ANALISIS KREATIFITAS DAN INOVASI ENTREPREUNERSHIP MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN (Studi Pada Peranan Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh Tengah)

Authors

  • Abdul Azizs Institut Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia
  • Asnawi Asnawi

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13088

Abstract

Kabupaten Aceh Tengah merupakan Wilayah yang berada pada wilayah tengah provinsi Aceh, yang memiliki iklim yang sejuk, karena berada pada daerah dataran tinggi antara 200-2600 dari permukaan laut. Porensi yang dimiliki sangat cocok untuk kegiatan pertanian, yang memiliki lahan yang subur dan potensi alam yang menjanjikan. Pengelolaan potensi tersebut perlu dilakukan dengan inovasi dan ide kreatif, agar dapat menciptakan usaha-usaha entrepreunership dapat berjalan dan muara akhirnya akan dapat melahirkan kesejahteraan bagi masyarakat Aceh Tengah. Dalam hal ini terdapat Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), yang memiliki peranan pendamping bagi masyarakat, BPM merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam memeberikan inovasi dan kreativitas masyarakat.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2009). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Hasan, M. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat. Putaka Taman Ilmu. 158.

Huraerah, A. (2008). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung: Humaniora. 87.

James P. S. (1980). Participant Observation. New York: Holt, Renehatr and Wilson.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-20. Bandung: Remaja Rosda Karya. 6.

Pariningsih dkk. (2023). Smart Entrepreunership (Kreatif dan Inovatif Berwirausaha). Bandung: Media Sains Indonesia. 87-88.

Qardhawi, Y. (2012). Bunga Bank Haram. Jakarta: Akbar Media. 117.

Sinamo. J.H. (2013). 8 Etos kerja Profesional: Navigator Anda Menuju Sukses. Jakarta: Malta Printindo. 112.

Suharto, E. (2017). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial. Jakarta: Refika Aditama. 58-59.

Suryana. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat. 2.

Widjaja, A.W. (2002). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara/ 77.

Yunus, S. (2017). Model Pemberdayaan Masyarakat Tertpadu. Banda Aceh: Bandar Publishing, 3.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Azizs, A., & Asnawi, A. (2024). ANALISIS KREATIFITAS DAN INOVASI ENTREPREUNERSHIP MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN (Studi Pada Peranan Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh Tengah). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2). https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13088

Issue

Section

Articles

Citation Check