Analisa Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Terhadap Perilaku UMKM Kuliner Di Kabupaten Sampang

Nabila Alifia Putri, S Anugrahini Irawati

Abstract


Pemerintah Kabupaten Sampang sangat serius dan gencar dalam melakukan Pemberdayaan serta memberikan kesempatan usaha di setiap momen kegiatan menangani masalah strategi pengembangan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sampang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji terkait dengan analisa strategi pengembangan ekonomi kreatif terhadap prilaku UMKM kuliner di kabupaten Sampang. Strategi pengembangan Ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sampang, untuk mengetahui dan menganalisa apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam strategi pengembangan ekonomi kreatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif bertujuan untuk menggambarkan, menganalisis, dan menjelaskan fenomena atau karakteristik suatu objek penelitian. Ekonomi Kreatif adalah suatu konsep untuk merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan menggunakan kreativitas. faktor-faktor yang memengaruhi strategi pengembangan ekonomi kreatif di kabupaten sampang.

Kata kunci : ekonmi kreatif, pengembangan strategi, UMKM

Full Text:

PDF

References


Aysa, I. R. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 121-138.

Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salsabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan ekonomi kreatif sektor UMKM di masa pandemi covid-19. Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 9(2), 125-138.

Gustriana, N. (2019). Pengaruh Cita Rasa, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Konsumen di Rumah Makan Prasmanan Sedehana 1 Tegalgede Cikarang Selatan (pp. 1–116). universitas pelita bangsa

Winarni, E., & Mahsun, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Sidoarjo. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 3(3), 51-66.

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi bertahan UMKM di tengah pandemi Covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika, 10(1), 89-98.

Putri, N. A., Safri, H., & Zufri, Z. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Etika Pelayanan Dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Warung Kopi Gelas Batu Kota Pinang. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(2), 132-143.

K, Joni Hendra. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat Provinsi Riau Menuju Revolusi Industri 4.0. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana. Universitas Islam Negeri: Sumatera Utara




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


echo 'slot gacor