MOTIVASI, KEMANDIRIAN, MINAT BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA BATIK 2 SURAKARTA
Abstract
Kata kunci: Prestasi Belajar, motivasi, kemandirian, minat belajar, metode pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 11-19.
Anisa, S. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 109-118.
A.M, Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit: PT Kharisma Putra Utama. Jakara.
Ahmadi, A. dan J.T. Prasetya.2005. Strategi Belajar Mangajar ( SBM ).Bandung: Pustaka Setia
Damrizal, & Jasman. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Smaw Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Ptk: Research And Learning In Vocational Education, 53-60.
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosyadakarya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84.
Giawa, M., Mahulae, S., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327-332.
Ghufron & Risnawita. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.
Kartika, S., Husni, & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 113-126.
Khosiin, K. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Journal Of Biology Education, 3(2), 143-156.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Muhammad Fathurrahman, dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012), hlm. 118
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 150-168.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 441-451.
Nasution. ( 2007). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 9-16.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sma Negeri “X”. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 43-49.
Pratiwi, E. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKN. BASIC EDUCATION, 5(29), 2-732.
Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77-86.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188-201.
Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). The impact of independent learning on students’ accounting learning outcomes at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141-150.
Saguni, F., & Amin, S. M. (2014). Hubungan penyesuaian diri, dukungan sosial teman sebaya dan self regulation terhadap motivasi belajar siswa kelas akselerasi SMP Negeri 1 Palu. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 2(1), 198-223.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Penerbit: PT Rineka Cipta. Jakarta.
Warahmah, M. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Dengan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Banda Aceh. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1).
Zulvadri, I., & Safitri, E. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa KelaS XI IPS SMA Negeri 6 Merangin. Jurnal tunas pendidikan, 2(1), 31-40.
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11713
Refbacks
- There are currently no refbacks.