UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI KEBIASAAN MEMBACA ALQURAN DI SEKOLAH SATIT PHATNAWITYA

M. Syahrin Arrapi Harahap, Zailani Zailani

Abstract


Fenomena yang sering terjadi di masyarakat dan lingkungan sekolah adalah mayoritas dari mereka memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional yang tinggi, namun belum memiliki prilaku yang baik. Maka , dengan menjadikan membaca Al-Quran sebagai kebiasaan, mereka bisa menyadari bahwa kecerdasan spritual penting untuk menciptakan prilaku yang baik, sehingga dapat melahirkan generasi yang berpotensi dan memiliki kecerdasan spritual yang tinggi dalam bertingkah laku. Begitupun sekolah shatit phatna witya di yala, thailand untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, guru melaksanakan kegiatan membaca Al-Quran sebagai kebiasaan. Penelitian ini untuk mengetahui bentuk upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keberhasilan atas upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui kebiasaan membaca Al-Quran, hal ini dapat dilihat dari sudut pandang spiritual keagamaan, sosial-kegamaan, dan etika keagamaan dalam kriteria yang baik.

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A study of the role of Islamic spirituality in happiness of Muslim citizens. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 77(4), 1–5. https://doi.org/10.4102/hts.v77i4.6655

Brahmana, N., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini (3-7 Tahun) di Sekolah Rendah (Al-Qudwah) Selangor Malaysia. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 892–901. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.331

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitrian, M., & Afrinaldi. (2022). Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Kec. Akabiluru. Pjptam, 6(2), 10733–10740. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4129

Hamid, A., Prasetiya, B., & Santoso, S. A. (2022). Implementasi Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberasih. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 1–18. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.154

Jariah, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Quran. Jurnal Studia Insania, 7(1), 52. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2630

Lubis, L. P., Azzahra, A., & Della, N. (2021). Magrib Mengaji Upaya Membangun Kebiasaan Membaca Alquran pada Anak di Kelurahan Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 45–49. https://doi.org/10.57251/mabdimas.v1i2.163

Mawardi, A. (2023). Membaca Al-Quran dan Kecerdasan Spiritual: Sebuah Studi Pada Santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Bantaeng. Pilar, 14(1), 105–112.

Ningrum, E. C., & Hidayat, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Program Full Day School di Madrasah Ibtidaiyah Kota Jombang. Jurnal Penelitian, 16(2), 295. https://doi.org/10.21043/jp.v16i2.18369

Nisa, K. (2009). Hidden Curriculum: Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 72–86. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a6

Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565

Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981

Robie fanreza, M. P. (2016). Pendidikan Islam Dalam pembentukan karakter anak usia dini. Publikasi Ilmiah, 55–60.

Utami, L. H. (2015). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Di. Psympathic, 2(1), 63–78.

Yuliani, F., Djamal, N. N., & Endi. (2019). Pengaruh Kebiasaan Tadabbur al-Quran Terhadap Kecerdasan Spiritual Anggota Komunitas Tadabbur Quran. Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 47.

Zailani, M. (2018). The Concepts Related to Islamic Education Modernisation. 231(Amca), 475–478. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.132

Zailani, Z. (2020). Turnitin Spirituality And Sekularity. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/download/984/894

Zailani, Z., Hasibuan, D. A., & ... (2021). Efforts To Instill the Personality of Ulul Albab To Students in the Quran. Proceeding …, 2. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2448156&val=23378&title=EFFORTS TO INSTILL THE PERSONALITY OF ULUL ALBAB TO STUDENTS IN THE QURAN




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.