PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI DI SMKN 38 JAKARTA

Siti Chodijah, Heru Wibowo

Abstract


Penelitian disini bertujuan sebagai pembuktian bahwasanya pelajaran interaktif berbasis teknologi untuk materi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini lebih jauh ingin melihat kemanfaatan media yang digunakan dan kemudahan penggunaannya dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran sehingga membantu siswa mencapai standar nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi yang canggih membutuhkan kemampuan siswa untuk mengelola platform teknologi informasi dengan baik dalam pembelajaran. Sedangkan kendala yang ditemukan dalam penelitian adalah adanya guru PAI yang memiliki keterbatasan inovasi pembelajaran PAI terhadap teknologi.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Abu al-Ala al-Maududiy. (1982). Nadzariatu al-Islam as-Siyasiy. Daru al-Fikir.

Abu Hamid al-Ghazali,. (1999). Ihya’ Ulumudin. Dar al-Ma’arif.

Açikgenç, A. (2002). The emergence of scientific tradition in Islam. Dalam S. M. R. Ansari (Ed.), Science and Technology in the Islamic World (Vol. 64, hlm. 7–22). Brepols Publishers. https://doi.org/10.1484/M.DDA-EB.4.00497

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Arroisi, J. (2018). Spiritual Healing dalam Tradisi Sufi. Tsaqafah, 14(2), 323. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v14i2.2459

Calvin B. Hall. (2019). Psikologi Freud, terj. Cep Subhan KM. IRCiSod.

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Ihsan, N. H., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme. Journal for Islamic Studies, 5(4), 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323

John W. Santrock. (2007). Psikologi Pendidikan, terj. Tri Wibowo. Kencana.

Kubro, S., Armayanto, H., & Kusuma, A. R. (2022). Telaah Kritis Konsep Tuhan Dalam Agama Baha'i: Sebuah Tren Baru Pluralisme Agama. 18(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-06

Kusuma, A. R. (2021). Problem Konsep Komunikasi Barat (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. Jurnal Al-Qalb, 13(2). https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386

Kusuma, A. R. (2023). Psikologi Islam, Membaca Anatomi Pemikiran Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. Gaza Library Publishing.

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274

M. Sayyid Qutb. (t.t.). Muqawwamât al-Tasawwur al-Islâmî. Dâr al-Shurûq.

Muslih, M. K. (2018). Worldview Islam: Pembahasan tetang Konsep-Konsep Penting dalam Islam Cet.1. Unida Gontor Press.

Rahman, R. A. (t.t.). Diskursus Fenomenologi Agama Dalam Studi Agama-Agama. 32.

Saleh, S. Z., Rohman, A., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2017). Ikhbar Al-Qur ‘an Al-Mazaya Wa Al-Khasais Fi ‘Alam Al-Naml: Dirāsah ‘alā al-I’jāz al-‘Ilmī fī sūrat an-Naml. QOF, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583

Steve Bruce. (2002). God is Dead, Secularization in the West. Blackwell Publisher.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1963). Some Aspects of Shūfism as Understood and Practised Among the Malays. Malaysian Sociological Research Institute.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1995). The Nature of Man and the Psychology of the Human Soul.” In Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam. International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (2007). Tinjauan Ringkas Peri Ilmu dan Pandangan Alam. Pulau Pinang: Universiti Sains Malaysia.

Wan Daud, W. M. N. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Mizan.

Zaharuddin, Z. (2017). Psikologi Islam Perspektif Malik Badri. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 43. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1392

Zaid, A. H., Kusuma, A. R., & Fadillah, N. H. (2023). Problem Ekonomi Konvensional dan Dampaknya Terhadap Dunia Pendidikan. 07(01). https://doi.org/DOI : 10.29040/jie.v7i1.7511

Zarkasyi, H. F. (2012). Misykat (Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam). Insists-Miumi.

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. Tsaqafah, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36

Zarkasyi, H. F., Arroisi, J., Basa, A. H., & Maharani, D. (2019). Konsep Psikoterapi Badiuzzaman Said Nursi dalam Risale-i Nur. Tsaqafah, 15(2), 215. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i2.3379




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.