MOTIVASI, KEMANDIRIAN, MINAT BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA BATIK 2 SURAKARTA

Dwi Harjanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial variabel motivasi, kemandirian, minat belajar,dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMA Batik 2 Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta yang berjumlah 285 orang dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik yaitu uji regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, kemandirian, minat belajar,dan metode pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 81,0% sedangkan 19,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teliti, seperti kedisiplinan, tingkat pendidikan orang tua,teman sebaya dan lain-lain. Saran dari penelitian ini adalah SMA Batik 2 Surakarta harus selalu meningkatkan motivasi, kemandirian, minat belajar dan metode pembelajaran agar prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelumnya.
Kata kunci: Prestasi Belajar, motivasi, kemandirian, minat belajar, metode pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 11-19.

Anisa, S. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 109-118.

A.M, Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit: PT Kharisma Putra Utama. Jakara.

Ahmadi, A. dan J.T. Prasetya.2005. Strategi Belajar Mangajar ( SBM ).Bandung: Pustaka Setia

Damrizal, & Jasman. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Smaw Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Ptk: Research And Learning In Vocational Education, 53-60.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosyadakarya

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84.

Giawa, M., Mahulae, S., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327-332.

Ghufron & Risnawita. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.

Kartika, S., Husni, & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 113-126.

Khosiin, K. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Journal Of Biology Education, 3(2), 143-156.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Muhammad Fathurrahman, dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012), hlm. 118

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 150-168.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 441-451.

Nasution. ( 2007). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 9-16.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sma Negeri “X”. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 43-49.

Pratiwi, E. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKN. BASIC EDUCATION, 5(29), 2-732.

Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77-86.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188-201.

Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). The impact of independent learning on students’ accounting learning outcomes at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141-150.

Saguni, F., & Amin, S. M. (2014). Hubungan penyesuaian diri, dukungan sosial teman sebaya dan self regulation terhadap motivasi belajar siswa kelas akselerasi SMP Negeri 1 Palu. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 2(1), 198-223.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Penerbit: PT Rineka Cipta. Jakarta.

Warahmah, M. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Dengan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Banda Aceh. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1).

Zulvadri, I., & Safitri, E. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa KelaS XI IPS SMA Negeri 6 Merangin. Jurnal tunas pendidikan, 2(1), 31-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


echo 'slot gacor