahwa orientasi kewirausahaan mendorong peserta didik mengembangkan pola pikir proaktif dan berani mengambil resiko. Orientasi kewirausahaan yang terus menerus terhadap peserta didik menjadikan kekuatan karakter bagi peserta didik sehingga lebih percaya diri dan bekerja keras. Selanjutnya meningkatkan keterampilan bisnis. Orientasi kewirausahaan juga dapat mendorong peserta didik atau lulusan untuk meningkatkan kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Albab, H. A. U. (2019). Mendidik dan Mendiagnosa Anak Usia Dini yang Mempunyai Gangguan Autis dengan Mengetahui Problem-Problemnya. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1).

Arni, Y. (2023). The Effect Of Entrepreneurial Learning To Enhance Entrepreneurial Intention For Students University: The Mediating Role Of Online Social Network. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(6), 947-964.

Atrup, A., Diawati, P., Syamsuri, S., Pramono, S. A., & Ausat, A. M. A. (2023). The Effect of Entrepreneurship Education and Creativity on Students’ Entrepreneurial Intention: The Perspective of Effectuation and Cognitive Flexibility Theory. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 9(2).

Bagis, A. A. (2022). Building students’ entrepreneurial orientation through entrepreneurial intention and workplace spirituality. Heliyon, 8(11).

Chia, C. C., and Liang, C. (2016). Influence of creativity and social capital on the entrepreneurial intention of tourism students. J. Enterpren. Manag. Innovat. 12, 151–168. doi: 10.7341/20161227

Chiu, F.-C. (2012). Fit between future thinking and future orientation on creative imagination. Thinking Skills and Creativity, 7(3), 234–244. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2012.05.002

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

De Souza Fleith, D. (2000). Teacher and student perceptions of creativity in the classroom environment. Roeper Review, 22(3), 148-153.

Fitri, lidya, & Jamilus. (2023). Transformasi Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas dan Kinerja. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 468-479. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i2.946

Gouëdard, P., Pont, B., & Viennet, R. (2020). EDUCATION RESPONSES TO COVID-19: IMPLEMENTING A WAY FORWARD OECD. www.oecd.org/edu/workingpapers

Halimatusyadiyah, N., Anasya, S. W., & Pajri, A. (2022). The Effectiveness of The Project Based Learning Model in The Independent Learning Curriculum. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4836-4844.

Hamidi, D. Y., Wennberg, K., and Berglund, H. (2008). Creativity in entrepreneurship education. J. Small Bus. Enterprise Dev. 15, 304–320. doi: 10.1108/14626000810871691

Hu, R., Wang, L., Zhang, W., and Bin, P. (2018). Creativity, proactive personality, and entrepreneurial intention: the role of entrepreneurial alertness. Front. Psychol. 9:951. doi: 10.3389/fpsyg.2018.00951

Huang, S. K., & Wang, Y. L. (2011). Entrepreneurial orientation, learning orientation, and innovation in small and medium enterprises. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 24, 563-570.

Huang, S., Huang, Q., & Soetanto, D. (2023). Entrepreneurial orientation dimensions and the performance of high-tech and low-tech firms: A configurational approach. European Management Journal, 41(3), 375-384.

Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 857-867.

Kurniawan, G. I., & Dagustani, D. (2021). Literasi Berpikir Kreatif dan Pengenalan Program Santripreneur di Pesantren Miftahul Jannah. Warta LPM, 24(3), 571-580.

Makhloufi, L., Laghouag, A. A., Ali Sahli, A., & Belaid, F. (2021). Impact of entrepreneurial orientation on innovation capability: The mediating role of absorptive capability and organizational learning capabilities. Sustainability, 13(10), 5399.

Mróz, A., & Ocetkiewicz, I. (2021). Creativity for sustainability: how do polish teachers develop students’ creativity competence? Analysis of research results. Sustainability, 13(2), 571.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.

Mukson, M. M., Hamidah, S. E., & Prabuwono, A. S. (2021). lingkungan kerja dan orientasi kewirausahaan kinerja UMKM melalui komitmen organisasi. Penerbit Lakeisha.

Nardo, R., Evanita, S., & Syahrizal, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan transformasional, dan lingkungan kerja non fisik terhadap perilaku inovatif. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 3(2), 209-215.

Okeke, V. N. 2022.Extent Entrepreneurial Orientation Influences The Creativity And Innovative Skills Of Business Education Students In Universities In South-East, Nigeria. International Journal of Novel Research in Education and Learning Vol. 10, Issue 1, pp: (113-120)

Purwatiningsih, A., Kamaludin, K., & Sugito, P. (2018). The Effect of Constructivist Learning Models on Entrepreneurial Orientation. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 4(9), 264323.

Putri, M. K. (2022). Creative and Innovative is Entrepreneur Mindset. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 344–351. https://doi.org/10.34006/jmbi.v11i2.483

Rangkuti, F. (2015). Personal SWOT analysis. Gramedia Pustaka Utama.

Rathidevi, R., Aravindan, K.L., Choong, Y.V., 2022. A Conceptual Model of Entrepreneurial Orientation (EO) and Entrepreneurial Career Intentions (ECI) among Female Undergraduates. International Journal of Technology. Volume 13(5), pp. 979-988

Rogers, E.M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). New York: Free Press.

Ruswati, I. (2018). Faktor Eksternal dan Faktor Internal terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa SMK Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cerme Gresik. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 38-52.

Shah, U. V., Chen, W., Inguva, P., Chadha, D., & Brechtelsbauer, C. (2020). The discovery laboratory part II: A framework for incubating independent learning. Education for Chemical Engineers, 31, 29–37. https://doi.org/10.1016/j.ece.2020.03.003

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).

Wachidi, W. (2019). Teachers’ Stage of Concern in Implementing of Elementary School Curriculum Innovation. International Journal of Educational Review, 1(2), 27-34.

Wagner, T. (2010). The global achievement gap: Why even our best schools don't teach the new survival skills our children need-and what we can do about it. Basic Books: New York, NY, USA

Wang, Mundorf, N., & Salzarulo-McGuigan, A. (2022). Entrepreneurship education enhances entrepreneurial creativity: The mediating role of entrepreneurial inspiration. The International Journal of Management Education, 20(2), 100570.

Wijatno, S. (2009). Pengantar entrepreneurship. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.