Implikasi Minimarket Misi Pasar Raya pada Pola Konsumsi Masyarakat di Kecamatan Tanete Rilau

Sudarsono Sudarsono, Muhammad Wajdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Dampak Positif minimarket terhadap pola konsumsi masyarakat lokal di Kabupaten Barru (2) Mengetahui dampak negatif minimarket misi pasar raya terhadap pola konsumsi masyarakat lokal di Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian pada Misi pasar raya di kecamatan tanete rilau kabupaten barru. Penentuan informan secara purposive sampling yaitu teknik yang mencakup orang-orang yang diseleksi atas dasar kriteria, sedangkan orang-orang dalam populasi yang tidak sesuai dengan kriteria tersebut tidak dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data wawancra, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang menggunakan tiga tahap yaitu analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola konsumsi masyarakat lokal Tananete rilau dengan hadirnya minimarket. Dampak sosial yang terjadi pada Masyarakat dengan hadirnya minimarket berefek pada proses transaksi, pola konsumsi Masyarakat berkembang dan menunjukan perilaku konsumtif yang lebih memilih berbelanja pada minimarket, peran pemerintah sangat penting untuk meminimalisir persaingan dagang pasar tradisional dan modern. Dampak Negatif persaingan warung kecil dengan Keberadaan minimarket menjadi ancaman serta saingan yang berat bagi para pemilik warung kecil, Pasar modern (minimarket) merupakan pesaing dan akan mengancam keberadaan pedagang di pasar tradisional. penyebabnya antara lain perubahan gaya hidup Masyarakat, harga, kondisi pasar tradisional.
Kata Kunci: Minimarket; Pasar Tradisional; Konsumsi; Masyarakat Lokal

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Ifham Sholihin. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asep, ST Sujana. (2013). Manajamen Minimarket. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Baudrillard, Jean P. (2004). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Budiono. (2002). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE.

Endi, Sarwoko. (2008). Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional Di Wilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 4(2).

Herman, Malano. (2011). Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

M. Chatib Basri, dkk. (2012). Rumah Ekonomi Rumah Budaya (Membaca Kebijakan Perdagangan Indonesia). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mankiw N, Gregory. (2006). Principles of Economics, Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro, Edisi 3, terjemahan Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Mowen, Jhon & Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta.

Natalia, Lia. (2010). Analisis Faktor Persepsi yang Mempengaruhi Minat Konsumen untuk Berbelanja pada Giant Hypermarket Bekasi. Jurnal Skripsi.

Ottis Widiandra & Hadi Sasana. (2013). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Keuntungan Usaha Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Tradisional Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Journal of Economic, 2(1), 1- 6.

Sadono, Sukirno. Mikro Ekonomi, Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Satria. (2010). Pasar Modern dan Pasar Traditional. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet, Santosa. (2006). Dampak Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Supriyadi, Wahyudi Utomo. (2017). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko di Kota Madiun. Jurnal Akuntasi dan Pendidikan, 6(1), 59-792.

Waluyo, Hadi & Dini, Hastuti. (2011). Kamus Terbaru Ekonomi & Bisnis. Surabaya: Reality Publisher.

Winardi. 2016. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


echo 'slot gacor