Pengaruh Cita Rasa, Pelayanan Konsumen, dan Lokasi yang Strategis Terhadap Daya Saing UMKM Kuliner di Sampang

Adytia Aryatama, S. Anugrahini Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Cita Rasa, Pelayanan Konsumen, dan Lokasi yang Strategis Terhadap Daya Saing UMKM Kuliner di Sampang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan narasumber dan melakukan pengumpulan data berupa angket / kuisioner. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya pengaruh secara positif dan signifikan Cita Rasa, Pelayanan Konsumen, dan Lokasi yang Strategis terhadap Daya Saing UMKM di Sampang. Temuan hasil pada penelitian ini adalah : 1. Variabel Cita Rasa berpengaruh signifikan terhadap Daya Saing UMKM Kuliner di Sampang. 2. Variabel Pelayanan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Daya Saing UMKM Kuliner di Sampang. 3. Variabel Lokasi yang Strategis berpengaruh signifikan terhadap Daya Saing UMKM Kuliner di Sampang.

Kata Kunci: Cita Rasa, Pelayanan Konsumen, Lokasi yang Strategis, Daya Saing, UMKM Kuliner

Full Text:

PDF

References


Arini, E., Sahputra, H., & Nyoman, M. G. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Modal, Kemampuan Dan Lokasi Usaha Terhadap Keberhasilan Ukm Pada Pusat Oleh-Oleh Khas Bengkulu.(JEMS) Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains,1(1).

Azizah, V. N. (2022). Pengaruh Kualitas Makanan, Cita Rasa, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Kasus pada Bubur Ayam Di Kemayoran) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., ... & Saputra, D. H. (2020). Kewirausahaan dan UMKM.

Hermawan, S. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences).

Inayah, I. (2019). Kesadaran Hukum UMKM Terhadap Ketentuan Di Bidang Kekayaan Intelektual. Law and Justice, 4(2), 120-136.

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72-78.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, Rambat (2013). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Mardikawati, W., & Farida, N. (2013). LOYALITAS PELANGGAN , MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PELANGGAN BUS EFISIENSI ( Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap ). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 64–75.

Meryawan, I. W., Agung, I. D., Eka, A., Ayu, I., Lissa, K., Ekonomi, F., & Ngurah, U. (2023). PERAN PENTING CITA RASA DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN MINAT BELI KONSUMEN UMKM KACANG MERAH WIRA BAJING KLUNGKUNG. 9(1), 45–56.

Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak Umkm Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.458.

Putri, N. A., Safri, H., & Zufri. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Etika Pelayanan Dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Warung Kopi Gelas Batu Kota Pinang. 2(2), 132–143.

Shaharudin, Mohd R., Mansor, Suhardi, W., & Ellas, Shamsul J. 2011. Food Quality Attributes among Malaysia’s Food Customer. International Bussines Management, Vol. 2, No. 1, pp.198-208.

Soesatyo, Y., Zubairi. (2016). PENGARUH PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM), DAN PENGANGGURAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN SAMPANG.

Sugiarto, E. (2017). Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029.

Utami, C. W. 2012, Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern, Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.12419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


echo 'slot gacor