PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Eri Ramadani, Danang Adi Putra

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis dampak tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Studi ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan data sekunder. Populasi yang difokuskan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021. Metode pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Kriteria pemilihan sampel penelitian mencakup perusahaan manufaktur yang berpartisipasi dalam Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) selama periode 2019-2021, perusahaan manufaktur yang tidak mengalami kerugian bersih selama tiga tahun, dan perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan dan laporan tahunan serta menyediakan informasi tambahan yang relevan untuk penelitian. Jumlah perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria ini dan menjadi sampel penelitian adalah 26 perusahaan. Data dikumpulkan dengan mengunduh laporan keuangan dan laporan tahunan dari situs web Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, tanggung jawab sosial perusahaan memengaruhi nilai perusahaan, sementara kinerja lingkungan tidak memiliki dampak signifikan pada nilai perusahaan. Namun, hasil simultan penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan dan kinerja lingkungan secara bersama-sama memengaruhi nilai perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Kinerja Lingkungan, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Aboud, A., & Diab, A. (2018). The Impact of Social, Environmental and Corporate Governance Disclosures on Firm Value: Evidence from Egypt. Journal of Accounting in Emerging Economies,, 8(4), 442-458.

Ahmad, Salman, & Shamsi. (2015). Impact of Financial Leverage on Firms Profitability: An Investigation from Cement Sector of Pakistan,. Research Journal of Finance and Accounting, 6, 75-81.

Anggraini, F. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Anjasari, S., & Andrianti, H. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah, Vol.11 No.2.

Astiari, N., Atmadja, A., & Darmawan, N. (2014). Pengaruh Pertanggung Jawaban Sosial Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Mahasiswa Akuntansi UNDIKSHA, Vol.2 No.1.

Babalola, Y. (2012). The Impact of Corporate Social Responsibility on Firms’ Profitabilit y in Nigeria. . European Journal of Economics, Finance, and Administrative Sciences, ISSN 1450-2275, Issue 45 (2012).

Barbara, G., & Suhart, i. (2008). Peran Corporate Social Responsibility dalam Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.7 No.2, 174-185.

Braam, G., L, U., Hauck, M., & Huijbregts, M. (2016). Determinants of Corporate Enviromental Reporting : THe Importance of Enviromental Performance and Assurance. Ournal of Cleaner Production, 129, 724-734.

Camilia, I. (2016). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Biaya Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur. . Artikel Ilmiah STIE Perbanas Surabaya.

Deegan, C. (2004). Financial Accounting Theory. Sydney:McGrew-Hill Book Company.

Dewata, E., Jauhari, H., Sari, Y., & Jumarni, E. (2018). Pengaruh Biaya Lingkungan Kepemilikan Asing, dan Politrical Cost terhadap Kinerja Perusahaan Pertambangan Indonesia. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), Vol.3, No.2.

Fitriani, A. (2013). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Biaya Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan pada BUMN. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1, No. 1.

Ghaesani.N.S. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan.

Hackston, D., & Milne, M. (1996). Some Determinants of Social and Environmental Disclosures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal, VOl.9 No.1, pp. 77-108.

Hadi, N. (2011). Interaksi Tanggung Jawab Sosial, Kinerja Sosial, Kinerja Keuangan, dan Luas Pengungkapan Sosial (Uji Motif di Balik Social Responsibility Perusahaan Go Publik di Indonesia). . Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, Vol. 1, No. 2. .

Hiariati, I., & Rihatiningtyas, Y. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol.3, No.2.

Mandaika, Y., & Salim, H. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Tipe Industri, dan Financial Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility : Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013. Jurnal Akuntansi 8(2).

Nawangsari, & Iswajuni. (2019). Effects of Auditor Switching Towards Abnormal Return in Manufacturing Company. . Asian Journal of Accounting Research, 4(1), 157-168.

Nikmah, N., & Apriyanti, H. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 6(1)., 53-74.

Nurlela, R., & Islahuddin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta).

Penman, S. (2013). Financial Statement Analysis and Valuation. McGraw-Hill.

Pramelasari, Yosi, M., & Prastiwi, A. (2010). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Pasar dan Kinerja Keuangan Pasar. Undergreduate thesis, Perpustakaan FE UNDIP.

Pujiasih. (2013). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2011. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Puspitasari, E., & Ermayanti, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. . Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, No. 1.

Ramona, S. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. . e-Journal Mahasiswa Prodi Akuntansi, Vol.3, No. 1.

Rawi, & Munawar, M. (2010). Kepemilikkan Manajemen, Kepemilikan Institusi, Leverage, dan Corporate Social Responsibility. Simoposium. Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Rosiana, G., Juliarsa, G., & Sari.M.M.R. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. e-Jurnal Akuntansi,Vol. 5, No. 3.

Sarumpaet, S. (2005). The Relationship Between Enviromental Performance and Financial Performance of Indonesia Companies. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.7, No.2.

Sawitri, A. (2017). Analisis Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan dan Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan.

Siregar, I., Rasyad, R., & Zam, Z. (2019). Pengaruh Implikasi Biaya Lingkungan dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pertambangan Umum Kategori Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER). . Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas .

Sudaryanto. (2011). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan dengan CSR sebagai Variabel Intervening. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Suharto. (2008). Kebijakan Sosial sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sulistiawati, E., & Dirgantari, N. (2017). Analisis Pengaruh Penerapan Green Accounting terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, Vol.6 No.1.

Sunaryo. (2018). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi dan STI Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Sutrisno, H. (2009). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan aplikasi. Yogyakarta:Ekonosia.

Tedi, R. (2018). Pengaruh GCG Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada BUMN di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi, Vol.13, No.2.

Titisari, K. (2009). Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Perusahaan. DInamika Manajemen, Vol.1 No.1 Surakarta: FE UNIBA.

Yudharma, S., Nugrahanti, Y., & Kristanto, A. (2016). Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan. . Development Research of Management: Jurnal Manajemen, Vol. 11, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.11919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.