PENDIDIKAN POLITIK ISLAMI BERDASARKAN WORLDVIEW ISLAM

Mohamad Latief, Hisyam Syamil

Abstract


Desakralisasi politik dihubungkan dengan desakrsisasi agama dalam realitas sosial yang kemudian ditiadakan karena tidak dapat memberikan argumen rasional untuk mencari solusi atas masalah kehidupan manusia. Desakralisasi politik tidak mencirikan tirani dan demokrasi menjadi sama, dan tidak berfungsi sebagai penguatan basis kekuasaan dan menjaga kesinambungan identitas kolektif. Gejala yang berbanding terbalik ini ditandai dengan munculnya penampakan politik (political appearance) yang menyerupai agama, atau dapat disebut dengan politisasi agama. Populisme dapat mengambil berbagai bentuk seperti gerakan politik yang menggunakan agama sebagai pembenaran untuk mewujudkan cita-cita politiknya. Pandangan hidup Barat modern yang kemudian menjadi program filsafat, menghasilkan faham sekularisme yang sudah tentu merupakan produk dari tradisi intelektual dan kultural Barat yang mengartikan berkembangnyan sains, akan sangat memiliki ketergantungan dengan pandangan manusia terhadap dunia ini dikosongkan dari kepercayaan terhadap kekuatan supernaturanl yang menjaga dunia ini. Doktrin ini memojokkan agama menjadi urusan individu yang tidak lagi boleh masuk dalam rungan publik. Makalah ini menggambarkan problem desakralisasi politik Barat dan sakralisasi politik yang ada di dalam Islam dengan menggambarkan konsep politik dari tokoh-tokoh Islam dan konsep Islamisasi al-Attas sebagai upaya untuk mengkritik desakralisasi politik, serta mengintegrasikan konsep-konsep sakralisasi politik yang ada di Barat dengan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul, R, Amir Reza Kusuma, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Abu al-Ala al-Maududiy. (1982). Nadzariatu al-Islam as-Siyasiy. Daru al-Fikir.

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (2001). Risalah Untuk Kaum Muslimin. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (2013). Islam Faham Agama dan Asas Akhlak. IBFIM.

Amir Reza Kusuma & Didin Ahmad Manca. (2022). Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 115–122. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.653

Berger, P. L. (1998). The Desecularization of The World_ Resurgent Religion and World Politics. Ethics and Public Center Publishing Company.

Cox, H. (2013). The Secular City. Princeton University Press.

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Rajab al-Lakhm, N. R. (2023). The Concept of Science in Islamic Tradition: Analytical Studies of Syed Naquib Al-Attas on Knowledge. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 25–62. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v7i1.8456

Handrianto, B. (2019). Islamisasi Sains: Sebuah Upaya Mengislamkan Sains Barat Modern, (: S, Cet. 2), 61. Institute for the Study Islamic Thought and Civilization INSIST.

Husaini, A. (2017). Bernard Lewis dan Apologia Barat. TSAQAFAH, Query date: 2022-06-18 06:20:56. http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/975

Ihsan, N. H., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme. Journal for Islamic Studies, 5(4), 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Kusuma, A. R. (2023). Psikologi Islam, Membaca Anatomi Pemikiran Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. Gaza Library Publishing.

Kusuma, A. R., & Muslih, M. (2023). Problem Ekonomi Secular dan Respon Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam Pandangan Islam. 9(1), 963–972. https://doi.org/DOI : 10.29040/jiei.v9i1.8369

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274

Latief, M., Zarkasyi, A. F., & Kusuma, A. R. (2022b). Problem Sekuler.... 7. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.2542

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (t.t.). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. 8.

Mas’ud, F. (2018). Manajemen bisnis berbasis Pandangan Hidup Islam, Islamic Worldview Based Business Management,. UNDIP Press.

Mohammad Muslih, Heru Wahyudi, & Amir Reza Kusuma. (2022). Integrasi Ilmu dan Agama menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Ian G Barbour. Jurnal Penelitian Medan Agama, 13(1), 21–35. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/

Muhammad Syifa’urrahman & Amir Reza Kusuma. (2022). قضية صفات الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 18(1), 153–188. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876

Muslih, M., Rahman, R. A., Kusuma, A. R., Rohman, A., & Suntoro, A. F. (2021). Mengurai Disrupsi Paham Keislaman Indonesia Dalam Perspektif Tipologi Epistimologi Abid Al- Jabiri. 6(2), 16. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v6i2.14028

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (2015). On Justice and Nature of Man. IBFIM.

Wan Mohd Nor Wan Daud. (1997). Budaya Ilmu: Makna dan Manifestasi dalam Sejarah dan Masa Kini. Dewan Bahasa &Pustaka Kuala Lumpur.

Zaid, A. H., Kusuma, A. R., & Fadillah, N. H. (2023). Problem Ekonomi... 07(01). https://doi.org/DOI : 10.29040/jie.v7i1.7511

Zarkasyi, H. F. (2012). Misykat (Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam). INSISTS-MIUMI.

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. TSAQAFAH, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36

Zarkasyi, H. F. (2015). Tamaddun sebagai Konsep Peradaban Islam. TSAQAFAH, 11(1), 1. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i1.251




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.