PENGARUH LINGKUNGAN FISIK, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KAFE SEMILIR BOJONEGORO

Authors

  • Edy Suhartono Universitas Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.12826

Abstract

Abstract The location of this research is Semilir Cafe on JL. First Lieutenant Suyitno, Bojonegoro Regency. The reason Semilir Cafe was chosen as the research location was because Semilir Cafe has a unique dining concept, namely a garden atmosphere on the edge of Bengawan Solo. The object of this research is related to "physical environment, service quality, product quality and consumer satisfaction". The researcher chose location II because this cafe has live music which can give a modern impression and provide comfort for visitors. Apart from that, Semilir Cafe also offers views of the gardens on the edge of Bengawan Solo, where cafe visitors can also enjoy direct views of Bengawan Solo. So it is an added value to arouse consumer interest. This research is quantitative research with an exploratory approach. The data used in this research is primary data which was analyzed using the SPSS analysis tool. Keywords: Physical Environment, Service Quality, Product Quality, and Consumer Satisfaction Abstrak Lokasi penelitian ini adalah Kafe Semilir di JL. Lettu Suyitno Kabupaten Bojonegoro. Alasan dipilihnya Kafe Semilir sebagai tempat penelitian karena Kafe Semilir memiliki konsep tempat makan yang unik yaitu bernuansa kebun dipinggir Bengawan Solo. Objek dalam penellitian ini yakni berkaitan dengan “lingkungan fisik, kualitas layanan, kualitas produk, dan kepuasan konsumen “. Peneliti memilih lokasi ii dikarenakan Kafe ini a memiliki live music yang dapat memberikan kesan modern dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Selain itu, Kafe Semilir juga menawarkan pemandangan kebun dipinggir Bengawan Solo, dimana pengunjung kafe juga dapat menikmati pemandangan langsung Bengawan Solo. Sehingga merupakan nilai tambah untuk membangkitkan minat konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekspanatori. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer yang dianalisis dengan alat analisis SPSS. Kata Kunci : Lingkungan Fisik, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Konsumen

References

REFERENSI

Afandi, M. R. 2019. Dampak Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada Dira Cafe& Pool Pontang Ambulu Jember. Jurnal Penelitian Ipteks, 4, 81.

Amstrong, & Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas, Jilid 2.

Asnawi, N., & Masyuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Maliki Press.

Bitner, M.1992. Evaluating service encounters: the effects of physical suroundings and employee reponses. Journal Of Marketing, vol. 54, 69-82.

Creswell, J. (2016). Research Design Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit : Pustaka Pelajar.

Damayanti, N., Wadud, M., & Roswaty. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen pada CafeUnsilent Palembang. Jurnal Bisnis, Manajemen,danEkonomi.

Darmaji, D. A.2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Quick Chicken Indonesia Cabang Genteng Banyuwangi.

Daryanto.2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Faradisa, I., Budi, L., & Minarsih, M. 2016. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS CAFE). Journal Of Management, 2.

Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS . Semarang: Universitas Diponegoro.

Huriyati, R. (2014). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB).

Irawan, G. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan, Dinning Atmosphere, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Srengenge Wetan Banyuwangi. 1.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Edisi 13. Jilid 1. Penerbit : Erlangga.

Kotler, P. 2012. Manajemen pemasaran. (T. Hendra, & R. A. Rusli, Trans.) Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Principle of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., Keller, & Lane, K. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Keduabelas). jakarta: PT Indeks.

Kristanto, J. O. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe One Eighteenth Coffee. 16.

Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember.

Lestari, A. 2021. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Lingkungan Fisik Terhadap Minat Beli Ulang Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Cepat Saji. 13.

Lovelock, C., & Wright, L. 2002. Principles of Service Marketing and Management. New Jersey, Upper Saddle River,: Prentice Hall Inc.

Lukman, A. 2016. Industri Makanan Dan Minuman Indonesia Butuh Insentif. Retrieved from Artikel: http://www.industry.co.id/read/414/adhi-slukman-industri-makanan-dan-minuman-indonesia-butuh-insentif-dancluster-industry.

Martiana, R., & Apriani, S. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Deumdee Rangkasbitung. Journal of Management Studies, Vol. 6 No.2.

Mufidah, L. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Jukung, Jembrana-Bali.

Muiz, M., Rachma, N.,& Slamet, A. R. 2019. Pengaruh Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang di Mediasi Variabel Kepuasan Konsuemen. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.

Nurhayati, S. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Produk, dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pad Resto Secret Coffee And Chocolate Yogyakarta).

Parasuraman, A., Berry, L., Zeithaml, & Valarie, A. 1988. SERVQUAL: AMultiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64 (Spring), 12-40.

Putra, F. F. 2021. Analisis Pengaruh Physical Environment Terhadap Minat Beli Konsumen Di Cafe Suntree Area Kota Situbondo.

Putra, V. S. 2018. Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Peayanan, dan Kualitas Lingkungan Fisik Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Pelanggan (Pad Pelanggan Restoran Soto Lamongan Cak Har Di Surabaya). Jurnal Riset Manajerial, No.2.

Putri, A. E. 2018. PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Konsumen Cafe Deduren Singosari).

Salsabilah, T., & Sunarti. 2018. Pengaruh food quality, dinning atmosphere, dan kesesuaian harga secara bersama-sama dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54.

Sari, R. K. 2019. Pengaruh harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6, 107-116.

Sinambela, R. Y., & Hermani DS, A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Portobello Cafe Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 231-240.

Stefen, Y., & Efendi. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik, dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Kampoeng Kita. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 10 No. 2.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian . Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. V. 2015. Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmawati, R. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 7, Nomor 2.

Tjiptono, F. 2008. Service Management (Mewujudkan Layanan Prima). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Umamah, B. 2018. The Effect Of Physical Environment, Country of Origin, and Sales Promotion On Repurchase Intention Of Mc Donal's Product.

Yang, & Peterson. 2016. Customer Preceived Value,, Satisfaction, and Loyality. The Role of Switching Costs.

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Suhartono, E. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN FISIK, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KAFE SEMILIR BOJONEGORO. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2). https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.12826

Issue

Section

Articles

Citation Check