FUNGSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MELALUI PENDISIPLINAN SHOLAT DI SMP IT ASH SHOHWAH

Authors

  • Siti Imro'atus Sholihah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Khamam Khosiin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Khamam Khosiin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Datuk Muhammad Nasaruddin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Datuk Muhammad Nasaruddin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Lilik Nur Jannah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Lilik Nur Jannah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Fa’izah Hanifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia
  • Fa’izah Hanifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.12076

Abstract

Guru merupakan pekerjaan yang memiliki tanggung jawab besar. Guru dituntut profesional dan mempunyai semangat tinggi untuk mencerdaskan siswa. Guru tidak hanya sebagai fasilitator akan tetapi juga harus memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi guru dalam pembentukan akhlak melalui pendisiplinan sholat di SMP IT Ash Shohwah, Hubungan pendisiplinan sholat terhadap pembentukan akhlak serta faktor yang menghambat dan mendukung fungsi guru dalam pembentukan akhlak melalui pendisiplinan sholat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field work reseach) dengan menggunakan instrument penelitian berupa observasi, interview dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan susun menggunakan analisis data dengan memberikan tafsiran atau gambaran terhadap hasil penelitian berbentuk penjelasan- penjelasan dan bukan berupa angka-angka. Dalam SMP IT Ash Shohwah kegiatan Sholat merupakan satu kegiatan yang paling diunggulkan pada sekolah ini. Mereka beranggapan jika para siswa dan guru mempunyai tingkat ibadah sholat yang baik maka akan baik pulalah aspek kehidupan yang lain, yang mana pendapat tersebut juga senyawa dengan apa yang diyakini dalam agama islam. SMP IT Ash shohwah berani mengambil langkah untuk mewajibkan kegiatan sholat sebagai dasar pembentukan akhlak pada siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa guru memiliki fungsi dan peran penting dalam pendidiplinan siswa melaksanakan sholat berjamaah. Kegiatan sholat ini merupakan satu kegiatan yang dibanggakan oleh pihak sekolah sebab karenanya telah menjadi ciri khas bagi sekolah tersebut yang juga dikenal oleh banyak orang. Sebagai satu icon yang menonjol, pihak sekolah selalu berusaha untuk melakukan inovasi-inovasi lebih lanjut guna meningkatkan kualitasnya. Kata kunci : Fungsi Guru, Pembentukan Akhlak,

References

Al-Qur’an Terjemahan, tikrar Al-Qur’an hafalan tajwid dan terjemah

Abdul Aziz, Hamka, Karakter Guru Profesional:Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan, Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2012.

Al Usairy, Ahmad, Sejarah Islam sejak Nabi Adam hingga Abad XX, Jakarta: Media Akbar, 2000.

Amin, Samsul Munir, Ilmu Akhlak, Jakarta: Amzah, 2016.

Amka, Abdul Aziz, Guru Profesional Berkarakter, Klaten: Penerbit Cempaka Putih, 2012.

Daradjat, Zakiyah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Haji Mas Agung, 1989.

Darajat, Zakiyah, Dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen, Jakarta: Depdiknas, 2005.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2017.

KBBI, Kemdikbud. go .id., Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2021.

Marzuki, Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-konsep Dasar Etika dalam Islam, Yogyakarta: Debut Wahana Press FISE UNY, 2013.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Munarji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta Pusat: PT Bina Ilmu, 2004.

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2010.

Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras, 2012.

Rabbi, Muhammad & Muhammad Jauhari, Keistimewaan Akhlak Islami, Bandung: CV Pustaka Setia, 2006.

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2010.

Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.

Salim, Ahmad Baduwailan. Dahsyatnya Terapi Shalat, Jakarta: Nakhlah Pustaka, 2010.

Samin, Saproni M. Panduan praktis akhlak seorangg muslim, Bogor : Bina karya utama, 2013.

Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al Quran. Bandung: CV, 2009.

Wiyani, N. A. (2015). Etika Profesi Keguruan (Vol.1). Penerbit Gava Media.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sholihah, S. I., Khosiin, K., Khosiin, K., Nasaruddin, D. M., Nasaruddin, D. M., Jannah, L. N., … Hanifah, F. (2023). FUNGSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MELALUI PENDISIPLINAN SHOLAT DI SMP IT ASH SHOHWAH. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.12076

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)