STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK ELECTRA DIAMOND MATARAM

Raka Junika, Mohamad Abdun Nasir, Bq Elbadriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Marketing Mix dalam meningkatkan Citra Merek Electra Diamond dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam menjalankan Strategi Marketing Mix untuk meningkatkan Citra Merek Electra Diamond Mataram. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada Manajemen dan pelanggan, observasi mengenai Strategi Marketing Mix dalam meningkatkan Citra Merek Electra Diamond dan kendala atau hambatan dalam menjalankan Strategi Marketing Mix untuk meningkatkan Citra Merek Electra Diamond Mataram. Diperoleh suatu kesimpulan bahwa Strategi Marketing Mix berpengaruh terhadap Citra Merek pada Electra Diamond. Electra Diamond mampu meningkatkan Citra Merek melalui kualitas produk, desain produk, potongan harga, kenyamanan tempat berbelanja, promosi dan keramahan karyawan. Hambatan yang dirasakan oleh pihak Electra Diamond dalam menjalankan Strategi Marketing Mix diantaranya adalah membutuhkan kreativitas yang tinggi supaya menghasilkan produk yang inovatif dan up to date, promosi menggunakan jasa endorsemen, proses produksi berjarak yang mengakibatkan tambahan biaya dan waktu produksi yang lama. Hal ini juga secara tidak langsung akan dapat membentuk citra merak apabila berlangsung terus menerus.
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Buchri Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jas. Bandung: Alfabeta. 2005.

Chandra Tjipto, Brand manajemen dan strategi. Yogyakarta: Elex Media Komputindo. 2008.

Danang Sunyoto, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Buku Seru, 2012.

Dewi Lelyana Hadi, Srikandi Kumadji, dan Edy Yulianto, “Pengaruh Service Marketing Mix (Bauran Pemasaran Jasa) Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 24, Nomor 1, Juli 2015.

Endang Mulyatinigsih, Metodologi Penelitian Terapan. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

Erna Ferrinadewi, Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2008.

Fakhriyan Sefti Adhaghassani, “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) Di Cherryka Bakery”. Skripsi, FT UNY Yogyakarta, Yogyakarta, 2016.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI, 2000.

Faustinus Condoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI, 2003.

Freddy Rangkuti, Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2013.

Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka. 2006

Jay Hezer & Barry Render, Operation Management terj. Dwianoegrahwati Setyoningsih, Indra Almahdy. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2006.

Kanuk dan Schiffman dalam Ogi Sulistian, “Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter”, Kuningan: Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan. 2011

Kotler & Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1, terj. Bob Sabran, M.M. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2008.

Luthfi Rian Sholihah, “Strategi Bauran Pemasaran Di Rumah Makan The Crabbys”, Jurnal Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Michael Amstrong, Strategi Panduan Praktis Untuk Bertindak, terj. Ati Cahyani. Jakarta: PT. Gramedia. 2003.

Nana Herdiana Abdurrahman, Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Ninik Setyorini, Pelaksanaan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) di Rumah Makan Yogya Chicken. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.

Phillip Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2009.

Purnomo, Buku Seri Manajemen: Manajemen Strategi. Jakarta: Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007.

Saiful Bahri, “Analisis Citra Merek dan Nilai Pelanggan pada Distro Inspired Malang”. Skripsi UMM Malang, Malang, 2016.

Setiadi, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media. 2003.

Soemirat dan Elvinaro Ardianto, Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya. 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed methods). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

Sukatendel, Public Relations Perusahaan. Bandung: Fikom Unpad. 1990.

Suryana, Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. 2013

Wilson Setiawan dan Drs. Sugiono Sgyiharto M.M, “Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G di Surabaya”, Jurnal EMBA, Vol. 1, Nomor 3, Juni 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.12034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.