ANALISIS KEPUASAN BELANJA DAN PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN INDONESIA DI WOODBURY COMMON PREMIUM OUTLETS NEW YORK, USA

Authors

  • Dyah Handayani Dewi Universitas Nasional, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11472

Abstract

Kepuasan belanja konsumen adalah suatu kondisi dimana kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen terhadap sebuah produk dan jasa, sesuai atau terpenuhi dengan penampilan dari produk dan jasa. Sedangkan Perilaku konsumtif adalah perilaku atau gaya hidup individu yang senang membelanjakan uangnya tanpa pertimbangan yang matang. Kedua hal tersebut yang menjadi dasar penelitian dengan metode kualitatif (deskriptif). Masyarakat atau konsumen Indonesia di luar negeri juga tidak bisa terhindar dari kedua hal tersebut. Hal ini bisa dibuktikan pada Woodbury Common Premium Outlets, New York USA masyarakat Indonesia yang berada disana memiliki perilaku konsumtif yang sering dilakukan oleh kaum yang dipengaruhi oleh budaya digital dan maraknya penggunaan internet. Peran budaya yang cukup penting dalam kehidupan menjadi latar belakang terjadinya budaya konsumtif tersebut. Kata Kunci: Kepuasan belanja, Perilaku konsumtif, Budaya Luar Negeri

References

Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh belanja online pada e-commerce shopee terhadap perilaku konsumtif generasi millennial di Blitar. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 429–438.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131-140

Hafsyah, A. H. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online (E-Commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 94–103. http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/695%0Ahttp://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/download/695/266

Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2021). Analisis Pengaruh Penggunan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Relasi : Jurnal Ekonomi, 17(2), 413–434. https://doi.org/10.31967/relasi.v17i2.494

Kottler, P., & Kevine Lane Keller. (2006). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). Erlangga

Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(Vol. 13 No. 4 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, 4, Januari 2017), 1–12. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/2709/2520

Lexy J. Meleong. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya h4.

Marindi, P., & Nurwidawati, D. (2019). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Online Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(3), 4. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10942

Marindi, P. (2015). Hubungan antara kepuasan konsumen dalam belanja online dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(3).

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).

Roslan, S., Anggraini, D., & Minanda, A. (2018). Perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas halu oleo kendari (Doctoral dissertation, Haluoleo University).

Sari, D. E. (2018). Pendidikan literasi keuangan melalui program kemitraan dengan bank untuk mengurangi perilaku konsumtif pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 22-30.

Saryulis, Musrizal, Mukhlis, & Yanna, S. (2023). Analisis Keputusan Belanja Online terhadap Perilaku Ekonomi Konsumtif Mahasiswa dalam Perspektif Ekonomi Islam. Indomera, 4(7), 88–96.

Wulandari, I. (2013). Pola Perilaku Konsumtif Tenaga Kerja Wanita (TKW) Ketika Kembali Ke Daerah Asal Di Kabupaten Blitar. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3(1

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Dewi, D. H. (2023). ANALISIS KEPUASAN BELANJA DAN PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN INDONESIA DI WOODBURY COMMON PREMIUM OUTLETS NEW YORK, USA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11472

Issue

Section

Articles

Citation Check