PENDIDIKAN KEBENCANAAN DALAM KERANGKA SDGs DAN DAMPAKNYA TERHADAP DUNIA EKONOMI (Studi Peristiwa Gempa Bumi Cianjur November 2022)

Fierdha Abdullah Ali, Puspita Indra Wardhani, Rakhmad Agung Hidayatullah

Abstract


Pada tanggal 21 November 2022, khususnya Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat, diguncang oleh gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6 dan pusat gempa berada 10 KM barat daya. Data yang dilansir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) November 2022 pukul 17.00 WIB, gempabumi ini menyebabkan 268 orang tewas, 42 hilang dan 21 orang luka-luka, 10047 penduduk mengungsi, dan lebih dari 2.000 rumah mengalami kerusakan. Wilayah Kabupaten Cianjur sesungguhnya sudah diketahui memiliki potensi bencana sebagaimana hasil penelitian Irsyam Dkk (2017) menyebutkan bahwa wilayah Kabupaten Cianjur memiliki Sesar Cimandiri yang menjadi bagian dari segmen Rajamandala. Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi lapangan. pada penanganan bencana gempabumi Cianjur 2022 belum menerapkan Sustainable Development Goals sehingga hanya terbatas pada penanganan bencana yang bersifat jangka pendek dan menengah. Maka diperlukan proses implementasi nilai-nilai SDGs dengan bentuk peningkatan kapasitas melalui pendidikan kebencanaan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Alhijri, M. R. F., Kusuma, A. R., Susanto, A., Azani, Z., & Ali, M. (2023). Islamic Education for Women Based On Buya Hamka and Murtadha Muthahhari’s Thoughts. 12(3). https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4082

Al-Zayn, S. A. (1989). Al-Islam Waddulujiyyat Al-Insan. Darul Kitab Allubna.

Cook, B. J. (1999). Islamic Versus Western Conceptions of Education: Reflections on Egypt. Dalam L. King (Ed.), Learning, Knowledge and Cultural Context (hlm. 339–357). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4257-1_7

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Rajab al-Lakhm, N. R. (2023). The Concept of Science in Islamic Tradition: Analytical Studies of Syed Naquib Al-Attas on Knowledge. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 25–62. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v7i1.8456

Fahmy Zarkasyi, H. (2012). Misykat: Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam. INSISTS dan MIUMI.

Hasib, K. (2016). Filsafat Ilmu dan Problem Metodologi Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 9(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.318

Ihsan, N. H., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme. Journal for Islamic Studies, 5(4), 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323

Kusuma, A. R. (2022a). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Kusuma, A. R. (2022b). Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. Jurnal Al-Qalb, 13(2). https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386

l A’la Maududi, A. (1977). The Process of Islamic Revolution. Islamic Publication.

Latief, M., Abdullah, K., & Kusuma, A. R. (2021). SEKULARISASI PENDIDIKAN INDONESIA DALAM ORIENTASI MATERI AJAR. 1, 11.

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Latief, M., Kusuma, A. R., Muslih, M., & Hidayatullah, R. A. (2023). Problems of the Secular State and Its Impact on Justice. 23,(1). https://doi.org/DOI: http://doi.org/10.24042/ ajsk.v23i1.18500

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. TSAQAFAH, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.