PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN UMKM DI INDONESIA MELALUI LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN

Desyana Putri, Ida Harahap, Sri Sugiarti, Bahtiar Efendi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kinerja keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap peningkatan kinerja keuangan UMKM. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian merupakan pemilik dan pengelola UMKM di Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan kuesioner menggunakna google form. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM dan 2) Inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM, dan 3) Literasi keuangan dan inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM. Hasil penelitian ini mengisyaratkan bahwa jika UMKM ingin meningkatkan kinerja keuangan maka harus meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan.

Full Text:

PDF

References


Amri, A. F. (2018). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja umkm di Surabaya (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Anggraeni, R. (2022). Pentingnya legalitas usaha bagi usaha mikro kecil dan menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77-83.

Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1-13.

Ayem, S., & Wahidah, U. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan UMKM Di Kota Yogyakarta. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(1), 1-9.

Dahrani, D., Saragih, F., & Ritonga, P. (2022). Model pengelolaan keuangan berbasis literasi keuangan dan inklusi keuangan: Studi pada UMKM di Kota Binjai. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1509-1518.

Darmawan, A., Sepriani, A., Bagis, F., & Rahmawati, D. V. (2021). Pengaruh Faktor Demografi, Locus 0f Control, Literasi Keuangan, dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 170-180.

Hertadiani, V. W., & Lestari, D. (2021). Pengaruh inklusi keuangan dan pengelolaan keuangan terhadap kinerja UMKM sektor kuliner di Jakarta Timur. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 8(2), 19-31.

Iqbal Hidayatulloh, I. (2020). Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Kabupaten Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Kasenda, B. S., & Wijayangka, C. (2019). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 153-160.

Kurniawati, R. D., & Ahmad, I. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Usaha Mikro Kecil Menengah Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung. Jurnal Teknologi & Sistem Informasi, 2(1), 74-79.

Kusuma, M., Narulitasari, D., & Nurohman, Y. A. (2022). Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan Umkm Disolo Raya. Among Makarti, 14(2).

Lestari, D. A., Purnamasari, E. D., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh payment gateway terhadap kinerja keuangan UMKM. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(1), 1-10.

Rumbianingrum, W., & Wijayangka, C. (2018). Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan UMKM. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3), 156-164.

Sanistasya, P. A., Rahardjo, K., & Iqbal, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Kecil di Kalimantan Timur. Jurnal Economia, 15(1), 48-59.

Sari, B. P., Rimbano, D., Marselino, B., Sandy, C. A., & Hairum, R. R. (2022). Determinasi Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan Usaha UMKM. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2840-2849.

Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap kinerja UMKM di Sidoarjo (Doctoral dissertation, Udayana University).

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33-64.

Suyanto, S. (2022). Faktor Demografi, Financial Technology, Dan Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm): Inklusi Keuangan Sebagai Mediasi. Akuntansi Dewantara, 6(1), 1-20.

Wulandari, R. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM Provinsi DKI Jakarta) (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta).

Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh inklusi keuangan dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM di kecamatan moyo utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.