“PENGARUH PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, E-COMMERCE, DAN MOTIVASI TERHADAP NIAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK BERWIRAUSAHAâ€
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11498Abstract
References
Abdullah, A., & Yih, T. Y. (2014). Implementing Learning Contracts in a Computer Science Course as a Tool to Develop and Sustain Student Motivation to Learn. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 256–265. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1422
Adiguna Putra, J., Kamaludin, & Aziza, N. (2022). Analisa Dampak Covid 19 Terhadap Likuiditas Dan Profitabilitas Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia Sebelum Dan Selama Masa Pandemi. Student Journal of Business and Management, 5(1), 541–571. https://ejournal.unib.ac.id/sjbm/article/view/25816
Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–159. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.3845
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Aprila, N., Marietza, F., Hatta, M., & Martalia, R. (2022). The Influence of Indonesian Legislative Assembly Knowledge about Budget towards APBD Supervision with Public Accountability and Organization Commitment Moderating Variables: Empirical Study on Legislative Assembly in Bengkulu Province. Miicema 2019, 339–352. https://doi.org/10.5220/0009870200002900
Asy’Ari, A., & Shulthoni, M. (2023). Pengaruh E-Commerce , Sistem Informasi Akuntansi , dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Selama Pandemi Covid-19 ( Studi Empiris pada Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember ). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 13(2), 229–239.
Aulia, N. A., Hasan, M., Dinar, M., Ahmad, M. I. S., & Supatminingsih, T. (2021). Bagaimana Literasi Kewirausahaan dan Literasi Digital Berpengaruh terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pakaian? Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 2(1), 110–126. https://journal.unm.ac.id/index.php/JE3S/article/view/92
Ghazali I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan). Semarang, Universitas Diponegoro, 490. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:64890624
Hamsun, H., Natsir, M., Mile, Y., & Yuniar, L. S. (2019). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Kepribadian, Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Tadulako. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 2(1). https://doi.org/10.22487/j26223090.2019.v2.i1.13484
Handayani, D., Rusmana, O., Warsidi, W., Soedirman, U. J., & Tengah, J. (2023). Pengaruh Perkembangan E-Commerce, Modal Usaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (The Influence of E-Commerce Development, Business Capital, Entrepreneurial Knowledge, and Use . Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Dan Manajemen (JUSIAM), 1(1), 11–20. https://doi.org/10.35912/JUSIAM.v1i1.2191
Kusumawati, N., & Suhartono, E. (2022). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi, E-commerce, Dan Modal Usaha Dalam Keputusan Berwirausaha (Studi …. … ’45: Jurnal Ilmiah Akuntansi. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/339%0Ahttps://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/akuntansi/article/download/339/302
Marietza, F., & Ayuningsih, S. T. (2023). Do Firm Value and Institutional Investors Affect on Herding Behavior? Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 7(3), 299–308. https://doi.org/10.23917/reaksi.v7i3.20037
Munawir, S. (2004). Analisa laporan keuangan / S. Munawir. Yogyakarta :: Liberty Yogyakarta,.
Nurhadifah, S. N., & Sukanti, S. (2018). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22055
Octaviani, V. A. (2020). Pengaruh Sikap Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 17(2), 14–23. https://doi.org/10.51826/fokus.v17i2.358
Prasetio, T. (2020). Analysis the Influence Use of Social Media, Intrinsic Motivation, and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 18(1), 35–46.
Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021). Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 553–558. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/357
Putra, R. H., Aprila, N., Marietza, F., & Hatta, M. (2020). Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Analisis Kredit. Jurnal Akuntansi, 10(3), 245–260. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.3.245-260
Rahayu, S. I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi. Jurnal Pajak, Akuntansi, Sistem Informasi, Dan Auditing (PAKSI), 1(1), 40–57. https://doi.org/10.33476/jpaksi.v1i1.966
Rahmawati, D., Antoni, D., & Kurniawan, K. (2021). Faktor-faktor UMKM dalam Mengadopsi E-Market di Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 13–31. https://doi.org/10.35912/jbpd.v1i1.455
Satrionugroho, B., & Tomo, S. (2020). Analisa Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Di STMIK SINAR Nusantara Surakarta). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 87–93.
Sutrisni, D., & Coryanata, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengelola Keuangan Melakukan Tindakan Whistle Blowing (Studi Kasus Pada Universitas Bengkulu). Jurnal Akuntansi, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.8.1.41-54
Suwarto, Dwi Nugroho, S., & Nuzul Hakim, L. (2022). Analisis Faktor Motivasi Berwirausaha Yang Mempengaruhi Keputusan Berwirausaha Masyarakat Di Desa Batanghari Lampung Timur. Kalianda Halok Gagas, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.52655/khg.v4i2.28
Veronika, K., Yohana, C., & Fidhyallah, N. F. (2021). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan E-Commerce dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan …, 2(1), 309–324. http://103.8.12.68/index.php/jbmk/article/view/243%0Ahttp://103.8.12.68/index.php/jbmk/article/download/243/202
Vika. Fitranita, Intan. Zoraya, I. O. W. (2023). Factors Affecting Interest In Using E-commerce And E-wallet With Using Technology Acceptance Model. 13(June), 98–108.
Wardiningsih, R. (2020). Analisis Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap Konsep Dasar Akuntansi. Manazhim, 2(2), 143–156. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.852
Yasin, A. F. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, E-Commerce, Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Pasca Pandemi Covid-19 Studi Penelitian Pada Wanita Generasi Z Di Kota Med. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.59832/jpmk.v3i1.165