PENGARUH INDIKATOR PELAYANAN PRIMA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DI BMT ISTIQOMAH TULUNGAGUNG

Ana Aprilia Kartini, Dedi Suselo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indikator pelayanan prima yaitu kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggung jawab terhadap loyalitas anggota di BMT Istiqomah Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan data primer dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden melalui kuesioner (angket) yang dibagikan. Sampel dipilih dengan menggunakan accidental sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan berupa uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heterokedastisitas), dan analisis regresi linier berganda (uji F, uji R2 dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota di BMT Istiqomah, (2) sikap berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota di BMT Istiqomah, (3) variabel penampilan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota di BMT Istiqomah, (4) perhatian berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota di BMT Istiqomah, (5) tindakan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota di BMT Istiqomah, (6) tanggung jawab berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota, (7) variabel kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tangungjawab secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas anggota di BMT Istiqomah.
Kata Kunci: Pelayanan prima, Loyalitas, BMT

Full Text:

PDF

References


Akila. (2020). Pengaruh Tanggung Jawab dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Wisma Grand Kemala Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(3), 226-241. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/index

Barata., A, A. (2003). Dasar Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Barata., A, A. (2004). Dasar-Dasar Pelayanan Publik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Cet II.

Damiati. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: PT Grafindo Persada.

Daryanto., & Setyobudi., I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018) Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Baratcabang Utama Padang, 54.

Huriyati. R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETA

Kartika, A., Rosmayani & Paman, U. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota pada Lembaga Keuangan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Indragiri di Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 21-22 http://synergy.pelantarpress.co.id/

Kurniawan, I., & Shihab, M. S. Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(2), 199-216.

Kotler & Keller. (2016). Loyalitas Pelanggan. Jakarat: PT Gramedia Utama.

Martha, L., & Jordan, R. (2022). Pengaruh Tangible, Emphaty, Responsiveness, Assurance, Dan Reliability Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Bunda Padang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6),

Muhajirin., & Panorama., M. (2017) Pendekatan Praktis; Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press

Sari, A, R.. Bela, L. (2011). Pengaruh Standar Pelayanan Prima Frontliner Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Brisyariah Makassar. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 7(2), 292-307. https://doi.org/10.37932/j.e.v8i2.41

Sofiati, I., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 244-259 https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1792

Suhartono., Azizah, N, P, E., Hakim., L., & Hartanti. (2019). Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pelanggan Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Pada Stasiun Pasar Senen Jakarta. Jurnal Administrasi Publik, 5(3), 263 http://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi

Sudjana, K., & Rizkison, R. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 175-194 https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1086

Sujarweni, V Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Tusri, Y., Adelina, C., & Suparni, S. (2002). Pengaruh Etika Dan Pelayanan Prima Customer Serviceterhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 3(1). 1-8. https://doi.org/10.54895/jmbu.v3i1.1358

Utomo, H. D., Irawan, B., & Yulisetiarini, D. Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Implementasi Service Excellence Terhadap Loyalitas Nasabah Pt.Bank Mandiri, Tbk Kota Banyuwangi. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(2). 240-253. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/5936

Umar., H. (2007). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wijayanto, H., Suhendar. (2016). Pengaruh Kemampuan Dan Loyalitas Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. In IJPA-The Indonesian Journal of Public Administration, 2(2), 50-64. https://doi.org/10.52447/ijpa.v2i2.511

Yusuf, M., Yasir. (2017). Manajemen Corporate Social Responslibility (I-CSR) Depok: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com