STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ALAMI DALAM ERA DIGITALISASI

Authors

  • Wijianto Wijianto Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13101

Abstract

Abstrak Strategi pengembangan pariwisata dan pengembangan wisata alami dalam era digitalisasi menjadi subjek utama penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal, dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indonesia sudah mampu mengembang wisata alam yang dimilikinya dalam era digitalisasi saat ini, dilihat dari beberapa destinasi wisata di berbagai daerah sudah menerapkan digitalisasi wisata sehingga memudahkan wisatawan untuk mengakses lokasi wisata yang ingin dikunjunginya dan membuat planning perjalanan wisata dengan mudah tanpa batas ruang dan waktu. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah, pengelola dan masyarakat yaitu bagaimana rencana pemasaran pariwisata secara efektif dengan tetap mempertimbangkan kepentingan pengunjung lainnya. Serta begaimana rencana pemerataan digitalisasi wisata di berbagai daerah untuk memudahkan pengunjung mengetahui keberadaan wisata tersebut. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pariwisata, Wisata Alami, Era Digital

References

Amin, S., & Wispandono, R. M. M. (2023). Peran Karyawan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era-Digital Pada Pokdarwis Pantai Tlangoh Bangkalan. Journal of Business …, 4(10), 97–110.

Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2022). Analisis Potensi Ekowisata Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Dengan Menggunakan Metode Analisis ADO-ODTWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2622–2630.

Aziz, M. H. (2022). Model Pariwisata Digital dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2279. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2246

Choirunnisa, I. C., & Karmilah, M. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya. Jurnal Kajian Ruang, 2(1), 89. https://doi.org/10.30659/jkr.v2i1.20446

Darmatasia, F., Irawan, B., & Apriani, F. (2020). Upaya Pengembangan Pariwisata Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. EJournal Administrasi Publik, 8(1), 8707–8718.

Ginting, A. H., Wardana, D., & Zainal, Z. (2020). Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Teluk Jering Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 10(1), 211–219. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v10i1.874

Hanum, F. (2020). Konsep Smart Tourism sebagai Implementasi Digitalisasi di Bidang Pariwisata. Tornare, 2(2), 14–17. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i2.25787

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2016). Definisi dan Jenis-jenis Pariwisata. 17–43.

Kharisma, B. (2023). Strategi Pengembangan Digitalisasi Desa Wisata : Studi Kasus Desa Jatiluwuh, Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 6(2). https://doi.org/10.47532/jic.v6i2.841

Laipi, C. I., Rondonuwu, D. M., & Mononimbar, W. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kecamatan Airmadidi Dan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Spasial, 7(1), 144–153.

Luh Putu Mahyuni, & Dewa Made Agus Satriawan. (2021). Menggali Potensi Maniktawang Sebagai Desa Wisata Alam dan Budaya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1088–1096. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.6300

Mistriani, N. (2019). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Puri Mataram Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Gema Wisata, 15(1), 327–339.

Muhamad, A., Hakim, L., & Fatmawati. (2021). strategi pengembangan parawisata Malino di kabupaten Gowa. Unismuh, 2, 0–6.

Muliani, C. (2018). Pelaksanaan Strategi Pengembangan Objek Wisata Alam Citumang Oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Ciamis. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 80–89.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790

Murti, D. C. W., Kusumastuti, Z. R., Handoko, V. S., & Wijaya, A. B. M. (2022). Peningkatan Digitalisasi Pariwisata di Wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.24002/jai.v2i1.5395

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931

Rusvitasari, E., & Solikhin, A. (2014). Strategi Pengembangan Wisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Pariwisata Indonesia, 10(1), 1–24.

Sudarmawan, N. W., & Prasetia, A. R. (2019). Pengenalan objek wisata alam Kabupaten Lebak melalui strategi komunikasi berbasis media digital. … On Communication and …, 346–357.

Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Wijianto, W. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ALAMI DALAM ERA DIGITALISASI. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2). https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13101

Issue

Section

Articles

Citation Check