PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BONEHAU KABUPATEN MAMUJU

Nurul Sumayya, Kaharuddin Kaharuddin, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Penelitian ini memberi gambaran tentang Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Bonehau Kabupaten Mamuju. Adapun masalah yang di angkat dalam penelitian ini yaitu, 1. Bagaimana gambaran situasi kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 1 Bonehau, 2. Bagaiaman peran lingkungan keluarga dalam mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa dan 3. Bagaimana peran sekolah dalam membantu mengatasi masalah kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Bonehau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena dari sifat data yang dicari atau dikumpulkan bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif ini dapat mengungkap dan mendeskripsikan peristiwa-peristiwa riil di lapangan, juga dapat mengungkapkan nilai-nilai tersembunyi dari penelitian ini. Tempat penelitian ini berada SMAN 1 Bonehau Kabupaten Mamuju. Informan secara keseluruhan dalam penelitian ini terdiri dari Sembilan orang, dua orang guru termasuk lima orang tua siswa dan tiga siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu, observasi, wawancara dan dokumenta. Sementara analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis purposive sampling yang dimulai dengan analisis data wawancara, observasi dan dokumen. Hasil dari penelitian Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Bonehau yaitu disimpulkan bahwa secara bersama-sama lingkungan keluarga dan kedisiplinan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarnya. Hal ini sesuai dengan kenyataannya bahwa apabila peran orang tua dalam lingkungan keluarga tinggi, kedisiplinan siswa tinggi dan didukung belajar yang tinggi maka hasil belajar siswa tentunya akan meningkat. Apabila dalam lingkungan keluarga mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang maka akan mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah serta didukung motivasi belajar yang tinggi tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu mendapatkan nilai tinggi selama pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan, belajar.

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Aini, M. P. N., Santosa, S., & Nurhasan Hamidi. (2017). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal “Tata Arta,” 3(2), 1–10.

Chulsum, U. (2016). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KEDISIPLINAN SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 5–20.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.163

Fajri, Z. (2019). PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD/ MI. JURNAL IKA, 7(2), 110–124.

Insyiroh, L. (2016). STUDI TENTANG PENANGANAN SISWA YANG TERLAMBAT TIBA DI SEKOLAH OLEH GURU BK SMA NEGERI 1 GRESIK. Pengembangan Buku Panduan Pemilihan Karier Berbasis Teori Trait and Factor Untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Gresik.

Mu’min, A., Sindring, A., & Fadhilah Umar, N. (2022). Analisis Rendahnya Kedisiplinan Belajar Siswa Dan Penanganannya (Study Kasus Siswa Kelas X Sman 5 Enrekang) Analysis of Low Student Learning Discipline and Handling It (Case Study of Students Class X Sman 5 Enrekang). Pinisi Journal Of Education, 1, 1–11. http://eprints.unm.ac.id/26255/1/J 855_1.pdf

Naryanto. (2022). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 251 JAKARTA. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 94–102.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2018). PENGARUH TATA TERTIB SEKOLAH, LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638–653.

Yanti, Y., & Marimin. (2017). PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 328–338. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com