IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.895
Aini, E. N., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Mata Pelajaran Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 331–335.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Ambarwati, I., & Rochmawati. (2020). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 483–494. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28931
Fatimah, A., Wijayanti, R., & Magdalena, M. (2022). E-Modul Komputer Akuntansi Berbasis Project Based Learning. Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial. https://prosiding.polinema.ac.id/sngbs/index.php/sngbs/article/view/334
Fiddaraini, A., Denny, H. M., Wahyuni, I., & Kurniawan, B. (2016). Assessment Tingkat Stres Kerja Dosen Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2016. 4(4), 1–23.
Glaesser, J. (2019). Competence in educational theory and practice: a critical discussion. Oxford Review of Education, 45(1), 70–85. https://doi.org/10.1080/03054985.2018.1493987
Habsari, N. T., & Riyani, M. (2020). Pengembangan Model Blended Menggunakan Schoology Dengan Pendekatan Project Based Learning Pada Pembelajaran Media Dan Bahan Ajar Sejarah. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 45–49. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/13
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index
Hasnawati. (2012). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, (2020).
Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319.
Kusnayati, K., Komariyah, L., & Saputra, Y. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Tour Builder Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kaliorang (Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan). Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(2), 94–106. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i2.269
Kusuma, J. W., Hamidah, Mahuda, I., Sukandar, R. S., Santoso, E., & Jatisunda, M. G. (2021). Project-based learning with LMS moodle to promote mathematical problem solving and self-regulated learning. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012135
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Nurhayati, A. S., & Harianti, D. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Project Based Learning (PjBL). Https://Sibatik.Kemdikbud.Go.Id. https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_5.pdf
Pandarangga, P. (2022). Adult Learning: Sudah Saatnya Diterapkan di Pendidikan Tinggi. Adult Learning: Sudah Saatnya Diterapkan Di Pendidikan Tinggi. https://undana.ac.id/adult-learning-sudah-saatnya-diterapkan-di-pendidikan-tinggi/
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/14921
Purnomo, E., & Nugraheni, T. (2019). Pengembangan Modul Tari Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Tari. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 119. https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.14157
Rahayu, S. E., & Hafni, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Penerapan Model Is-Lm Pada Mata Kuliah Ekonomi Makro 2 (Studi Mahasiswa Semester 4 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Umsu). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 94–107.
Ridhuan, S. (2021). Mahasiswa Melalui Kontrol Moral-Agama Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Forum Ilmiah, 18(2).
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). 21.Century Skills. APERA Conference, April, 1–35. https://www.aare.edu.au/data/publications/2012/Saavedra12.pdf
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning Implementasi, Strategi & Inovasinya (T. Limbong (ed.)). Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Slough, S. W., & Milam, J. O. (2013). Theoretical framework for the design of STEM project-based learning. STEM Project-Based Learning an Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach, 15–27. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-143-6_3
Suardika, I. K., Heni, H., & Anse, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(1), 10–20. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.101
Sudianto. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbantuan …. In Lib.Unnes.Ac.Id. http://lib.unnes.ac.id/41075/1/UPLOAD TESIS SUDIANTO.pdf
Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 171–181.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal of Sport Science and Education, 5(2), 124–138. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/index
Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Yuliyanti, N. (2020). Kompetensi Guru Abad 21 Sebagai Tuntutan Generasi Z. Silabus.Web.Id. https://bppauddikmaslampung.kemdikbud.go.id/berita/read/kompetensi-guru-abad-21-sebagai-tuntutan-generasi-z
Yunita, A., Yusri, R., & Delyana, H. D. (2020). Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project Based Learning ( Pjbl ) Terintegrasi Ict. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1018–1025.
Zulfatmi. (2018). Penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) Dalam Perkuliahan Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 25–45. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/3149/2305
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![]() |
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||